X

Gerak, Fisika SMP

Assalmualaikum Sobat. Jumpa lagi dengan Rumushitung.com. Pada Kesempatan kali ini admin akan membahas, Materi Gerak Lurus. Kali ini kami akan membahas materi fisika untuk Sekolah Menengan Pertama (SMP) tentang gerak lurus. Yuk mari simak materinya sebagai berikut.

Gerak Lurus

  1. Pengertian Gerak

Sobat bisa mengatakan suatau bergerak apabila kedudukannya mengalami perubahan terhadap titik acuan. Hal ini membuktikan kalau gerak bersifat relatif. Dalam istilah gerak dikenal juga istilah yang disebut gerak semu, Gerak semu yaitu gerak suatu benda yang diam namun seolah olah benda tersebut bergerak. Contoh gerak semu yaitu gerak matahari yang terbit dari timur dan tenggelam di barat, padahal sebenarnya yang terjadi adalah matahari tidak bergerak atau diam, dan bumilah yang berotasi dari barat ke timur.

  1. Jarak dan Perpindahan

Setiap Benda yang bergerak berarti benda tersebut mengalami perubahan kedudukan. Selisih antara kedeudukan akhir dan kedudukan awal dinamakan dengan Perpindahan.

Sedangkan untuk seluruh lintasan yang ditempuh oleh benda yang mengalami perpindahan disebut dengan Jarak. Jarak tergolong besaran skalar, dan untuk perpindahan merupakan besaran Vektor. Untuk memahami lebih jauh tentang perbedaan jarak dan perpindahan bisa sobat baca di sini.

Baca Juga: Besaran Vektor

Contoh soal Cerita;

Diketahui ada seorang siswa yang berjalan ke arah utara sejauh 3 km. Setelah itu, dia berbelok ke arah timur sejauh 4 km. Berapakah jarak yang sudah ditempuh siswa tersebut, serta berapakah perpindahannya?

Untuk mencari jarak yang ditempuh siswa tersebut, sobat harus mencari keseluruhan lintasan yang sudah ditempuh yakni 3 Km + 4 Km = 7 km dan untuk perpindahannya kita gambarkan seperti garis putus putus diatas yakni

  1. Kecepatan Dan Kelajuan

Dalam gerak juga dikenal ada istilah Kecepatan dan Kelajuan. Kecepatan dapat diartikan sebagai perpindahan yang ditempuh suatu benda tiap satuan waktu, sedangkan yang dimaksud dengan kelajuan yaitu jarak yang ditempuh suatu benda tiap satuan waktu. Kecepatan tergolong besaran vektor, sedangkan untuk kelajuan merupakan besaran skalar.

Rumus dari Kelajuan dan Kecepatan adalah sebagai berikut;

  1. Kelajuan Rata Rata

Kelajuan rata rata yaitu sasil bagi dari jarak total yang ditempuh suatu benda dengan selang waktu total yang dibutuhkan benda untuk menempuh perpindahan tersebut. Kelajuan rata-rata dapat dirumuskan sebagai berikut;

  1. Gerak Lurus

Bedasarkan kelajuan yang ditempuh suatu benda, Gerak lurus Bisa Dibedakan Menjadi 2 yaitu;

  1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Pada Gerak Lurus Beraturan atau yang sering disingkat dengan GLB, benda mempuh jarak yang sama serta dalam selang waktu yang sama. Misalkan sebuah mobil melaju dan menempuh jarak 3 meter dalam waktu 2 detik, maka untuk 2 detik selanjutnya mobil tersebut menempuh jarak 3 meter lagi, dan seterusnya. Dengan kata lain perbandingan antara jarak dan waktu adalah selalu konstan atau kecepatannya selalau tetap. Kelajuan dan kecepatan pada GLB hampir sulit untuk dibedakan, hal ini karena lintasannya yang lurus Mengakibatkan jarak dan perpindahan yang ditempuh besarnya adalah sama.

GLB dapat Dirumuskan Sebagai Berikut;

Keterangan

S = Jarak (m)
T = waktu (s)
V = Kecepatan (m/s)

Dalam gerak lurus beraturan (GLB) antara jarak yang ditempuh dan waktu yang ditempuh dan digambarkan seperti grafik berikut ini;

Contoh Soalnya;

Doni Mengendarai sepeda dengan kecepata 4m/s. Berapakah jarak Yang di tempuh mobil tersebut selama 10 sekon?

Jawab;

Diketahui,

kecepatan (V) = 4m/s
waktu (t) = 10 s
ditanya, s=?
jarak (s) = 4 X 10 = 400 meter

Contoh soal dengan dua benda yang bergerak berlawanan arah.

Perhatikanlah gambar di bawah ini;

Ada 2 buah mobil yakni mobil A melaju dengan kecepatan20 m/s Dan Mobil B melaju dengan kecepatan 10 m/s . kedua mobil tersebut bergerak berlawanan arah, hitunglah kapan dan dimana mobil A akan berpapasan, jika diketahui keduanya mula mula berjarak 210 m.

Diketahui;

Kecepatan Mobil A (VA)= 20 m/s, sedangkan kecepatan mobil B (VB) = 10 m/s, dan jarak mobil A dan B = 210 m.

Ditanya, tA = ? (waktu saat mobil A akan Berpapasan dengan mobil B),

SA =? (jarak yang ditempuh mobil A ketika berpapasan Dengan Mobil B)

Jawab;

SA + SB = (Ketika mobil A Berpapasan Dengan Moil B)

VA t + VB t = 210 m

  1. + 10 t = 210 m

30 t = 210, t= 210/30, t =7 sekon setelah Mobil A Berjalan

SA = VAt = 20.7 = 140 m.

Jadi Mobil A akan Berpapasan dengan Mobil B Setelah 7 sekon dan setelah berjalan 140 m

  1. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Suatu benda yang mengalami Gerak lurus Berubah Beraturan (GLBB) mempunyai kecepatan yang berubah seiring dengan perubahan waktu. Sehingga dalam selang waktu yang sama perubahan jarak yang dicapai suatu benda tidaklah sama. Apabila perubahan jarak yang dicapai benda bertambah besar, maka keepatan benda tersebut juga akan ikut bertambah. Gerak seperti ini dinamakan dengan Gerak Lurus Berubah Beraturan Dipercepat. Juga sebaliknya, apabila prubahan jarak semakin kecil maka kecepatan benda juga akan semakin lambat, gerak semacam ini dinamakan Gerak Lurus Berubah Beraturan Diperlambat.

Kecepatan Akhir disaat tertentu berbeda dengan saat kecepatan awal, pada saat t = 0, yakni saat peninjauan gerak dilakukan.

Grafik Hubungan antara V dan T adalah sebagai berikut;

Berikut ini Persamaan Untuk menemukan Kecepatan Akhir, Jarak Yang ditempuh,dan Hubungan akhir antara kecepatan akhir dengan jarak tempuh:

Hampir Semua gerak yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari kita yang merupakan gerak lurus berubah beraturan, akan tetapi ada juga gerak yang merupakan kombinasi antara GLB dan GLBB Secara selang seling.

Contoh GLBB dalam Kehudupan sehari hari;

  • Benda yang jatuh bebas
  • Gerak seorang penerjun payung
  • Gerak mobil di dalam balap mobil
  • Gerak peluru yang ditembakkan pemburu

Latihan Soal Yukk..

Soal Uraian..

  1. Apakah yang dimaksud dengan benda bergerak.
  2. Apakah yang dimaksud dengan kecepatan dan kelajuan ? berikanlah contohnya;
  3. Kapan Sebuah benda dikatakan mengalami percepatan
  4. Apakah yang dimaksud dengan percepatan dan perlajuan
  5. Berikanlah 2 contoh kejadian benda yang mengalami percepatan dan perlambatan.
  6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
    a. Gerak Lurus Beraturan dan
    b. Gerak Lurus Berubah Beraturan.
  1. Sebutkanlah 5 peristiwa yang termasuk gerak lurus beraturan !
  2. Sebutkanlah 5 peristiwa yang merupakan gerak lurus berubah beraturan !
  3. Sebutkan alat – alat yang digunakan untuk menentukan GLBB dipercepat.
  4. Dua buah mobil A dan B mula-mula terpisah sejauh 100 m. Kemudin Mobil Bergerak dengan kecepatan tetap ,masing-masing 4 m/s dan 6 m/s.Hitunglah kapan dan dimana mobil A berpapasan dengan mobil B Jika :
  1. Mobil A dan B bergerak searah..
  2. Mobil A dan B bergerak dengan arah berlawanan.
  3. Mobil A dan B bergerak dengan arah berlawanan akan tetapi Mobil A berangkat 4 s lebih dahulu.
Categories: rumus fisika
Tags: Fisika SMP
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings