X

Listrik Statis : Pengertian, Rumus dan Contoh

Listrik Statis

Sudah pernahkah sobat  melakukan suatu percobaan dengan memainkan sebuah penggaris bersama dengan potongan kertas kecil hasil sobek sobek, kemudian sobat menggosok penggaris tadi ke rambut atau kulit, kemudian didekatkan ke potongan ketas kecil tadi? Nah sobat akan dapat mengamati sobekan ketas tadi akan terangkat ke penggaris yang barusan digosokkan. Kok bisa terjadi seperti itu? Ya , karena terdapat muatan listrik pada peristiwa tersebut.. nah mari kita pelajari ..

Pengertian Listrik Statis

Listrik Statis yaitu Kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang bersifat tetap (statis) ,ketidakseimbangan muatan listrik didalam ataupn di permukaan benda, Muatan listrik akan tetap ada sampai benda kehilangan muatan dengan cara suatu arus listrik melepaskan muatan listrik.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa listrik statis berhubungan dengan peristiwa kelistrikan yang diam atau tidak mengalir. Lisrik statis tidak dapat mengalir dari satu tempat menuju tempat yang lain, atau bisa dikatakakan bahwa listrik statis hanya bisa ada pada suatu tempat dalam waktu yang sekejap, berbeda hanya dengan listrik Dinamis.

Konsep dasar Listrik Statis

Pada peristiwa potongan kertas yang berinteraksi dengan penggaris yang digosokkan diatas dapat dijelaskan menggunakan konsep dasar listrik statis (muatan listrik) berikut ini.  Sebab jika berbicara mengenai listrik tentunya tidak dapat terlepas dari muatan listrik , adapun listrik statis (electrostatic)  membahas muatan listrik yang berada dalam keadaan statis (diam).

Muatan Listrik Terbentuk karena terjadinya perpindahan elektron dari satu benda menuju  benda yang lain . Muatan listrik ada dua macam yakni muatan positif dan muatan negatif , benda dikatakan bermuatan positif apabila jumlah protonnya lebih banyak dibandingkan jumlah elktronnya, dan begitu pula sebaliknya. Adapun benda yang tidak memiliki muatan disebut netral.

Untuk benda yang memiliki muatan sejenis Jika didekatkan akan saling tolak menolak, sebaliknya benda yang muatannya berbeda akan saling tarik menarik.  Adapun interaksi yang terjadi antar muatan listrik dapat dijelaskan dengan Gaya Coloumb,

Medan Listrik

Suatu Muatan listrik bisa dikatakan memiliki medan listrik . Medan listrik yaitu daerah disekitar benda yang bermuatan listrik yang masih mengalami gaya listrik.  Atau bisa dikatakan pula bahwa medan listrik adalah suatu daerah dimana gaya listrik masih bekerja. Medan listrik merupakan efek yang ditimbulkan oleh muatan listrik dalam suatu benda.

Arah dari medan listrik dari suatu benda dapat digambarkan menggunakan garis garis  gaya listrik. Muatan positif memiliki garis gaya listrik yang menjauh keluar dari muatan tersebut. adapun muatan negatif memiliki garis gaya listrik mendekati kedalam dari  muatan negatif.

Rumus Listrik Statis

Dibawah ini rumus rumus listrik statis beserta penjelasannya

Contoh Listrik Statis

Peristiwa listrik statis sebenarnya dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari hari kita, namun bisa saja terjadi tanpa kita sadari.  berikut inilah contohnya;

  1. Pada saat kita menyisir rambut , tanpa kita sadari seringkali rambut terbawa berdiri sandiri berbarengan dengan gerakan sisir. Hal ini terjadi karena adanya interaksi muatan antar sisir dengan rambut.
  2. Penggaris atau sisir yang digosokkan ke rambut atau tangan yang kering dapar menarik potongan kertas kertas kecil .
  3. Penggaris plastik yang digosokkkan dengan kain woll, pada mulanya benda tersebut bermuatan netral akan tetapi setelah digesekkan akan terjadi perpindahan elektron dari kain woll ke penggaris plastik, sehingga penggaris plastik bermuatan negatif dan kain woll bermatan positif.
  4. Debu debu yang tertempel pada layar TV
  5. Ketika kita mendekatkan tangan kelayar TV Yang baru saja dimatikan , perhatikan bulu arambt tangan akan berdiri
  6. Menggosok Balon dengan Tangan
  7. kain Sutera yang digosokkan dengan batang kaca akan mengalami reaksi tarik menarik antar benda tersebut. Hal tersebut terjadi karena adanya perpindahan elektron dari batang kaca menuju kain sutera akibatnya batang kaca menjadi bermuatan positif dan kain stera bermuatan negatif.

Sobat Demikian Sedikit materi tentang Listrik Statis yang dapat kami sampaikan semoga berjumpa lagi di postingan mendatang. Terimakasih 🙂 🙂 🙂

Categories: Lain-lain
amin:
X

Headline

Privacy Settings