X

Ms Excel : Rumus Fungsi Date and Time

Hai sobat, kembali lagi bersama RumusHitung.com. Kali ini RumusHitung akan melanjutkan pembahasan mengenai rumus Excel. Pada pembahasan Ms Excel kemarin yang sudah kita pelajari merupakan salah satu bagian dari rumus fungsi excel, yaitu rumus fungsi logika. Sekarang RumusHitung akan melanjutkan penjelasan mengenai rumus fungsi excel yang kedua, yaitu rumus fungsi date and time (tanggal dan waktu). Langsung saja kita simak penjelasannya.

Fungsi Excel Date and Time

Fungsi date and time merupakan fungsi yang dapat digunakan untuk mengolah data – data yang berhubungan dengan tanggal dan waktu. Ada 25 rumus fungsi date and time yang bisa kalian pelajari dan pahami, antara lain :

1. DATE

Fungsi excel DATE adalah rumus fungsi excel untuk membuat tanggal yang valid dari setiap komponen tahun, bulan, dan hari. Fungsi DATE berguna untuk menyusun tanggal yang kiranya perlu diubah secara dinamis berdasarkan nilai lain yang ada pada lembar kerja.

Penulisan rumus : =DATE(year;month:day)

Keterangan :

  • year – nomor untuk tahun.
  • month – nomor atau angka untuk bulan.
  • day – angka untuk hari.

Contoh :

Misal, jika ingin membuat tanggal 5 Oktober 2002 dan 3 Oktober 2020, maka :

Gambar 1

Pada gambar 1 menunjukkan sel D2 atau sel yang lain dengan menambah rumus DATE dan angka sesuai tahun, bulan, dan hari. Penulisan rumus seperti :

=DATE(2002;10;5)

Gambar 2

Gambar 2 menunjukkan sel D2 yang akan ditambahkan rumus DATE dan nomor sesuai tahun, bulan, dan hari. Penulisan rumus seperti :

=DATE(2020;10;3)

Gambar 3

Fungsi DATE juga bisa digunakan untuk menyusun tanggal yang perlu diubah secara dinamis berdasarkan nilai lain. Seperti pada gambar 3. Dengan penulisan rumus seperti :

=DATE(B3;C3;D3)

Jika B3 kemudian diubah menjadi 1990 fungsi DATE akan menganti tanggal untuk 4 Maret 1990.

Fungsi DATE sangat berguna dalam menyediakan tanggal sebagai input ke fungsi lain seperti SUMIFS atau COUNTIFS, karena dapat dengan mudah menyusun tanggal menggunakan nilai tahun, bulan, dan hari yang berasal dari referensi sel atau hasil rumus.

Misalnya, untuk menghitung tanggal yang lebih kecil dari 5 Oktober 1990 di lembar kerja dimana B3, C3, dan D3 berisi nilai tahun, bulan, dan hari, maka bisa menggunakan rumus seperti :

=COUNTIF(range;”<“&DATE(B3;C3;D3))

Hasil COUNTIF akan diperbarui secara dinamis saat B3, C3, atau D3 diubah.

2. DATEDIF

Fungsi Excel DATEDIF

Fungsi Excel DATEDIF mengganti perbedaan antara dua nilai tanggal dalam tahun, bulan, atau hari. Fungsi DATEDIF (DATE + Dif) adalah fungsi “kompatibilitas” yang berasal dari Lotus 1-2-3. Untuk alasan yang tidak diketahui, hanya didokumentasikan di Excel 2000, tapi masih bisa menggunakannya dalam rumus di semua versi Excel sejak saat itu.

Penulisan rumus : =DATEDIF(start_date;end_date;unit)

Keterangan :

  • start_date – tanggal mulai dalam format nomor seri tanggal Excel.
  • end_date – tanggal akhir dalam format nomor seri tanggal Excel.
  • unit – unit waktu yang digunakan (tahun, bulan, atau hari).

Satuan waktu dalam fungsi DATEDIF dapat menghitung waktu antara start_date dan end_date dalam tahun, bulan, atau hari. Unit waktu ditentukan dengan argumen unit, yang disediakan sebagai teks. Tabel di bawah ini merangkum nilai unit yang tersedia dan hasil untuk masing – masing. Satuan waktu bisa dalam huruf besar atau kecil (“ym” setara dengan “YM”).

Seperti contoh di atas, kolom B berisi tanggal mulai dan kolom C berisi tanggal akhir, maka pada kolom E :

Sel E3 – =DATEDIF(B3;C3;”Y”)

Sel E4 – =DATEDIF(B4;C4;”D”)

Sel E5 – =DATEDIF(B5;C5;”M”)

Bisa dilihat rumusnya, bahwa sel E akan menghasilkan sesuai satuan waktu (“Y”, “D”, “M”, “YD”, “MD”, “YM”). Misal, pada sel E5 saat menggunakan rumus DATEDIF dengan unit waktu “Y”, maka hasilnya 3 dari selisih tahun.

3. DATEVALUE

Fungsi Excel DATEVALUE

Fungsi Excel DATEVALUE mengubah tanggal yang direpresentasikan sebagai teks menjadi tanggal Excel yang tepat. Misal, rumus =DATEVALUE(“10/5/2002”) berganti nomor seri dalam sistem tanggal Excel yang mewakili 5 Oktober 2002. Tanggal Excel lebih tepat dan berguna daripada tanggal berbentuk teks karena dapat dimanipulasi dengan rumus dan tabel pivot untuk membuat ringkasan dan melakukan analisis berbasis tanggal lainnya.

