X

Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Pelestariannya

Hey sahabat sahabat semua, kali ini kita akan belajar tentang keanekaragaman makhluk hidup dan pelestariannya yuk langsung aja…

Bumi tidak hanya sebagai tempat tinggal manusia tapi juga sebagai tempat tinggal berjuta makhluk hidup seperti  hewan dan tumbuhan. Coba amatilah lingkungan sekitar kalian, misalnya di halaman rumah adakah makhluk hidup yang tinggal di depan halamam rumah? Ada tanaman, pohon, semut, jangkrik, kodok, ikan, ayam dll. Ada berapa banyak tanaman di depan rumahmu? Apakah tanaman sejenis yang ada dirumahmu memiliki bentuk daun atau warna daun yang sama? Terdapat beberapa macam variasi bentuk daun atau warna daun dalam satu jenis tanaman yang sama nah inilah yang disebut keanekaragaman.

Jadi keanekaragaman adalah perbedaan yang ada di antara makhluk hidup yang berbeda jenis dan spesiesnya. Kira kira bagaimana ya kok bisa ada keanekaragaman? Keanekaragaman terjadi karena adanya perbedaan sifat seperti, bentuk, ukuran, warna, tempat hidup, fungsi organ dll. Adanya keanekaragaman pada makhluk hidup sangat penting bagi kelangsungan dan pelestarian makhluk hidup. Suatu kelompok makhluk hidup yang memiliki kelestarian tinggi memiliki keanekaragaman yang tinggi pula dan sebaliknya jika suatu kelompok makhluk hiduo memiliki kelestarian rendah maka memiliki keanekaragaman yang rendah pula hal ini akan berakibat pada kepunahan. Banyak factor yang menyebabkan kelestarian suatu kelompok makhluk hidup menjadi rendah salah satunya yaitu akibat ulah manusia, manusia sangat berperan terhadap keanekaragaman makhluk hidup .

Berikut adalah beberapa perbuatan manusia yang dapat mengancam atau menurunkan keanekaragaman makhluk hidup :

  1. Pembangunan

         Dewasa ini pembangunan infrastruktur semakin pesat namun hal ini berpengaruh terhadap   kelestarian makhluk hidup, pembangunan seperti jalan raya atau tol biasanya dilakukan dengan membabat habis hutan alam. Tidak hanya itu peningkatan populasi manusia membuat hutan hutan alam yang ada kini dijadikan pemukiman dan juga dijadikan sebagai industry atau pabrik.

  1. Penggunaan pestisida dan insektisida

Pestisida dan insektisida memang dibutuhkan oleh petani guna membasmi hama tanaman, namun penggunaannya yang sembarangan dapat mengancam kelestarian dari makhluk hidup, pestisida dapat mematikan makhluk hidup lain yang, bayangkan bagaimana jika digunakan secara sembarang tentu ini berbahaya begitupun dengan insektisida yang digunakan untuk membunuh serangga.

  1. Pembuangan limbah

Sekarang baik dikota maupun di desa sudah banyak pabrik yang berdiri, seringkali pabrik pabrik tersebut menghasilkan limbah hasil produksi, limbah hasil produksi ini jika tidak ditangani dengan cara yang benar seperti membuangnya sembarangan contoh ke sungai maka akan merusak kelangsungan makhluk hidup yang hidup disungai tersebut. tentu hal tersebut akan merugikan karena membunuh kelangsungan hidup makhluk hidup yang tinggal di sungai tersbut.

  1. Perburuan liar

Banyak binatang-binatang yang punah karena adanya perburuan liar, karena ego manusia yang hanya memikirkan akan keuntungan seringkali tidak menimbang akibat dari yang diperbuatnya.

Bagaimana cara menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup?mengapa kita perlu menjaganya? Jadi ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk berperan dalam menjaga kelestarian makhluk hidup dan alasan mengapa kita harus menjaganya adalah karena agar kita senantiasa dapat memperoleh manfaatnya, harapannya anak cucu kita dimasa mendatang tetap bisa melihat makhluk hidup yang sekarang ada disekitar kita. Berikut adalah beberapa cara menjaga kelestarian makhluk hidup :

Tumbuhan

  1. Membuat kebon koleksi

Kebon koleksi biasanya dibuat untuk menjaga, mempertahankan tumbuhan bibit unggul

Contohnya : kebon kelapa di Bone-Bone, kebon mangga di Pasuruan,

  1. Membuat kebun plasma nutfah

Kebun plasma nutfah yaitu pengembangan dari pada kebun koleksi

Contohnya : di Cibinong Lipi dengan buah-buahan inti, temu-temuan, talas, dan suweg

  1. Membuat kebun botani

Contoh :Kebun raya bogor yang didirikan tahun1817

Hewan

  1. Menangkar hewan langka dengan cara mengisolasi hewan tersbut
  2. Membantu menetaskan telur telur hewan.
  3. Memindahkan hewan langka ke tempat yang cocok, sesuai dengan habitatnya.
  4. Bertindak tegas dengan membuat undang undang yang mangatur perburuan liar

 

Nah itu tadi materi tentang keanekaragaman makhluk hidup dan pelsetarianya. Yuk bersama sama jaga kelestarian bumi kita dengan menjaga makhluk hidup yang tinggal diatasnya.  Jangan sampai kita menjadi manusia yang merugi yaitu manusia yang menghancurkan alamnya sendiri.

 

Categories: biologi
amin:
X

Headline

Privacy Settings