X

Pengaruh Kepadatan Populasi Terhadap Lingkungan

Dear sobat hitung kita sebagai manusia sudah lama hidup berdampingan dengan alam, bahkan untuk kebutuhan sehari hari  kita mendapatkannya dari alam dengan kata lain kita ,memasok semua kebutuhan berasal dari sumber daya alam.

Sumber daya alam yaitu, segala sesuatu yang dapat  diperoleh  dan dimanfaatkan  yang berasal  dari alam untuk memenuhi kebutuhan manusia. Semakin bertambahnya populasi manusia juga akan menambah jumlah sumber daya alam yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya; kebutuhan udara bersih dan kebutuhan akan air bersih dan sebagainya. Semakin bertambahnya kepadatan populasi manusia juga akan berdampak timbulnya berbagai macam masalah. Misalnya; kepadatan populasi  mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas di kota kota besar, akibatnya udara jadi tercemar .

Belum lagi banyaknya lahan pertanian yang dijadikan pemukiman penduduk, akibatnya akan adanya perkampungan yang kumuh. Dan pada akhirnya akan berdampak timbulnya  masalah kekurangan air bersih.  Apabila hal semacam ini dibiarkan akan berdampak menurunnya kualitas lingkungan  dan pada akhirnya akan merusak lingkungan Untuk itu dibutuhnya adanya manusia yang sadar akan lingkungan.
Beberapa hal yang dapat mempengaruhi  pertambahan populasi manusia yaitu;

1. Natalitas (kelahiran)

Semakin bertambahnya angka kelahiran otomatis akan menambah jumlah populasi.
Angka kelahiran dapat diperoleh dengan cara ,menghitung  banyaknya  kelahiran hidup tiap 1000 per tahun.

2. Mortalitas (kematian)

Dengan adanya kematian akan mengakibatkan berkurangnya  jumlah populasi.
Angka kematian diperoleh dengan menghitung banyaknya kematian tiap  1000 penduduk per tahun.

3. Imigrasi

Yaitu perpindahan penduduk dari  desa ke kota, dapat pula diartikan dengan perpindahan penduduk dari  lingkungan yang populasinya  jarang ke lingkungan yang padat  populasinya. Akibatnya akan menambah  kepadatan populasi

4. Emigrasi

Yaitu perpindahan penduduk dari  kota ke desa, dapat pula diartikan dengan perpindahan penduduk dari  lingkungan yang populasinya  padat ke lingkungan yang  jarang populasinya.
Akibatnya akan mengurangi  kepadatan populasi.

Kepadatan penduduk berkaitan erat dengah pengaruhnya  terhadap  kualitas penduduknya .
Pada daerah yang mempunyai kepadatan penduduk  tinggi, usaha untuk melakukan peningkatan kualitas penduduk akan lebih sulit dilaksanakan.

Akibatnya timbul permasalahan ekonomi, sosial, kesejahteraan , keamanan, ketersediaan lahan, kebutuhan pangan dan  ketersediaan air bersih, dan berdampak pada kerusakan lingkungan.
Sebagai contoh, coba kamu bandingkan tingkat pencemaran akibat asap kendaraan bermotor  di daerah perkotaan dengan perdesaan !
Pasti tingkat pencemaran asap kendaraan di daerah perkotaan lebih tinggi dibandingkan di pedesaan.

Kepadatan penduduk dapat mempengaruhi beberapa aspek, misalnya;

Ketersediaan Udara Bersih

Kebutuhan akan Udara bersih merupakan syarat mutlak bagi kelangsungan hidup manusia. Udara bersih banyak mengandung oksigen. Jadi,  apabila jumlah penduduk Semakin banyak,  berarti semakin banyak juga oksigen yang diperlukan.
Semkin bertambahnya pemukiman,dan jumlah alat transportasi, serta kawasan industri yang menggunakan bahan bakar fosil (bensin, solar ,minyak bumi,  dan batu bara) mengakibatkan kadar CO dan CO2  di udara semakin tinggi. Berbagai kegiatan industri juga menghasilkan gas-gas pencemar seperti;  belerang (SOx) dan nitrogen oksida (NOx) yang dihasilkan akibat  pembakaran yang tidak sempurna.

Ringkasnya,  semakin banyak penduduk, akan semakin banyak pula oksigen yang dibutuhkan. Oleh sebab  itu pemerintah kota di setiap daerah  gencar mensosialisasi dan mengkampanyekan pentingnya  penanaman pepohonan. Karena  pepohonan  Selain sebagai penyejuk dan keindahan, juga dapat difungsikan sebagai hutan kota agar  menurunkan tingkat pencemaran udara.