Penulisan rumus Excel : =DATEVALUE(date_text)

Keterangan :

  • date_text – tanggal yang valid dalam format teks.

Jika date_text sudah berada pada sel, maka nilai sel harus berupa teks. Jika date_text dimasukkan langsung ke dalam rumus, maka perlu diapit tanda petik (“..”).

Akan berganti ksealahan #VALUE jika date_text merujuk ke sel yang tidak berisi tanggal yang berformat teks.

4. DAY

Fungsi Excel DAY

Fungsi Excel DAY mengganti hari dalam sebulan sebagai angka antara 1 hingga 31 dari tanggal tertentu. Dengan menggunakan fungsi DAY, kita dapat mengekstrak nomor hari dari tanggal ke dalam sel. Dan juga dapat menggunakan fungsi DAY untuk mengekstrak dan memasukkan nilai hari ke fungsi lain, seperti fungsi DATE.

Penulisan rumus : =DAY(date)

Keterangan :

  • date – tanggal Excel yang valid.

Fungsi DAY mengganti nilai hari pada tanggal tertentu sebagai angka antara 1 hingga 31 hari tanggal tertentu. Misalnya, dengan tanggal 10 Maret 2012 di sel C12, dengan penulisan rumus seperti :

=DAY(C12)

Fungsi DAY bisa digunakan untuk mengekstrak nomor hari dari tanggal ke dalam sel. Fungsi DAY juga bisa digunakan untuk mengekstrak dan memasukkan nilai hari ke fungsi lain, seperti fungsi DATE. Misal, untuk mengubah tahun tanggal di sel C12 menjadi 2021, tetapi biarkan bulan dan hari apa adanya, rumusnya seperti :

=DATE(2021;MONTH;(C12);DAY(C12))

5. DAYS

Fungsi Excel DAYS

Fungsi Excel DAYS mengganti jumlah hari di antara dua tanggal. Dengan tanggal akhir berada di sel B1 dan tanggal mulai di sel C1, maka rumusnya =DAYS(B1;C1) akan menghasilkan hari di antara dua tanggal tersebut.

Penulisan rumus : =DAYS(end_date;start_date)

Keterangan :

  • end_date – tanggal akhir.
  • start_date – tanggal mulai.

Tidak seperti dengan rumus sederhana di atas, fungsi DAYS juga dapat menangani tanggal dalam format teks, selama tanggal tersebut dikenali oleh Excel. Perhatikan gambar berikut.

=DAYS(“12/03/2003″;”11/04/2002”)

6. DAYS360

Fungsi Excel DAYS360

Fungsi Excel DAYS360 Mengganti jumlah hari di antara dua tanggal berdasarkan tahun 360 hari. Perhitungan berdasarkan 360 hari setahun berasal dari perhitungan akuntansi tertentu dimana semua 12 bulan dianggap memiliki 30 hari.

Penlisan rumus : = DAYS360(start_date;end_date;[method])

Keterangan :

  • start_date – tanggal mulai.
  • end_date – tanggal akhir.
  • method – (opsional) metode jenis dasar hitungan hari yang akan digunakan. FALSE (default) adalah metode AS, TRUE adalah metode Eropa.

Catatan :

FALSE -(default) – metode AS, bila tanggal mulai adalah hari terakhir bulan itu, maka ditetapkan pada hari ke-30 dibulan yang sama. Jika tanggal akhir adalah hari terakhir bulan tersebut, dan tanggal mulai kurang dari 30, tanggal akhir ditetapkan ke tanggal 1 bulan berikutnya. Jika tidak tanggal akhir ditetapkan ke tanggal 30 bulan yang sama.

TRUE – metode Eropa, tanggal mulai dan tanggal akhir yang sama dengan tanggal 31 setiap bulan ditetapkan ke tanggal 30 bulan yang sama.

Pada gambar di atas merupakan rumus fungsi DAYS360, untuk perhitungan tanggal dari gambar tersebut dihitung berdasarkan penetapan tanggal 30 bulan yang sama. Penulisan rumus seperti :

=DAYS360(B4;C4)

7. EDATE

Fungsi Excel EDATE

Fungsi Excel EDATE mengganti tanggal pada hari yang sama setiap bulan, n bulan di masa lalu atau masa mendatang. Fungsi Excel EDATE bisa digunakan untuk menghitung tanggal kedaluwarsa, tanggal jatuh tempo, dan tanggal jatuh tempo lainnya. Gunakan nilai positif selama berbulan – bulan untuk mendapatkan tanggal di masa mendatang, dan nilai negatif untuk tanggal di masa lalu.

Penulisan rumus : =EDATE(start_date;months)

Keterangan :

  • start_date – tanggal mulai sebagai tanggal Excel yang valid.
  • months – jumlah bulan sebelum atau sesudah start_date.

Fungsi EDATE bisa menambah atau mengurangi bulan dari tanggal. Fungsi EDATE digunakan untuk menghitung tanggal kedaluwarsa, tanggal kontrak, tanggal jatuh tempo, tanggal ulang tahun, tanggal pensiun, dan tanggal lain di masa mendatang atau masa lalu.

EDATE akan mengganti nomor seri yang sesuai dengan tanggal. Untuk menampilkan hasil sebagai tanggal, terapkan format angka pilihan.

Contoh :

Misal, jika kolom C berisi tanggal mulai, bisa menggunakan rumus EDATE seperti :

=EDATE(C4;1)

=EDATE(C5;-1)

=EDATE(C6,3)

=EDATE(C7,-3)

=EDATE(C8;240)

=EDATE(C9;-240)

Enam bulan dari hari ini

Untuk menggunakan EDATE dengan tanggal hari ini, bisa menggunakan fungsi TODAY. Misal, untuk membuat tanggal tepat 6 bulan dari hari ini, bisa mengguakan rumus seperti :

=EDATE(TODAY();6)

Bergerak tahun ke tahun

Untuk menggunakan fungsi EDATE supaya berpindah tahun, dengan dikalikan 12. Misalnya, untuk maju 24 bulan, bisa menggunakan salah satu rumus seperti :

=EDATE(C4;24)

=EDATE(C4;2*12)

Rumus kedua berguna ketika memiliki tahun pada sel dan ingin mengubahnya menjadi bulan di dalam EDATE.

Akhir bulan

Perhatikan gambar excel di atas, fungsi Excel EDATE pandai dalam menggulung tanggal “akhir bulan” maju atau mundur, dan akan menyesuaikan nilai tahun, bulan, dan hari seperlunya. Misal, EDATE akan mempertahankan hari terakhir setiap bulan dengan rumus berikut :

=EDATE(“31 Januari 2016”;1)

EDATE dengan waktu

Fungsi EDATE akan menghapus waktu dari tanggal yang menyertakan waktu. Untuk menghemat waktu dalam sebuah tanggal, bisa menggunakan rumus seperti :

=EDATE(C4;n)+MOD(C4;1)

Disini, fungsi MOD digunakan untuk mengekstrak waktu dari tanggal di sel C4 (misal) dan menambahkannya kembali ke hasil dari EDATE.

8. EOMONTH

Fungsi Excel EOMONTH

Fungsi EOMONTH mengganti atau menghasilkan hari terakhir setiap bulan, n bulan di masa lalu atau masa mendatang. EDATE digunakan untuk menghitung tanggal kedaluwarsa, tanggal jatuh tempo, dan tanggal lain yang harus menghasilkan pada hari terakhir dalam sebulan. Untuk nilai positif menghasilkan masa mendatang, dan untuk nilai negatif menghasilkan masa lalu.

Penulisan rumus : =EOMONTH(start_date;months)

Keterangan :

  • start_date – tanggal mulai dalam format nomor seri Excel yang valid.
  • months – jumlah bulan sebelum atau setelah start_date (tanggal mulai).

EOMONTH mengganti nomor seri sesuai dengan tanggal. Untuk menampilkan hasil sebagai tanggal, terapkan format angka pilihan.

Contoh :

Pada sel C4, C5, dan C6 (misal) dimasukkan tanggal 12 Juni 2018, maka rumusnya :

=EOMONTH(C4;0)

=EOMONTH(C5;4)

=EOMONTH(C6;-3)

=EOMONTH(C7;12)

Hari terakhir bulan sekarang

Untuk mendapatkan hari terakhir bulan sekarang, gabungkan fungsi TODAY dengan EOMONTH, dengan penulisan rumus seperti :

=EOMONTH(TODAY)();0)

Fungsi TODAY mengganti tanggal sekarang ke fungsi EOMONTH, dengan nol (0) untuk bulan, menggunakan tanggal sekarang untuk menghitung bulan sekarang.

Hari pertama bulan sekarang

Meskipun EOMONTH mengganti hari terakhir setiap bulan, EOMONTH juga bisa digunakan untuk mendapatkan hari pertama bulan sekarang, dengan penulisan rumus seperti :

=EOMONTH(TODAY();-1)+1

9. HOUR

Fungsi Excel HOUR

Fungsi Excel HOUR adalah fungsi yang mengganti komponen jam pada suatu waktu sebagai angka antara 0-23. Misal, dengan waktu 9:30, HOUR akan kembali 9. Fungsi HOUR bisa digunakan untuk mengekstrak jam ke dalam sel, atau memasukkannya ke dalam rumus fungsi.

Penulisan rumus : =HOUR(serial_number)

Keterangan :

  • serial_number – waktu Excel yang valid.

Contoh :

Fungsi HOUR mengganti jam dari waktu atau tanggal sebagai angka antara 0-23. Dengan penulisan rumus seperti :

=HOUR(“9:00 AM”)

=HOUR(“9:00 PM”)

Bisa juga langsung mengekstrak jam ke dalam sel tanpa memasukkan ke dalam rumus format jamnya. Misal, dengan waktu “8:00 AM” di B1 dengan rumus :

=HOUR(B1)

Waktu dapat dipaksakan menjadi setengah jam dengan tamabahan rumus fungsi TIME. Misal pada sel B2 dengan penulisan rumusnya seperti :

=TIME(HOUR(B2);30;0)

10. ISOWEEKNUM

Fungsi Excel ISOWEEKNUM

Fungsi Excel ISOWEEKNUM mengambil dan mengganti angka minggu (1-54) yang mengikuti standar ISO, dimana minggu dimulai pada hari Senin dan Minggu nomor 1 ditetapkan ke minggu pertama dalam satu tahun yang berisi hari Kamis.

Penulisan rumus : =ISOWEEKNUM(date)

Keterangan :

  • date – tanggal Excel yang valid dalam format nomor seri.

11. MINUTE

Fungsi Excel MINUTE

Fungsi Excel MINUTE mengekstrak komponen menit dari waktu sebagai angka antara 0-59. Misal, waktunya 9:45, menit akan menghasilkan 45. Fungsi MINUTE digunakan untuk mengekstrak menit ke dalam sel, atau memasukkan hasilnya ke fungsi lain seperti fungsi TIME.

Penulisan rumus : =MINUTE(serial_number)

Keterangan :

  • serial_number – tanggal atau waktu yang valid.

Contoh :

Fungsi MINUTE mengekstrak menit dari waktu sebagai angka antara 0-59 dengan memasukkannya ke dalam rumus. Dengan penulisan rumus seperti :

=MINUTE(“10:25 AM”)

=MINUTE(“7:45 PM”)

Fungsi MINUTE juga bisa digunakan untuk memasukkan hasil menit ke dalam sel dengan tambahan fungsi lain, seperti fungsi TIME. Misalnya, dengan waktu 1:45 AM di sel B3 (misal) dan membuat waktu baru yang mencakup 45 menit. Penulisan rumusnya :

=TIME(1;MINUTE(B3);0)

12. MONTH

Fungsi Excel MONTH

Fungsi Excel MONTH digunakan untuk mengekstrak bulan dari tanggal tertentu sebagai angka antara 1 hingga 12. Fungsi MONTH juga bisa digunakan untuk mengekstrak nomor bulan dari tanggal ke dalam sel, atau untuk memasukkan nomor bulan ke dalam rumus dengan tambahan fungsi lain, seperti fungsi DATE.

Penulisan rumus : =MONTH(date)

Keterangan :

  • date – tanggal Excel yang valid.

Contoh :

Perhatikan gambar di samping. Fungsi MONTH mengekstrak bulan dari tanggal tertentu sebagai angka antara 1 hingga 12. Dengan penulisan rumus sebagai berikut :

=MONTH(“20 September 2018”)

=MONTH(“11 April 2015”)

13. NETWORKDAYS

Fungsi Excel NETWORKDAYS digunakan untuk menghitung jumlah hari kerja antara dua tanggal. Fungsi ini secara otomatis mengecualikan akhir pekan (Sabtu dan Minggu) dan secara opsional dapat mengecualikan daftar hari libur yang disediakan sebagai tanggal.

Fungsi NETWORKDAYS menyertakan tanggal mulai dan tanggal akhir saat menghitung hari kerja. Ini berarti jika memberikan NETWORKDAYS dengan tanggal yang sama untuk tanggal mulai dan tanggal akhir, dan tanggal tersebut bukan akhir pekan atau hari libur, maka akan menghasilkan 1.

NETWORKDAYS secara opsional juga bisa memperhitungkan hari libur. Untuk argumen hari libur, berikan rentang yang berisi tanggal hari libur. Dan ini juga dianggap sebagai hari non-kerja dan tidak akan dimasukkan dalam hasil.

Penulisan rumus : = NETWORKDAYS(start_date;end_date;[holidays])

Keterangan :

  • start_date – tanggal mulai.
  • end_date – tanggal akhir.
  • holidays – (opsional) daftar hari non-kerja sebagai tanggal.

Contoh :

Gambar 1

Pada gambar di atas, fungsi NETWORKDAYS menghitung jumlah hari kerja antara dua tanggal, secara otomatis tidak termasuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu) dan secara opsional tidak termasuk hari libur. Misal, tanggal mulai di B2 dan tanggal akhir di C2. Penulisan rumus seperti :

=NETWORKDAYS(B2;C2)

Gambar 2

Perhatikan gambar tersebut, fungsi NETWORKDAYS juga bisa mengecualikan hari libur yang diadakan sebagai daftar tanggal. Misal, tanggal hari libur di sel G2:G3 dengan penulisan rumus :

=NETWORKDAYS(B2;C2;G2:G3)

NETWORKDAYS juga bisa digunakan untuk menghitung tunjangan karyawan yangbertambah berdasarkan hari kerja, jumlah hari kerja yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah dukungan pelanggan, dan sebagainya.

14. NETWORKDAYS.INTL

Fungsi NETWORKDAYS.INTL menghitung jumlah hari kerja antara dua tanggal. NETWORKDAYS.INTL mengecualikan Sabtu dan Minggu secara default, namun menyediakan cara untuk menentukan hari mana dalam seminggu yang dianggap akhir pekan. Secara opsional, fungsi ini mengecualikan daftar hari libur yang disediakan sebagai tanggal.

Penulisan rumus :

=NETWORKDAYS.INTL(start_date;end_date;[weekend];[holidays])

Keterangan :

  • start_date – tanggal mulai.
  • end_date – tanggal akhir.
  • weekend – (opsional) pengaturan hari dalam seminggu harus dianggap akhir pekan.
  • holidays – (opsional) referensi ke tanggal yang harus dianggap sebagai hari non-kerja.

Contoh :

Fungsi NETWORKDAYS.INTL lebih kuat daripada fungsi NETWORKDAYS, karena memungkinkan untuk mengontrol hari mana dalam seminggu yang dianggap akhir pekan. Argumen akhir pekan diatur menggunakan kode yang tercantum dalam tabel di bawah.

Fungsi NETWORKDAYS.INTL menyertakan tanggal mulai dan tanggal akhir saat menghitung hari kerja. Ini berarti jika memberikan NETWORKDAYS.INTL dengan tanggal yang sama untuk tanggal mulai dan tanggal akhir, dan tanggal tersebut bukan akhir pekan atau hari libur, maka akan menghasilkan 1.

NETWORKDAYS.INTL secara opsional juga bisa memperhitungkan hari libur. Untuk argumen hari libur, berikan rentang yang berisi tanggal hari libur. Dan ini juga dianggap sebagai hari non-kerja dan tidak akan dimasukkan dalam hasil.

Fungsi Excel NETWORKDAYS.INTL

Dalam contoh gambar di atas, penulisan rumus digunakan :

=NETWORKDAYS.INTL(B3;C3) D4 =NETWORKDAYS.INTL(B4;C4;17) D5 =NETWORKDAYS.INTL(B5;C5;1;B10:B11) D6 =NETWORKDAYS.INTL(B6;C6;”0000000″) D7 =NETWORKDAYS.INTL(B7;C7;”0000000″;B10:B11)

Nomor akhir pekan              Hari akhir pekan

1 (default)                    - Sabtu, Minggu
2                              - Sabtu, Senin
3                              - Senin, Selasa 
4                              - Selasa, Rabu
5                              - Rabu, Kamis
6                              - Kamis, Jumat
7                              - Jumat, Sabtu
11                             - Hanya Minggu
12                             - Hanya Senin
13                             - Hanya Selasa
14                             - Hanya Rabu
15                             - Hanya Kamis
16                             - Hanya Jumat
17                             - Hanya Sabtu

Mask untuk hari kerja

Fungsi NETWORKDAYS.INTL juga bisa menerima “mask” dengan menentukan akhir pekan untuk argumen akhir pekan. Mask disediakan sebagai string 7 karakter yang harus 1 atau nol. Dalam skema ini, angka 1 berarti akhir pekan dan angka 0 berarti hari kerja. Digit pertama mewakili hari Senin. Berikut penulisan rumus :

=NETWORKDAYS.INTL(start;end;”0101011″) =NETWORKDAYS.INTL(start;end;”1010111″) =NETWORKDAYS.INTL(start;end:”1111100″) =NETWORKDAYS.INTL(start;end;”0000000″)

15. NOW

Fungsi Excel NOW

Fungsi Excel NOW mengganti tanggal dan waktu sekarang, diperbarui terus menerus saat lembar kerja dibuka atau diubah. Fungsi NOW tidak membutuhkan argumen. Kita bisa memformat nilai yang diganti oleh fungsi NOW sebagai tanggal, atau sebagai tanggal dan waktu dengan menerapkan format angka.

Penulisan rumus : =NOW()

Fungsi NOW tidak mengambil parameter tetapi membutuhkan tanda kurung kosong. Nilai yang diganti oleh fungsi NOW akan terus diperbarui setiap kali lembar kerja di-refresh (misal, setiap kali nilai dimasukkan atau atau diubah). Gunakan F9 untuk memaksa lembar kerja menghitung ulang dan memperbarui nilainya.

Jika membutuhkan waktu statis yang tidak berubah, maka dapat memasukkan waktu sekarang menggunakan pintasan keyboard (shortcut) Ctrl + Shift + :

16. SECOND

Fungsi Excel SECOND

Fungsi Excel SECOND mengganti komponen waktu kedua sebagai angka antara 0-59. Misalnya, waktu 7:23:35, detik akan menghasilkan 35. Fungsi SECOND bisa digunakan untuk mengekstrak detik ke dalam sel, atau memasukkan hasilnya ke dalam rumus lain, seperti TIME.

Penulisan rumus : =SECOND(serial_number)

Keterangan :

  • serial_number – waktu yang valid dalam format Excel.

Waktu juga bisa sebagai teks (mis. “8:50”) atau sebagai angka desimal (mis. , yang sama drngan 12:00).

Excel menyimpan tanggal dan waktu sebagai nomot seri. Misalnya, tanggal 1 Januari 2000 12:00 sama dengan nomor seri 32526,5 di Excel. Untuk memeriksa apakah Excel mengenali tanggal atau waktu dengan benar, bisa memformat tanggal sebagai angka untuk sementara.

17. TIME

Fungsi Excel TIME

Fungsi Excel TIME adalah fungsi bawaan yang memungkinkan untuk membuat waktu dengan komponen jam, menit, dan detik. Fungsi TIME berguna ketika ingin menyusun waktu yang tepat di dalam rumus lain.

Penulisan rumus : =TIME(hour;minute;second)

Keterangan :

  • hour – jam untuk waktu yang ingin dibuat.
  • minute – menit untuk waktu yang ingin dibuat.
  • second – detik untuk waktu yang ingin dibuat.

Fungsi TIME membuat tanggal dalam format nomor seri dari komponen jam, menit, dan detik yang ingin ditentukan. Gunakan untuk membuat waktu yang valid saat memiliki (dapat menyediakan) nilai komponen secara terpisah. Setelah memiliki waktu yang valid, dapat memformatkan sesuai yang dibuat.

Contoh :

=TIME(1;0;0)

=TIME(0;1;0)

=TIME(0;0;1)

=TIME(5;30;0)

18. TIMEVALUE

Fungsi Excel TIMEVALUE

Fungsi Excel TIMEVALUE mengubah waktu yang direpresentasikan sebagai teks menjadi waktu Excel yang tepat. Misalnya, pada rumus = TIMEVALUE(“9:00 AM”) mengganti 0,375, representasi numerik jam 9:00 pagi dalam sistem waktu Excel. Nilai waktu numerik lebih berguna daripada teks karena dapat langsung dimanipulasi dengan rumus dan tabel pivot.

Penulisan rumus : =TIMEVALUE(time_text)

Keterangan :

  • time_text – tanggal dan / waktu dalam format teks yang dikenali oleh Excel.

Time_text harus disediakan dalam format teks yang dapat dikenali Excel, misalnya, “7:30 PM” atau “18:15”.

Fungsi TIMEVALUE membuat waktu dalam format nomor seri dari tanggal dan / atau waktu dalam format teks Excel. TIMEVALUE akan mengganti angka desimal antara 0 dan 0,9998426, mewakili 12:00:00 hingga 23:59:59.

Catatan : informasi tanggal diabaikan.

19. TODAY

Fungsi Excel TODAY

Fungsi Excel TODAY mengganti tanggal sekarang, diperbarui terus menerus saat lembar kerja diubah atau dibuka. Fungsi TODAY tidak membutuhkan argumen. Fungsi TODAY menggantikan nilai format menggunakan format tanggal standar apa saja. Jika membutuhkan tanggal dan waktu sekarang, gunakan fungsi Excel NOW.

Penulisan rumus : =TODAY()

Fungsi TODAY tidak membutuhkan argumen, dan menganti tanggal sekarang, diperbarui setiap kali lembar kerja diubah atau dibuka. Gunakan F9 untuk memaksa lembar kerja menghitung ulang dan memperbarui nilainya.

  • Jika membutuhkan tanggal statis yang tidak berubah, kita dapat memasukkan tanggal sekarang menggunakan pintasan keyboard Ctrl + ;
  • Jika membutuhkan tanggal dan waktu sekarang, gunakan fungsi NOW.

Contoh :

=TODAY()

=TODAY()+7

=TODAY()-7

20. WEEKDAY

Fungsi Excel WEEKDAY

Fungsi Excel WEEKDAY mengambil dan mengganti angka antara 1-7 yang mewakili hari dalam seminggu. Secara default, fungsi WEEKDAY mengganti 1 untuk Minggu dan 7 untuk Sabtu. Fungsi WEEKDAY bisa digunakan dalam rumus lain untuk memeriksa hari dalam seminggu dan bereaksi sesuai kebutuhan.

Penulisan rumus : =WEEKDAY(serial_number;[return_type])

Keterangan :

  • serial_number – tanggal yang diinginkan untuk mendapatkan hari dalam seminggu.
  • return_type – (opsional) angka yang mewakili skema pemetaan hari dalam seminggu. Defaultnya adalah angka 1.

Fungsi WEEKDAY menerima tanggal dan mengganti angka antara 1-7 yang mewakili hari dalam seminggu untuk tanggal itu. Secara default, WEEKDAY mengganti 1 untuk Minggu dan 7 untuk Sabtu, seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah ini :

Hasil                          Artinya

1                              - Minggu
2                              - Senin
3                              - Selasa
4                              - Rabu
5                              - Kamis
6                              - Jumat
7                              - Sabtu

WEEKDAY mendukung beberapa skema penomoran. Argumen tipe penggantian menentukan skema mana yang digunakan untuk memetakan setiap hari dalam seminggu ke sebuah angka. Jenis penggantian adalah opsional dan default ke 1. Bisa dilihat hasil dan pemetaan yang terkait dengan setiap jenis penggantian :

Tipe penggantian        Hasil penomoran         Pemetaan hari

none                         1-7                Minggu-Sabtu
1                            1-7                Minggu-Sabtu
2                            1-7                Senin-Minggu
3                            0-6                Senin-Minggu
11                           1-7                Senin-Minggu
12                           1-7                Selasa-Senin
13                           1-7                Rabu-Selasa
14                           1-7                Kamis-Rabu
15                           1-7                Jumat-Kamis
16                           1-7                Sabtu-Jumat
17                           1-7                Minggu-Sabtu

Catatan : fungsi WEEKDAY akan mengganti nilai meskipun tanggalnya kosong. Berhati-hatilah untuk menjebak hasil ini jika tanggal kosong memungkinkan.

21. WEEKNUM

Fungsi Excel WEEKNUM

Fungsi Excel WEEKNUM mengambil dan mengganti angka minggu (1-54) yang sesuai dengan minggu dalam setahun. Fungsi WEEKNUM mulai menghitung dengan minggu yang berisi 1 Januari. Secara default, minggu dimulai pada hari Minggu (Hari pertama adalah hari Minggu).

Penulisan rumus : =WEEKNUM(serial_num;[return_ype])

Keterangan :

  • serial_num – tanggal excel valid dalam format nomor seri.
  • return_type – (opsional) hari dimulainya adalah hari Minggu. Defaultnya adalah 1.

Fungsi WEEKNUM mulai menghitung dengan minggu yang berisi 1 Januari. Argumen return_type mengontrol hari dimana dalam seminggu yang digunakan untuk memulai nomor minggu baru. Return_type adalah opsional dan default ke 1.

Dengan return_type 1-17, minggu nomor 1 pada tahun tertentu ditetapkan ke minggu yang berisi 1 Januari. Dengan return_type 21, minggu nomor 1 adalah minggu yang berisi Kamis pertama dalam setahun, mengikuti ISO 8601.

Return_type (tipe penggantian)      Week begins (Minggu dimulai)

1 (default)                         Minggu
2                                   Senin
11                                  Senin
12                                  Selasa
13                                  Rabu
14                                  Kamis
15                                  Jumat
16                                  Sabtu
17                                  Minggu
21                                  Senin (lihat catatan di atas)

22. WORKDAY

Fungsi Excel WORKDAY

Fungsi Excel WORKDAY mengambil dan mengganti hari kerja terdekat di masa mendatang atau masa lalu, berdasarkan nilai offset yang diberikan. Fungsi WORKDAY bisa digunakan untuk menghitung hal-hal seperti tanggal pengiriman, dan tanggal penyelesaian yang perlu memperhitungkan hari kerja dan hari non-kerja.

Penulisan rumus : =WORKDAY(start_date;days;[holidays])

Keterangan :

  • start_date – tanggal mulai.
  • days – hari kerja sebelum dan sesudah start_date (tanggal mulai).
  • holidays – (opsional) daftar tanggal yang harus dianggap sebagai hari non-kerja.

Gunakan angka positif hari untuk menghitung tanggal yang akan datang, dan angka negatif untuk menghitung tanggal yang sudah lewat.

Catatan : WORKDAY tidak menyertakan tanggal mulai sebagai hari kerja ketika menghitung tanggal akhir.

Secara default, WORKDAY akan mengecualikan akhir pekan (Sabtu dan Minggu). Jika ingin menyesuaikan hari dimana dalam seminggu yang dianggap sebagai hari akhir pekan, maka gunakan fungsi WORKDAY.INTL yang lebih canggih.

23. WORKDAY.INTL

Fungsi Excel WORKDAY.INTL

Fungsi Excel WORKDAY.INTL mengambil dan mengganti pekerjaan terdekat di masa mendatang atau masa lalu, berdasarkan nilai offset yang diberikan. Tidak seperti fungsi WORKDAY, fungsi WORKDAY.INTL memungkinkan menyesuaikan hari dimana yang dianggap akhir pekan (bukan hari kerja). Fungsi WORKDAY.INTL bisa digunakan untuk menghitung tanggal penyelesaian, tanggal pengiriman, dan lain-lain yang memperhitungkan hari non-kerja.

Penulisan rumus :

=WORKDAY.INTL(start_date;days;[weekend];[holidays])

Keterangan :

  • start_date – tanggal mulai.
  • days – hari kerja sebelum dan sesudah start_date (tanggal mulai).
  • weekend – (opsional) pengaturan hari apa dalam seminggu harus dianggap akhir pekan.
  • holidays – (opsional) daftar satu atau lebih tanggal yang harus dianggap bukan hari kerja.

WORKDAY.INTL menggambarkan tanggal yang mewakili hari kerja “terdekat” N hari di masa lalu atau masa mendatang. Gunakan angka positif sebagai hari untuk tanggal mendatang dan angka negatif tanggal yang lewat. Fungsi ini lebih kuat daripada fungsi WORKDAY karena memungkinkan menyesuaikan hari dimana dalam seminggu yang dianggap akhir pekan.

Contoh rumus :

=WORKDAY.INTL(B3;C3)

=WORKDAY.INTL(B4;C4;11)

=WORKDAY.INTL(B5;C5;1;B8:B9)

Weekends

Secara default, fungsi WORKDAY.INTL akan mengecualikan akhir pekan (Sabtu dan Minggu). Namun, dapat mengontrol hari mana yang dianggap sebagai akhir pekan, dengan memberikan kode dari tabel untuk argumen akhir pekan (weekends).

Cara lain (lebih mudah) untuk menentukan hari akhir pekan (weekend) adalah dengan menggunakan “mask” untuk menunjukkan akhir pekan (weekend) dengan satu dan nol. Dalam skema ini, string 7 satu dan nol disediakan untuk menunjukkan akhir pekan (weekend), dengan karakter pertama adalah hari Senin, dan karakter terakhir adalah hari Minggu.

Gunakan angka satu (1) untuk menunjukkan akhir pekan dan nol (0) untuk menunjukkan hari kerja. Metode ini lebih fleksibel, karena memungkinkan untuk menetapkan hari apapun dalam seminggu sebagai akhir pekan (bukan hari kerja). Misal di sel B2 dengan penulisan rumus seperti :

=WORKDAY.INTL(B2;3;”0000000″)

=WORKDAY.INTL(B1;3;”1000000″)

=WORKDAY.INTL(B1;3;”1100000″)

=WORKDAY.INTL(B1;3;”1110000″)

=WORKDAY.INTL(B1;3;”1010000″)

Holidays

Secara opsional, fungsi WORKDAY.INTL bisa memperhitungkan hari libur (holiday). Untuk argumen hari libur (holidays), berikan rentang yang berisi tanggal hari libur (holidays). Tanggal – tanggal ini dianggap sebagai hari non-kerja dan tidak akan dimasukkan dalam hasil.

