X

Kakulator Persentase Online, Praktis!

Hi, semua! Kembali lagi dengan rumushitung.com. Setelah pada postingan sebelumnya menyajikan bahasan lengkap tentang persentase, kali ini kami menyediakan tool khusus berupa kalkulator persentase yang bisa memudahkan sobat sekalian untuk melakukan perhitungan perihal persentase. Dengan adanya tool ini sobat tidak perlu lagi melakukan perhitungan manual menggunakan tangan atau kalkulator biasa. Jangan khawatir, di setiap kalkulator kami sediakan penjelasan dan contoh penggunaan yang mudah dipahami.

Kalkulator Menghitung Nilai dari Suatu Persentase

Kalkulator di atas bisa sobat gunakan ketika akan mencari nilai dari suatu persentase. Misal ketika sobat ingin mencari tahu berapa sih 5% dari 450? Sobat tinggal memasukkan angka 5 dan 450 kemudian tekan bombol hitung. Sobat juga bisa mencari nilai pesentase yang lebih besar dari 100%. Misal Rohmad mendapat gaji baru sebesar 150% dari gaji lama. Gaji lama rohmad adalah 14.000.000. Sobat tinggal memasukkan angka 150 dan 14.000.000 kemudian tekan tombol hitung.

Kalkulator Menghitung Persentase Dari Dua Nilai

Kalkulator ini bisa sobat gunakan untuk mencari nilai pesen/ persentase dari dua kelompok. Yuk simak contoh di bawah ini:

Diketahui suatu koperasi beranggotakan 400 pegawai. 15 Pegawai diantaranya merupakan pegawai mareketing. Pertanyaannya berapa % pegawai marketing tersebut?

Persentase pegawai marketing = 15/400 x 100% = 3,75 %
Jika sobat memakai kalkulator di atas sobat tinggal memasukkan angka 14 dan 400 kemudian tekan tombol hitung. Selesai!

Kalkulator Menghitung Perubahan Persentase

 

Kalkulator di atas bisa sobat gunakan untuk mencari persentase perubahan. Baik itu perubahan naik maupun perubahan turun. Untuk lebih jelasnya mari simak contoh berikut:


Contoh 1
Sobat telah mengikuti dua kali ulangan matematika. Ulangan pertama sobat mendapatkan nilai 88 dan ulangan kedua mendapat nilai 94. Berapa persentase kenaikan nilai ulangan kedua?
Perhitungan manualnya = (94-88)/ 88 x 100% = 6/88 x 100% = 6,82%
Jika memakai kalkulator di atas sobat cukup memasukkan nilai 88 lalu 99 lalu tekan tombol hitung. Dan akan keluar angka 6,82%

Sekarang kita coba menghitung persentase perubahan negatif. Yuk simak contoh berikut:

Contoh 2
Sebelum adanya pandemi COVID-19 Perusahaan A memperoleh laba tahunan 450 juta rupiah. Namun demikian, setelah adanya pandemi labat tahunan Perusahan A turun mejadi 275 juta rupiah. Berapa penurunan laba perusahaan tersebut?
Persentas Laba = (275-450)/ 450 x 100% = – 38,89 %
Dengan kalkulator di atas sobat bisa dengan mudah menghitung persentase perubahan tersebut dengan memasukkan angka 275 dan 450 kemudian tekan tombol hitung.

Sekian sobat, sajian kami kali ini. Silahkan dicoba kalkulator di atas. Semoga aplikasi kalkulator online pesentase tersebut bisa membantu sobat di rumah.

Categories: aplikasi
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings