X

Materi IPA Kelas IV Semester Genap : Gaya dan Gerak

 

Halloo Sobat??? Pada kesempatan kali ini mari kita belajar bersama tentang IPA materi Gaya dan Gerak Kelas IV SD/MI di semester Genap.

A. Gaya

Tahukah kamu kalau dalam sehari-hari kita sering melakukan kegiatan yang berhubungan dengan gaya. Misalnya pada saat kita menendang bola, membuka dan menutup pintu, mengayun sepeda itu berarti kita sudah melakukan gaya yang berupa tarikan atau dorongan. Gerakan menarik atau mendorong yang menyebabkan benda bergerak disebut sebagai gaya. Tidak hanya itu, selain gaya dapat menyebabkan benda bergerak, gaya juga dapat merubah bentuk benda. Misalnya ketika bermain plastisin, kita suka sekali membuat bermacam-macam bentuk benda seperti yang kita inginkan dengan cara menekan-nekan plastisin.

B. Sifat Sifat Gaya

  1. Gaya dapat membuat benda menjadi berubah posisi, contoh; mendorong meja, menendang bola, bermain tarik tambang, dan lain-lain.
  2. Gaya dapat membuat benda menjadi berubah bentuk, contoh: bermain plastisin, menggiling adonan krupuk, membuat bulatan bakso dan lain-lain.

C. Macam-macam Gaya

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari kita sering melibatkan gaya. Gaya yang sering kita lakukan dihasilkan dari kerja otot manusia, seperti saat membuka dan menutup pintu. Akan tetapi tidak hanya sekedar otot manusia yang bisa menghasilkan gaya. Berikut adalah macam-macam gaya beserta penjelasannya.

Gaya Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan oleh magnet. Magnet memiliki kekuatan untuk menarik benda seperti, jarum, paku, benda lainnya yang terbuat dari besi maupun baja sehingga dari benda-benda tersebut dapat bergerak karena adanya tarikan dari magnet.

Gaya Listrik Statis

Gaya listrik statis adalah gaya yang dihasilkan oleh benda bermuatan listrik sehingga benda bermuatan listrik tersebut dapat menarik benda-benda yang ada di sekitaranya. Contoh gaya listrik statis dalam kehidupan sehari-hari yaitu ketika kita menggosokkan penggaris plastik ke rambut kita kemudian mendekatkan penggaris plastik tersebut ke kertas yang telah disobek kecil-kecil maka sobekan kertas tersebut akan bergerak-gerak. Penggaris dapat menarik sobekan kertas tersebut karena adanya listrik statis.

Gaya Otot

Kekuatan yang dihasilkan oleh otot manusia disebut sebagai gaya otot. Gaya ini sering digunakan seperti saat kita mengangkat beban atau mendorong meja.

Gaya Gravitasi Bumi

Gaya gravitasi adalah kekuatan bumi untuk menarik benda lain ke bawah. Misalnya saat kita melemparkan bola atau benda lainnya ke atas maka bola atau benda tersebut akan jatuh ke bawah. Benda dapat jatuh ke bawah karena adanya tarikan gravitasi oleh bumi atau bisa disebut dengan gaya gravitasi bumi.

Gaya Pegas

Gaya pegas merupakan gaya yang dihasilkan oleh karet atau pegas yang diregangkan.  Misalkan ketika kamu memainkan ketapel, maka tali ketapel mampu mendorong batu kecil terlempar dengan jauh dan cepat.

Gaya Gesekan

Bila beberapa benda saling bergesekkan, maka diantaranya akan muncul gaya gesek. Gaya gesek ini dapat menguntungkan dan merugikan. Misalnya bila kita menaiki sepeda, akibat adanya gaya gesek roda kita dapat berputar dan bergerak, selain itu akibat adanya gaya gesek roda sepeda kita akan semakin tipis.

D. Gerak

Cobalah kalian berjalan 2 langkah…!!! Pada saat berjalan maka terjadi perpindahan, dimana kita berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Jadi yang dimaksud dengan gerak adalah perpindahan posisi benda dari tempat asalnya karena adanya gaya. Maka dari itu antara gaya dan gerak saling berhubungan karena adanya gerak disebabkan oleh gaya. Berikut adalah contoh gerak karena adanya pengaruh oleh gaya.

Gerak karena Gaya Otot:

  • saat mendorong meja
  • saat bermain tarik tambang
  • saat menendang bola
  • saat membuka dan menutup pintu

Gerak karena Gaya Pegas

  • Pada saat bermain ketapel
  • bermain panahan

Gerak karena Gaya Mesin

  • Mobil pengeruk
  • Bouldoser
  • Traktor
  • Mesin dynamo listrik
Categories: Lain-lain
amin:
X

Headline

Privacy Settings