X

Rumus Debit

Rumus Debit

 

Hey sahabat semuanya, Bagaimana kabarnya? kali ini kita akan belajar tentang debit. Sebelumnya, sudah tahu belum apa itu debit? Sebelum kita masuk keoperasi hitung cara mencari debit akan lebih baik kalau kita tahu apa itu pengertian debit.

Pernahkah kamu mengisi bak mandi? Butuh waktu berapa lama kamu mengisinya sampai penuh? Semakin besar bak maka semakin lama pula pengisian bak mandi tersebut. Tidak hanya itu besar kecilnya air juga berpengaruh terhadap lama pengisian. Semakin besar air yang keluar dari kran maka waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bak air semakin cepat sebaliknya jika air kran kecil makan akan membutuhkan waktu lebih lama. Nah Banyaknya air yang mengalir dari kran dalam waktu tertentu inilah yang disebut debit. Jadi dapatkah kamu mengukur debit air rumahmu saat mengisi bak mandi? Jika kamu ingin mengetahui debit air kran rumahmu kamu bisa menggunakan alat ukur waktu yaitu stopwatch dan kamu harus mengukur volume bak mandi milikmu. Rumus mencari debit adalah sebagai berikut :

Kamu harus memahami apa itu debit sehingga kamu dapat dengan mudah memahami rumusnya. Rumus diatas adalah rumus mencari debit, terkadang pertanyaan dari sebuah soal tidak hanya menanyakan tentang debit tetapi terkadang yang ditanyakan adalah waktu atau volume air.

Jika diketahui volume air dan debit, dan yang ditanyakan adalah waktu maka rumusnya adalah sebagai berikut :

Jika diketahui debit dan waktu, dan yang ditanyakan volume air maka rumusnya adalah sebagai berikut :

misal :

  1. Pak Kasim mengisi bak mandinya dengan air kran. Debit air yang keluar dari kran tersebut adalah 5L/detik. Berarti dalam waktu 1 detik air yang keluar dari kran adalah 5 liter
  2. Air terjun lembah pelangi memiliki debit 3m3/detik. Artinya dalam waktu 1 detik air yang mengalir pada air terjun lembah pelangi adalah 3m3.

Contoh soal :

  • Di dasar bak mandi terdapat pipa saluran pembuangan air. Ayah membuka pipa saluran tersebut karena ingin menguras bak mandi tersebut. Air sebanyak 30 L mengalir selama 1 menit. Berapa debit air pada pipa tersebut ?

Jawab :

Diketahui :

Volume air = 30 L

Waktu        = 1 menit

Ditaya    :

Debit air

Penyelesaian :

Untuk menghasilkan jawaban dengn satuan l/detik maka kita harus mengkonversikan waktu yang diketahui.

1 Menit = 60 detik

Sehingga,

 

Jadi debit air pipa tersebut adalah 1/2  liter/detik.

  • Ibu Tantri mengisi bak mandi rumahnya, bak mandi rumahnya berbentuk kubus dengan panjang sisinya 1 m. Bak mandi       tersebut dialiri air melalui kran dengan debit 4L/detik. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi penuh bak tersebut?

Jawab :

Diketahui :

Panjang sisi bak = 1 m

Debit                  = 4L/detik

Ditanya   :

Lama pengisian bak

Penyelesaian :

Langkah pertama kita harus mencari volume dari bak mandi

V = s x s x s

V = 1m x 1m x 1m
V = 1m3 =1000 lliter

Perlu diingat bahwa 1liter = 1 dm3

Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh bak tersebut adalah :

                                                                    Waktu      = 250 detik

Jadi waktu yang dibutuhkan Ibu Tantri untuk mengisi bak mandi adalah 250 detik.

  • Budi mencuci motor dengan selang air. Debit air yang mengalir dalam selang adalah 2 L/detik. Jika Budi menggunakan selang tersebut selama 20 detik, Berapa liter air yang budi gunakan?

Jawab :

Diketahui :

Debit air = 2 L/detik

Waktu = 20 Detik

Ditanya :

Berapa liter air yang digunakan

Penyelesaian :

Banyak air yang digunakan Budi adalah

Volume air (liter)  = Debit ( liter / detik ) x Waktu (detik)

Volume air           = 2 L / detik x 20 detik

Volume air           = 40 liter

Jadi Budi menggunakan air sebanyak 40 Liter.

  • Lia mengisi bensin sepeda motornya. Kapasitas tempat bensin (tangki) milliknya adalah 5L. Debit yang keluar dari pipa pom bensin adalah 1,25 L/detik. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi full tangki?

Jawab  :

Diketahui :

Volume tangki = 5 L

Debit bensin    =1,25 L / detik

Ditanya :

Lama waktu

Penyelesaian :

Lama waktu yang digunakan untuk mengisi full tangki adalah

                      Jadi lama waktu yang digunakan untuk mengisi full tangki adalah 4 detik.

 

Nah gimana sekarang? Sudah semakin jelaskan mengenai materi debit. Semoga dengan belajar materi diatas, kalian menjadi paham untuk yang belum mengerti, dan semakin paham lagi untuk yang sudah mengerti, jangan lupa ya perbanyak latihan lagi, agar terbiasa dengan matematika.

Categories: rumus matematika
amin:
X

Headline

Privacy Settings