X

Lensa Cekung, Fisika SMP

Dear sobat hitung yang duduk di bangku sekolah menengah pertama, kali ini kita akan coba memberikan pembahasan ringkas tentang salah satu jenis lensa. Lensa yang akan kita bahas adalah lensa cekung. Lensa cekung adalah lensa yang memiliki permukaan lengkung ke dalam, mirip sepeti bentuk wajan atau parabola.

Berdasarkan bidang-bidang yang membentuknya lensa cekung dibedakan menjadi 3 jenis. Berikut ini beberapa bentuk bidang batas pada Lensa cekung;

1. Lensa cekung dengan bidang batas yang berbentuk cekung (cekung ganda)
2. Lensa cekung dengan bidang batas yang berbentuk Datar (cekung datar)
3. Lensa cekung dengan bidang batas yang berbentuk cembung (cekung cembung)

Secara berurutan gambar macam macam lensa cekung adalah sebagi berikut;

3 jenis lensa cekung

Lensa Cekung mempunyai ciri ciri yang bisa dilihat dari bentuknya yaitu tebal pada bagian tepi, dan tipis di bagian tengahnya.

Titik Api lensa Cekung

Lensa cekung memiliki sebuah titik yang disebut dengan titik fokus atau sering juga disebut dengan titik api. Untuk lebih jelasnya sobat bisa lihat ilustrasi dan penjelsannya sebagai berikut:

Lensa cekung arah sinar biasnya, dapat diamati seperti gambar di atas. Sinar bias yang dihasilkan oleh sinar yang datangnya sejajar dengan sumbu utama menyebar. Perpanjangan sinar bias yang dihasilkan akan berpotongan di sebuah titik F. Yang dinamakan Dengan titik api (titik Fokus ) lensa. Karena Fokus lensa cekung letaknya didepan lensa (di sisi datangnya cahaya), maka fokus tersebut bersifat maya, Jarak Titik Api atau fokusnya OF = f dinilai negatif (sobat bisa perhatikan lagi ilustrasi di atas).

Lensa cekung memiliki sifat menyebarkan sinar yang datang ke arahnya. Oleh sebab itu lensa ini juga sering disebut sebagai lensa divergen.

Titik Pusat Lensa Cekung

Titik pusat lensa cekung adalah titik yang panjangnya 2 kali dari titik api (dua kali jarak F ke O).

Sinar sinar istimewa dan lukisan bayangan pada Lensa Cekung

Berikut ini Sinar sinar istimewa pada lensa cekung;

  1. Sinar yang datangnya sejajar dengan sumbu utama akan dibiaskan seolah olah berasal dari titik fokus
  2. Sinar yang datang menuju ke titik fokus akan dibiaskan kembali sejajar dengan sumbu utama, dan
  3. Sinar yang datangnya melewati titik optik (O) tidak akan dibiaskan, Tapi sinar tersebut akan diteruskan

Secara berurutan sinar sinar istimewa pada lensa cekung digambarkan sebagai berikut;

Sinar sinar istimewa pada lensa cekung

Sifat Bayangan pada Lensa Cekung

Benda yang diletakkan didepan lensa cekung akan memiliki bayangan hasil pembentukan dari lensa tersebut. Berikut poin-poin penting dalam pembentukan bayangan oleh lensa cekung.

  1. Jika benda berada di jarak yang lebih jauh dari titik pusat lensa ( jarak > 2F) maka bayangan yang terbentuk berada di antara titik O dan F dan memiliki sifat maya, tegak, dan diperkeciil. Berikut ilustrasinya.
  2. Jika benda terletak antara fokus dan titik pusat, antara F dengan 2F, maka bayangan yang terbentuk akan berada di antara titik O dan F dan sifatnya maya, diperkecil, dan tegak.
  3. Jika benda terletak dianatara titik O dan titik F maka bayangan yang terbentuk terletak di antara titik O dan F dengan sifat maya, tegak, dan diperkecil.

KESIMPULAN:
Dari ilustrasi diatas dapat disimpulkan jika semua benda yang berada di depan lensa cekung memiliki bayangan yang bersifat; maya, tegak, serta diperkecil.

Rumus Lensa Cekung

Pada Lensa cekung, Jarak benda (s), jarak bayangan (s’), jarak titik api, serta perbesarannya dapat dirumuskan sebagai berikut;


Keterangan;
s = jarak benda
s′ = jarak bayangaan.
s′ bernilai (+) positif maka bayangan bersifat nyata,dan
s′ bernilai (-) negatif maka bayangan bersifat maya
f = jarak titik api (titik fokus), bernilai negatif

Keterangan;
– h′ bernilai (-) negatif, maka bayangan terbalik
– h′ bernilai (+) positif, maka bayangan tegak
– m bernilai (+) positif, maka bayangan tegak
– m bernilai (-) negatif, maka bayangan terbalik

Kekuatan Lensa (P) Cekung

Lensa cekung (termasuk juga lensa cembung) memiliki kemampuan membiaskan sinar. Kemampuan untuk membiaskan sinar juga berbeda-beda seperti pada gambar dibawah ini.

Jika kita perhatikan, Lensa B Pada gambar Diatas tampak lebih kuat dalam menyebarkan sinar , meskipunn jarak titik api lensa B lebih kecil.

Jika Lensa tersebut positif (lensa cembung), maka f dan P bernilai positf, dan begitupun sebaliknya, bila lensa tersebut negatif (lensa cekung), maka f dan P juga akan bernilai negatif. Rumus tersebut juga bisa diganti menggunakan ;

Dengan;
P dalam dioptri
f dalam sentimeter (cm)

Manfaat lensa Cekung

Seseorang yang mengalami kelainan mata seperti miopi ( rabun jauh ) dapat dinormalkan kembali menggunakan lensa cekung. Mata Miopi yang sudah bibantu dengan lensa cekung akan membantu pemakainya melihat benda jauh, yang semula tidak dapat dilihatnya. Jika teropong bumi menggunakan lensa pembalik maka teropong akan menjadi terlalu panjang, oleh sebab itu untuk memperpendek okuler teropong dan lensa pembaliknya digunakanlah lensa cekung.

Categories: rumus fisika
Tags: lensa cekung
donbull:
X

Headline

Privacy Settings