Ketersediaan Pangan

Manusia membutuhkan makanan Untuk bertahan hidup.  bertambahnya jumlah populasi penduduk, mengakibatkam jumlah  makanan yang diperlukan juga semakin banyak. bertambahnya jumlah penduduk yang  tidak seimbang  dengan bertambahnya produksi pangan sangat mempengaruhi kualitas hidup manusia. Dampaknya penduduk  bisa  kekurangan gizi atau bahkan kurang pangan. Kaarena banyak lahan pertanian di kota digunakan untuk lahan pembangunan pabrik, kantor ,perumahan , dan pusat perbelanjaan. Akibatnya masyarakat kota sangat tergantung dengan tersedianya pangan dari desa untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka . Jadi kenaikan jumlah penduduk berdampak  meningkatnnya kebutuhan pangan dan lahan.

Ketersediaan Lahan

Kepadatan penduduk yang semakin meningkat mendorong peningkatan kebutuhan lahan, baik lahan untuk tempat tinggal, sarana penunjang kehidupan, seperti; tempat pertanian,   industri, dan sebagainya. Untuk mengatasi kekurangan lahan, sering dilakukan pemanfaatkan lahan pertanian yang produktif dan pembukaan hutan untuk membangun perumahan , areal industri, pertanian, dam perkebunan. Meskipun langkah tersebut dianggap sebagai solusi,  akan tetapi sebenarnya kegiatan itu dapat merusak, dan mengganggu keseimbangan  lingkungan hidup. Jadi peluang terjadinya kerusakan lingkungan meningkat seiring dengan bertambahnya kepadatan penduduk.

Ketersediaan Air Bersih

Meskipun sebagian besar permukaan bumi terdiri dari air , akan tetapi tidak semua jenis air bisa digunakan secara langsung.  Apabila  persediaan air bersih terbatas, akan  menimbulkan masalah yang cukup serius. Karena ,  Air bersih sangat dibutuhkan untuk kebutuhan industri, untuk konsumsi, untuk irigasi, untuk kebutuhan peternakan dan sebagainya. Jumlah penduduk yang terus meningkat, berarti semakin banyak sampah atau limbah yang dihasilkannya.  Pembuatan sumur artesis untuk kompleks perumahan dan keperluan industri akan  mengakibatkan sumur-sumur tradisional mengering.

Selain itu, kawasan pemukiman padat penduduk yang hanya menyediakan sedikit kawasan terbuka untuk  daerah serapan air hujan. Kawasan tersebut tertutup rapat oleh beton dan aspal, sehingga membuat air tidak  bisa  meresap ke lapisan tanah, akibatnya saat  hujan air hanya mengalir begitu saja melalui permukaan tanah. Akibatnya cadangan air yang ada di dalam tanah semakin lama semakin berkurang sehingga pada saat musim kemarau sering kekurangan air bersih

Pencemaran lingkungan

Dalam melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia sering menimbulkan dampak buruk pada lingkungan.
Misalnya;

  • Untuk mempercepat transportasi, diciptakalah  berbagai jenis kendaraan bermotor.
  • Untuk memenuhi kebutuhan lahan pertanian, maka dilakukan pembukaan hutan untuk lahan baru dan juga rawa/lahan gambut dikeringkan .
  • Untuk memenuhi kebutuhan sandang, dibangunlah  pabrik tekstil.
  • Untuk  memenuhi kebutuhan bahan bangunan dan bahan baku kertas, maka kayu di hutan ditebang.

 Apabila dilakukan secara salah , aktivitas seperti contoh tersebut lambat laun dapat mengakibatkan  pencemaran lingkungan dan rusakannya ekosistem. Contohnya; penebangan hutan yang tidak terkendali dapat mengakibatkan berbagai macam bencana seperti banjir dan tanah longsor, serta dapat menghilangkan kekayaan keanekaragaman hayati di hutan tersebut. Apabila daya dukung lingkungan terbatas, akibatnya pemenuhan kebutuhan penduduk selanjutnya menjadi tidak terjamin. Karena terbatasnya tempat penampungan sampah , didaerah padat penduduk, seringkali masyarakat membuang sampah di tempat yang tidak semestinya, contohnya di sungai.
Akibatnya timbulah pencemaran air dan tanah. Bertambahnya kebutuhan transportasi juga mengakibatkan  pemakaian kendaraan bermotor meningkat. Akibatnya akan menimbulkan pencemaran udara dan suara.

Jadi kepadatan penduduk yang tinggi bisa mengakibatkan  timbulnya berbagai pencemaran lingkungan dan kerusakan ekosistem.

Categories: biologi
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings