X

KEMAGNETAN

Apa itu magnet?. Magnet adala suatu benda yang memiliki sifat dapat menarik benda magnetic. Magnet memiliki manfaat dalam kehidupan manusia. Banyak teknologi yang dibuat oleh manusia menggunakan bahan magnet seperti, dynamo, televise, telepon, dan alat ukur listrik. Magnet sendiri memiliki banyak bentuk seperti magnet batang, magnet ladam atau tapal kuda, magnet jarum dan magnet berbentuk U.

  1. Sifat-Sifat Magnet
  • Menarik benda magnetic

Tidak semua benda dapat ditarik atau menempel dengan magnet. Benda-benda yang dapat ditarik adalah benda yang terbuat dari bahan magnetic, misal besi, kobalt, baja. Sedangkan bahan yang tidak dapat ditarik magnet disebut nonmagnetic, contohnnya plastic, kertas.

Berdasarkan kuatnya megnet menarik benda, sifat bahan magnet dibedakan menjadi tiga yaitu ferromagnetic, paramagnetic, dan diamagnetic. Bahan ferromagnetic adalah bahan yang sangat kuat ditarik magnet, contonya besi, baja. Paramagnetik adalah bahan yang ditarik lemah ole magnet, contohnya alumunium da platina. Sedangkan diamagnetic adalah bahan yang tidak bisa ditarik oleh magnet, misalnya emas dan bismut.

  • Jenis-jenis magnet

-Magnet keras atau magnet permanen memiliki keuatan kemagnetan yang lama, misalnya magnet baja. Magnet ini banyak digunakan dalam pengeras suara, pita kaset dan alat ukur listrik. Dalam pembuatannya bahan yang akan dijadikan magnet memang sulit diubah menjadi magnet namun ketika sudah menjadi magnet kekuatannya akan bertahan lama.

Magnet lunak atau sementara memiliki kekuatan kemagneta hanya sementara, contoh magnet besi. Berkebalikan dengan magnet keras, magnet lunak sangat mudah dibuat namun setelah menjadi magnet sifat kemagnetannya hanya sementara.

  • Kutub-Kutub Magnet

Seperti yang kita ketahui bahwa magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan selatan. Kutub-kutub tersebut tersebut beriteraksi dengan kutub-kutub lain. Kutub-kutub yang tidak sejenis akan tarik menarik misal kutub utara dengan kutub selatan sedangkan kutub-kutub yang sejenis akan tolak menolak misalkan kutub utara dengan kutub utara.

  • Medan Magnet

Medan magnet adalah daerah yang masi terjangkau oleh kekuatan atau daya tarik megnet. Bedarnya pengaru medan magnet bergantung pada banyaknya garis yang menembus  suatu luas tertentu disekitar benda magnet. Medan magnet dapat digambarkan dengan garis khayal seperti dibawah ini.

 

Untuk menggambar garis khayal ada beberapa aturan yang dipakan yaitu

  • Garis – garis gaya magnet tidak saling berpotongan
  • Garis-garis gaya magnet selalu keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan.
  • Garis-garis gaya magnet yang rapat menunjukkan kekuatan magnet medan magnet yang kuat.

Gaya magnet yang paling kuat yaitu terletak pada ujung-ujung kutub. Garis gaya magnet yang bertemu kedua kutub yang sama atau sejenis tidak akan saling bertemu, hal ini lah yang menunjukkan bahwa kedua kutub tolak menolak. Sedangkan garis gaya magnet yang bertemu kedua kutub yang tidak sejenis akan saling berhubungan, sehingga menunjukkan bahwa kedua ketub saling tarik menarik.

  1. Cara membuat Magnet
  • Menggosok

Cara membuat magnet dapat dilakukan dengan menggosokan benda yang akan dibuat menjadi magnet dengan magnet permanen. Bagaimana bisa terjadi ? bagaimana system kerjanya?. Setiap magnet tersusun oleh magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer . magnet permanen memiliki arah magnet elementer yang teratur sedangkan bahan yang belum menjadi magnet, magnet elementernya tidak teratur. Menggosokkan magnet permanen ke bahan yang akan dibuat magnet membuat magnet elementer dari bahan yang akan dibuat magnet menjadi teratur. Kutub yang dihasilkan dari penggosokan ini berlawanan dengan kutub yang digosokkan

  • Induksi

Induksi yaitu dengan menempelkan bahan yang akan dijadikan magnet dengan magnet permanen.

  • Elektromagnetik

Membuat magnet dengan cara elektromagnetik yaitu dengan mengalirkan arus listrik pada bahan magnet. Hal ini dapat dilakukan dengan sederhana misalkan kita akn membuat magnet dari paku yang tebuat dari besi pertama lilitkan kawat pada paku kemudian ujung kawat di tempelkan pada kutub baterai. Maka paku telah menjadi magnet. Namun ketika arus listrik dari batu baterai diputus sifat kemagnetannya akan hilang. Jadi pembuatan magnet dengan cara ini hanya dapat membuat magnet sementara.

  1. Cara menghilangkan sifat megnet dari benda magnetic
  • Dipananskan
  • Dipukul-pukul
  • Demagnetisasi
  • Jatuh dari ketinggian tertentu

 

Categories: rumus fisika
amin:
X

Headline

Privacy Settings