X

TATA SURYA

Pernahkan kalian mendengar istilah tata surya?. Apa yang kalian tahu tentang tata surya?. Langsung aja yuk kita belajar bersama tentang tata surya.

Tata surya adalah seluruh benda langit yang terdiri atas matahari yang menjadi pusat orbit peredarannya. Orbit adalah garis edar anggota tata surya dalam mengitari matahari. Planet-planet, asteroid, komet dan meteorid semuanya berputar menglilingi matahari. Matahari sebagai pusat orbit planet – planet  berikut yaitu merkurius, venus, bumi, merkurius, jupiter,  saturnys, Uranus, dan Neptunus. Penelitian terdahulu mengatakan bahwa ada satu planet lagi yaitu Pluto, namun Pluto dianggap bukan planet lagi karena peredarannya bersinggungan dengan planet neptunus.

  1. Galaksi

Galaksi adalah kelompok gugusan bintang. Di angkasa terdapat bermilyar-milyar bintang. Bintang-bintang tersebut berkelompok dan membentuk galaksi. Salah satu bintang yang terdapat dalam galaksi yaitu matahari.

  1. Rasi

Suatu bintang yang berada di galaksi yang sama dapat menghasilkan suatu bentuk tertentu. Kelompok bintang tersebut disebut rasi ( konstelasi) contohnya rasi ursa mayor. Dalam rasi ursa mayor bagian yang paling popular dikalangan masyarakat adalah rasi Big Dipper, masyarakat Indonesia sendiri khususnya suku jawa melihat rasi ini berbentuk seperti bajak petani.

  1. Matahari

Matahari dapat disebut sebagai salah satu bintang yang ada di galaksi, karena matahari dapat memencarkan cahayanya sendiri. Matahari merupakan bola raksasa yang terbentuk atas gas hydrogen sebesar 76,4% dan helium 21,6 % dan 1,8% unsur-unsur lainnya.  Matahari terdiri dari inti matahari, ftosfer, kromosfer dan korona. Fotosfer merupakan lapisan paling luar pada matahari, tampak seperti piringan emas. Setelah itu lapisan selanjutnya yaitu kromosfer, kromosfer adalah lapisan yang suhunya paling rendah dibanding lapisan lain. Diluar krommosfer terdapat korona suhunya lebih tinggi dibanding kromosfer. Pada permukaan matahariterdapat titik hitam atau yang biasa disebut sunspot yang berdiameter sekitar 10.000 km. diantara pasangan-pasangan bintik hitam tersebut terdapat medan magnet yang mempengaruhi semburan gas pada permukaan matahari sehingga membentuk ikal menyala atau disebut prominences. Matahari memiliki api yang berwarna kuning.

  1. Planet Luar dan Planet Dalam

Delapan planet dalam tata surya dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu planet luar dan planet dalam. Planet luar adalah planet-planet yang terletak di luar sabuk asteroid dilihat dari matahari. Sabuk asteroid terbentang diantara mars dan yupiter. Yang termasuk planet dalam adalah Merkurius, venus, bumi, dan mars. Planet dalam memiliki sifat padat dank eras bebatuan.

  • Merkurius

Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari dan merupakan planet terkecil. Merkurius adalah planet yang tidak memiliki satelit. Antara malam dan siang perbedaan suhunya sangat ekstrim.

  • Venus

Suhu permukaan venus mencapai 470 derajat celcius hal ini dikarenakan awan tebal yang menelimuti planet ini mennahan energi matahari. Planet ini adalah planet yang paling dekat kedua dengan matahari. Dengan suhu yang tinggi manusia tidak akan bisa hidup di planet ini.

  • Bumi

Siapa yang tidak kenal bumi? Pasti kalian semua tahukan tentang bumi, ya bumi adalah sebuah planet yang sekarang ini menjadi tempat tinggal manusi. Suhu di permukaan bumi memungkinkan air berada pada wujud cair, padat dan gas. Bumi dilindungi oleh suatu atmosfer yang melindungi dari cahaya ultraviolet yang berasal dari matahari. Bumi memiliki satu satelit yaitu bulan.

  • Mars

Menurut penelitian para ahli, planet mars memiliki pergantian musim dan memiliki kutub es. Permukaan planet mars nampak berwarna merah hal ini dikarenakan mars mengandung oksidasi besi. Mars memiliki dua satelit yaitu Phobos dan Deimos.

 

Planet luar, yang termasuk adalah :Neptunus, Uranus, Saturnus, dan Yupiter. Semua planet luar adalah bola gas raksasa.

  • Yupiter

Yupiter merupakan planet terbesar. Yupiter memilliki 16 satelit beberapa diantaranya yaitu Io, Eropa, Ganymeda, Calisto. Pada permukaan planet yupiter terdapat banyak gunung berapi aktif.

  • Saturnus

Saturnus adalah planet yang unik dan cantik. Memiliki cincin yang mengelilingi planet. Cincin tersebut tersusun atas gas beku dan butiran-butiran debu. Saturnus memiliki 18 satelit.

  • Uranus

Sumbu putar Uranus sebidang dengan bidang edarnya. Uranus memiliki 15 satelit dan beberapa diantaranya adalah Miranda, Ariel, Umbriel, Titania dan Oberon.

  • Neptunus

Atsmosfer Neptunus tersusun atas gas metana, warna planet ini hijau kebiru-biruan. Neptunus memiliki 8 satelit dan diantaranya adalah Triton dan Nereid.

 

Categories: biologi
amin:
X

Headline

Privacy Settings