X

Kelas 9 : Volume Bola, Cara Menghitung, dan Contoh Soal

Hai sobat, Bagaimana kabarmu hari ini? Semoga sehat – sehat selalu dan tetap semangat belajar yah…

Oh ya, meski banyak ativitas dirumah, sempeti waktu luang untuk belajar yah, jika sobat butuh teman, rumushiitung siap menemani sobat..

Apakah diantara sobat ada yang hobi bermain bola? Permainan Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang sangat banyak diminati oleh semua kalangan usia, baik itu anak – anak, remaja ataupun yang sudah dewasa.

Bentuknya bola pastinya bulat bukan? pernahkah sobat membayangkan apa jadinya jika pada perminan sepak bola, obyek yang ditendangnya diganti dengan bentuk kubus, mungkin akan ada sepak kubus ya..

Tapi itu mungkin hanya untuk dibayangkan saja, karena pada permainan sepak bola, tentunya obyek yang ditendang berbentuk bola. Mengapa bukan bentuk bangun ruang yang lain?. Hal ini karena hanya bentuk bola saja yang mempunyai sisi lengkungan yang tidak dimiliki oleh bentuk bangun ruang yang lainnya. Sehingga bentuknya mempermudahnya dalam menggelinding. Jika saja salah satu sisinya berbentuk kubus, tentu geraknya akan kurang leluasa saat menggelinding bukan?

Sebagai sebuah bangun ruang yang mempunyai satu bidang sisi lengkung, bola juga mempunyai vulume seperti bagun ruang yang lainnya..

Untuk lebih jelasnya, yuk simak…

Pengertian Bola

Sebelum lanjut ke materi volume bola, ada baiknya sobat tahu dahulu apa yang dimaksud dengan bola itu?

Bola yaitu sebuah bangun ruang yang dibatsai oleh sebuah bidang lengkung. Apabila ingin membuat bola, sobat dapat mempraktekkannya dengan memutar bangun setengah lingkaran sejauh 360o tepat di garis tengahnya. Hasil dari putaran tersebut seolah olah akan membentuk sebuah bangun ruang yang kit kenal sebagai ” Bola “. Bola tidak mempunyai rusuk dan tidak mempunyai titik sudut, melainkan hanya mempunyai sebidang sisi lengkung.

Volume Bola

Untuk Mengetahui berapakah volume suatu bola, sobat dapat megikut beberapa langkah percobaan berikut;

  1. Persiapkanlah sebuah kerucut, dan sebuah potongan bola, dan air. Potongan setengah bola tersebut dapat sobat peroleh dari potongan diameter bola. Sedangkan kerucut yang digunakan pastikan mempunyai diameter dan tinggi yang sama dengan diameter bola. Sobat dapat membuat kerucut dari kertas karton ataupun bhan lainnya. Kemudian,
  2. Isikanlah air kedalam kerucut hingga penuh, dan usahakan agar airnya tidak tumpah. Selanjutnya,
  3. Tuangkan air yang ada pada kerucut tadi kedalam bangun setengah bola yang telah dibuat. Ulangilah hingga bangun setengah bola dipenuhi oleh air.

Menurut percobaan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa, bola akan dipenuhi oleh air setelah diisi sebanyak 2 kali dari kerucut tadi. Artinya, volume setengah bola sama dengan 2 kali volume kerucut. Secara matematis maka bisa ditulis dengan;

Keterangan;

V = Volume bola (matau cm3),

r = jari – jari bola (m atau cm), dan

d = diameter bola (m atau cm).

Perbandingan Volume Bola

Sebagai contoh, jika sobat mempunyi dua buah bola yang jari jarinya berbeda. kemudian sobat diminta untuk membandingkan kedua volume bola tersebut, rumus apakah yang dapat digunakan?

Apakah sobat akan menghitungnya dengan mencari satu persatu volumeny? mungkin cara tersebut juga bisa, tapi agak terlalu lama bukan. Nah, untuk membandingkan kedua volume dua buah bola tersebut ternyata ada rumus mudahnya loh …

Simak ini..

Lebih cepat bukan? untuk membandingkan kedua buah bola yang jari jarinya berbead , sobat hanya cukup membandingkan jari jarinya kemudian dipangkatkan 3.

Untuk menambah kemampuan sobat coba deh, simak contoh soal berikut..

Contoh1

Beni mempunyai sebuah bola. Bola tersebut dipompa hingga penuh, jika volume udara yang masuk kedalam bola sebanyak 38.808 cm³. Tentukanlah jari- jari bola tersebut!

Pembahasannya;

diketahui;

Volume bola (V) = 38.808 cm³

ditanyakan, jari – jari bola ( r ) =…?

penyelesaian;

nah, ternyata jari – jari bola tersebut yaitu 21 cm.

lanjut ke..

Contoh2

Pak Ramli alan membeli sebuah bola di toko perlengkapan olahraga, untuk dipakai praktik muridnya disekolah. Pak Ramli membutuhkan bola berukuran panjang minimal 68 cm dan panjang maksimum 70 cm. Tentukanlah, berapa volume bola minimal dan volume bola maksimal yang akan dibeli pak Ramli !.

pembahsannya;

diketahui;

K = 68 cm – 70 cm

ditanya, Volum minimum bola dan Volum maksimum bola =…?

Penyelesaiannya;

Untuk menentukan volume bola minimal dan volume bola maksimal, maka kita perlu mencari satu persatu pada bola yang panjangnya 68 cm dan 70 cm. dalam hal ini panjang bola merupakan keliling lingkaran, untuk itu perlu kita jari -jari bolanya dahulu mengunakan rumus keliling lingkaran seperti berikut;

Jari – jari bola minimalnya yaitu;

dan volum minimalnya yaitu;

Jari – jari bola maksimalnya yaitu;

Sedangkan volume bola maksimalnya yaitu;

Jadi, volume minimal dan volume bola maksimal yang akan dibeli pak Ramli secara berurutan yakni sebesar 5.08,17 cm3 dan 5.793,21 cm3.

Contoh3

pembahasannya;

untuk mencari perbandingan volume bola sebelun dan setelah diperkecil dapat kita gunakan persamaan;

Jadi, perbandingan volume pada bola, sebelumdan setelah diperkecil yaitu sebesar 27 : 1.

Demikanlah sobat, sedikit materi mengenai Persamaan Kuadrat yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain…. 🙂 🙂 🙂

Categories: Lain-lain
amin:
X

Headline

Privacy Settings