X

PEWARISAN SIFAT

Hai sobat semua, bagaimana kabarnya?. Teman-teman pernahkah kalian bercermin dan merasa wajah mu mirip orang tuamu? atau melihat teman mu yang mirip dengan ayahnya atau ibunya? Mengapa demikian?. Hal tersebut terjadi karena adanya pewarisan sifat . Jadi kemiripan tersebut bukan terjadi karena kebetulan tetapi memang terjadi akibat adanya pewarisan sifat. untuk mengetahui apa itu pewarisan sifat dan apa saja yang berperan dalam pewarisan sifat kita simak penjabarannya dibawah ini.

  1. Materi Genetik
  • Gen

Sifat makhluk dikendalikan oleh gen. Gen adalah sepotong DNA (deoxyribonucleic acid) yang terdapat dalam kromosom, yang memiliki fungsi sebagai pengendali pembuatan protein. Jika Gen berubah maka sifat makhluk akan berubah.

  • Kromosom

Kromosom terdapat dalam inti sel dan tersusun atas DNA, RNA (ribonucleic acid) dan protein. Kromosom pada manusia dibagi menjadi 2, yaitu autosom atau kromosom tubuh, gonosom atau kromosom seks (sel gamet). Pada sel tubuh kromosom selalu berpasangan sehingga disebut kromosom homolog dengan symbol 2n kromosom. kromosom dengan 2n kromosom disebut sebagai sel diploid. Sel kromosom pada sel gamet yaitu ovum dan sperma tidak berpasngan diberi symbol n kromosom. Sel yang memiliki n kromosom disebut haploid.

Gen terdapat pada kromosom. Karena kromosom pada sel tubuh berpasangan maka terdapat gen yang berpasangan juga. Sifat yang dibawa gen dan pasangannya dapat sama atau berlawanan. Pasangan dari suatu gen disebut alel. Alel merupakan bentuk gen yang menempati lokus yang sama pada kromosom homolog.

  1. Genotip dan Fenotip

Genotip adalah sifat yang ditentukan menurut gennya, atau sifat yang tidak tampak dari luar. Misalnya sifat tinggiditentukan oleh gen Tt dan TT. Fenotip adalah sifat yang tampak jelas dari luar. Kerja sama antara genotif dengan lingkungan akan menghasilkan fenotif. Genotip Tt dan TT menghasilkan fenotif yang sama tinggi.

  1. Penemu Teori Hereditas

Orang pertama yang melakukan penelitian mengenai hereditas adalah seorang biarawan di Brunn, Austria yang bernama Gregor Johan Mendel (1822-1884). Teori hereditas tau penurunan sifat dipopulerkan pada tahun 1865. Mendel melakukan penelitian dengan kacang kapri. Hasil penelitiannya tersebut menunjukkan bahwa adanya pewarisan sifat-sifat. Hal ini dikaji lebih dalam lagi dalam ilmu Genetika. Mendel di juluski sebagai bapak Genetika Genetika adalah salah satu cabang ilmu biologi  yang mempelajari pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya. Proses pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya menggunakan prinsip-prinsip hereditas atau yang biasa kita sebut hukum Mendel.

  1. Hukum mendel
  • Hukum Mendel I

Hukum mendel 1 atau disebut juga hukum segregasi. Hukum ini menyatakan bahwa hanya satu dari dua gen yang berpasangan memasuki sel nutfah. Bila kedua sel itu yang berasal dari satu induk jantan dan satu induk betina kemudian bersatu akan diperoleh kembali satu pasang factor keturunan.

 

  • Hukum mendel II

Hukum mendel II menyatakan prinsip berpasangan secara bebas. Pada pembentukan gamet, gen-gen ang memisahkan diri dari suatu pasangan akan secara bebas berkelompok dengan gen-gen lain yang berasal dari pasangan lain.

Berikut adalah beberapa contoh persilangan :

  1. Persilangan monohybrid ( Persilangan dengan satu sifat benda )

 

 

F2   =

 

 

Perbandingan genotip pada F2   = TT        : Tt          :tt

= 1         : 2          :1

Perbandingan fenotip F2             = tinggi               : pendek

=  3                       : 1

 

  • Pemanfaatan Genetika untuk Kesejahteraan Manusia

Persilangan dilakukan guna mendapatkan bibit unggul, biasanya dalam bidang pertanian dan peternakan.  Tumbuhan yang memiliki sifat unggul seperti tahan hama, tahan garam tinggi disilangkan dengan tanaman lain budi daya sejenis dan serupa diperolehlah tanaman baru yang unggul. begitupun dibidang peternakan pewarisan sifat digunakan untuk mendapatkan bibit unggul yang diinginkan. Dalam bidang kesehatan genetika dikembangkan untuk mendiagnosis penyakit. Para ilmuan melakukan rekayasa genetika, yaitu mengubah gen makhluk hidup dengan rekombinasi DNA. Dengan adanya ilmu pewarisan sifat kita banyak mendapat manfaat di banyak bidang.

Sekian materi tentang pewarisan sifat. Semoga bermanfaat ya. semoga ilmu pewarisan sifat dapat terus berkembang dan membawa manfaat dalam kehidupan kita. jadi sekarang gak perlu heran nih kalau wajah seseorang mirip dengan keluarganya atau ketika kucingmu memiliki corak yang sama dengan induknya. Ingat hal itu terjadi karena adanya pewarisan sifat dan bukan karena kebetulan.

Categories: biologi
amin:
X

Headline

Privacy Settings