X

Penerapan Bilangan Bulat Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Dalam Kehidupan Sehari Hari, Penerapan Bilangan Bulat mungkin sudah sangat akrab dan sering kita  jumpai misalnya; dalam ilmu fisika , dibidang kedokteran, maupun dalam bidang ekonomi.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa macam penerapan bilangan bulat dalam alat termometer, pada penerimaan siswa baru, dan juga kedalaman suatu permukaan di bumi.

Penerapan pada Termometer

Pernahkah Sobat memakai atau memperhatikan termometer? Termometer merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk mengukur suhu suatu zat. Pada saat melakukan pengukuran, termometer menyatakan suhu yang berada dibawah 0° C dengan menggunakan tanda – (negatif).

Pada saat bulan januari di kota berlin, jerman. memiliki suhu tertinggi berkisar 2° C di atas titik beku (0° C) dan suhu terendahnya bisa mencapai 3° C dibawah titik beku (0° C). Lalu untuk menuliskan cuaca di Berlin, Bilangan apakah yang bisa kita pakai ? Cukupkah bilangan asli atau bilangan cacah untuk menyatakan kondisi suhu tersebut?

Coba Perhatikan Uraian berikut!

Untuk suhu  2° C di atas titik beku (0° C) kita bisa menuliskannya dengan +2° C  atau 2° C, sedangkan untuk suhu 3° C dibawah titik beku (0° C) kita bisa menuliskannya dengan -3° C. Bilangan +2° C dan -3° C merupakan contoh dari bilangan bulat secara berurutan yakni bilangan bulat positif  dan bilangan bulat negatif ( +2 kita baca positif 2 dan –3 kita baca negatif 3).

 

Penerapan dalam seleksi penerimaan Mahasiswa Baru

Pada Saat seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) , peserta yang mengikuti ujian matematika menerima beberapa aturan yakni jika menjawab dan benar satu butir soal mendapat skor 4, jika tidak menjawab mendapat skor 0, dan yang menjawab salah mendapat skor -1. jika ada 40 soal dan kamu berhasil menjawab sebanyak 25 soal, dan dari jawaban tersebut yang benar hanya 10 soal, berapakah nilai yang kamu dapatkan?

Dari 40 soal yang terjawab benar sebanyak 10 soal dan yang salah sebanyak 15 soal, dan sisanya sebanyak 15 soal tidak terjawab.

Jika menjawab benar mendapat skor 4 maka, skormu adalah 10 X 4 = 40,karena menjawab salah sebanyak 15 soal maka skormu dikurangi sebanyak ( menjawab salah, mendapat skor -1 )  15 X -1 = -15. Untuk yang tidak menjawab sebanyak mendapat skor 0 jadi untuk tidak menjawab mendapat skor 15 X 0 = 0. Dan total skor keseluruhan adalah  Skor jawaban benar + Skor Jawaban Salah + Skor tidak menjawab ; 40 + (-15) + 0 = 25

 

Penerapan Pada Kapal Selam

Selain pada termometer dan Tes Ujian (SPMB), ternyata bilangan bulat juga bisa kita jumpai pada kapal selam. Kapal selam Umumnya digunakan untuk keperluan pengaman atau pengawasan, perang, dan bisa juga digunakan untuk operasi penyelamatan.

Oleh Sebab itu penting bagi para penyelam dan kapal selam untuk mengetahui tingkat kedalaman air laut. Jika permukaan air laut di nyatakan dengan 0 meter, maka tinggi yang berada diatas permukaan air laut dinyatakan dengan bilangan positif, dan untuk kedalaman dibawah permukaan air laut dapat dinyatakan dengan bilangan negatif. Contohnya jika kedalaman 15 m dibawah permukaan air laut maka ditulis -15 m.

 

Contoh Soal !

Suatu Ruangan Laboratorium diketahui memiliki suhu 17° C, Untuk Suatu Penelitian Suhu Tersebut diturunkan kembali sebanyak 25° C lebih rendah dari suhu mula mula, berapakah suhu ruangan pada laboratorium sekarang?

Penyelesaian;

Suhu awal  17 ° C, diturunkan sebanyak 25° C,

maka 17° C – 25° C = -8° C

Jadi Suhu ruangan dalam laboratorium tersebut sekarang yaitu -8° C (dibawah titik 0° C)

 

Demikian Sobat Sedikit pembahasan tentang Penerapan Bilangan Bulat Dalam Kehidupan Sehari – Hari yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat???

Categories: Lain-lain
amin:
X

Headline

Privacy Settings