Kode weekends (Akhir pekan)

Gunakan salah satu kode untuk argumen akhir pekan untuk memilih opsi akhir pekan yang tetap.

Kode                      Weekend days

1 (default)               Sabtu, Minggu
2                         Minggu, senin
3                         Senin, Selasa
4                         Selasa, Rabu
5                         Rabu, Kamis
6                         Kamis, Jumat
7                         Jumat, Sabtu
11                        Hanya Minggu
12                        Hanya Senin
13                        Hanya Selasa
14                        Hanya Rabu
15                        Hanya Kamis
16                        Hanya Jumat
17                        Hanya Sabtu

24. YEAR

Fungsi Excel YEAR

Fungsi Excel YEAR mengganti komponen tahun dari tanggal sebagai angka 4 digit. Fungsi YEAR dapat digunakan untuk mengekstrak nomor tahun dari tanggal ke dalam sel atau untuk mengekstrak dan memasukkan ke dalam rumus dengan penambahan fungsi DATE.

Penulisan rumus : =YEAR(date)

Keterangan :

  • date – tanggal Excel yang valid.

Fungsi YEAR mengekstrak tahun dari tanggal tertentu sebagai angka tahun 4 digit. Dengan penulisan rumus seperti :

=YEAR(“21 September 2020”)

=YEAR(“29 Maret 2017”)

Fungsi YEAR juga bisa digunakan untuk mengekstrak nomor bulan dari tanggal ke dalam sel, atau untuk memasukkan nomor bulan ke dalam rumus dengan penambahan fungsi DATE. Misalnya, tanggal dimasukkan ke dalam sel B3, dengan penulisan rumus seperti :

=DATE(YEAR(B3);1;1)

Catatan : tanggal adalah nomor seri di Excel yang dimulai pada 1 Januari 1900. Tanggal sebelum 1 Januari 1900 tidak didukung. Untuk menampilkan nilai tanggal dalam format tanggal yang dapat dibaca manusia, terapkan format yang dipilih.

25. YEARFRAC

Fungsi Excel YEARFRAC

Fungsi Excel YEARFRAC adalah fungsi yang digunakan untukmengganti nilai desimal yang mewakili tahun pecahan antara dua tanggal. Fungsi YEARFRAC juga bisa digunakan untuk melakukan hal-hal seperti menghitung usia dengan tanggal lahir.

Penulisan rumus : =YEARFRAC(start_date;end_date;[basis])

Keterangan :

  • start_date – tanggal mulai.
  • end_date – tanggal akhir.
  • basis – (opsional) jenis dasar hitungan hari yang akan digunakan.

Contoh :

Di sel B2 dimasukkan tangga mulai dan sel B3 dimasukkan tanggal akhir, atau dimasukkan langsung ke dalam rumus. Dengan penulisan rumus seperti :

=YEARFRAC(“1 Februari 2010″;”31 Maret 2011”)

=YEARFRAC(“1 Januari 2010″;”1 Juli 2011”)

Fungsi YEARFRAC memiliki argumen opsional yang mengontrol bagaimana hari dihitung saat menghitung tahun pecahan. Secara default, dengan menghitung hari antara dua tanggal berdasarkan 360 hari dalam setahun, di mana 12 bulan dianggap memiliki 30 hari.

Basis             Perhitungan               Keterangan

0 (default)       30/360                    Konvensi AS 
1                 sebenarnya/sebenarnya     
2                 sebenarnya/360  
3                 sebenarnya/365
4                 30/360                    Konvensi Eropa

Perhatikan bahwa basis 0 (default) dan basis 4 keduanya beroperasi berdasarkan 360 hari dalam setahu, tetapi keduanya menangani hari akhir bulan secara berbeda.

Dengan konvensi AS, saat tanggal mulai adalah hari terakhir bulan itu, maka ditetapkan di hari ke 30 dibulan yang sama. Jika tanggal akhir adalah hari terakhir bulan tersebut, dan tanggal mulai kurang dari 30, tanggal akhir ditetapkan ke tanggal 1 bulan berikutnya, jika tidak tanggal akhir ditetapkan ke tanggal 30 bulan yang sama.

Dengan konvensi Eropa, tanggal mulai dan tanggal akhir yang sama dengan tanggal 31 dalam satu bulan ditetapkan ke tanggal 30 bulan yang sama.

Demikian pembahasan rumus fungsi Excel Date and Time, Sampai disini saja penjelasannya. Kedepannya, kami akan melanjutkan penjelasan mengenai rumus fungsi Excel yang ketiga. Selamat belajar dan sampai jumpa lagi.

Baca juga :

Shorcut Ms Excel Lengkap, Bikin Kerja Makin Cepet

Cara Mudah Menghitung Presentase Di Excel

Mudahnya Menghitung Masa Kerja Dengan Ms Excel
Categories: rumus excel
restu agil:
X

Headline

Privacy Settings