X

Mekanisme Evolusi Pada Makhluk Hidup

Hai guys, berjumpa lagi dengan rumushitung. Untuk hari ini, pelajaran yang dibahas adalah biologi yang membahas tentang mekasnisme evolusi. Langsung saja, kita mulai pembahasannya.

Apa Itu Mekanisme Evolusi ?

Mekanisme evolusi ialah perubahan sedikit demi sedikit dari yang sederhana sampai kompleks pada makhluk hidup. Mekanisme utama yang memperoleh perubahan evolusioner ialah seleksi dan hanyutan genetika. Seleksi mengkhususkan gen yang meningkatkan kapasitas keberlangsungan dan reproduksi.

Seleksi Alam

Makhluk hidup yang lebih mampu beradaptasi dengan kondisi alam habitatnya akan mendominasi dengan cara mempunyai keturunan yang mampu bertahan hidup. Makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi akan punah.

Mutasi Gen

Mutasi yang terjadi pada sel somatis tidak akan diwariskan. Akan tetapi, setelah individu yang mengalami mutasi mengalami kematian, maka mutasi yang terjadi juga akan hilang bersamanya. Sementara itu, mutasi yang terjadi pada sel kelamin akan diwariskan pada keturunannya. Pada peristiwa tertentu, mutasi pada sel kelamin bisa mengakibatkan timbulnya sifat baru yang menguntungkan. Jika sifat baru itu bisa beradaptasi dengan lingkungannya, maka individu tersebut akan terus hidup dan mewariskan mutasi yang dialaminya kepada keturunannya.

Aliran Gen

Aliran gen menyebabkan perpindahan alel di antara populasi-populasi melalui migrasi dan individu yang kawin.

Perkawinan Tidak Acak

Perkawinan tidak acak bisa mengakibatkan alel yang membawa sifat lebih disukai akan menjadi lebih sering dijumpai dalam populasi, sedangkan alel dengan sifat yang tak disukai akan berkurang dan mungkin akan hilang dari populasi. Perkawinan yang terjadi antar keluarga dekat bisa mengakibatkan frekuensi gen abnormal atau gen resesif.

Spesiasi

Makhluk hidup selalu mengalami perubahan secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama. Perubahan yang terjadi sedikit demi sedikit bisa menghasilkan struktur yang menyimpang dari aslinya, dan akhirnya terbentuk spesies baru. Proses terbentuknya spesies baru dinamakan spesiasi.

Pembentukan spesies baru bisa terjadi karena isolasi reproduksi, yaitu ondisi yang menyebabkan dua jenis anggota populasi tidak bisa kawin. Di bawah ini ialah mekanisme isolasi reproduksi yang terjadi sebelum terbentuk zigot (prazigotik).

  • Isolasi habitat : adanya perbedaan habitat yang menyebabkan kedua individu tidak bisa bertemu.
  • Isolasi perilaku : perbedaan tingkah laku atau perilaku dalam menarik pasangan untuk melakukan perkawinan.
  • Isolasi mekanik : adanya perbedaan struktur anatomi alat reproduksi.
  • Isolasi musim : adanya perbedaan waktu pematangan gamet.
  • Isolasi gamet : sel-sel kelamin jantannya tidak memiliki viabilitas dalam saluran reproduksi betina.

Hukum Hardy-Weinberg

Jika frekuensi gen dalam suatu populasi dalam keadaan seimbang, maka berlaku Hukum Hardy-Weinberg.

Frekuensi gen berada dalam keseimbangan jika :

  1. Tidak terjadi migrasi
  2. Tidak ada mutasi
  3. Tidak terjadi seleksi
  4. Reproduksi acak
  5. Populasi besar

(p + q)2 = 1

Jika frekuensi gen A = p dan frekuensi gen a = q, maka frekuensi genotipe AA : Aa : aa ialah p2 : 2pq : q2.

Demikian pembahasan mengenai mekanisme evolusi kita akhiri sampai disini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi. Terima kasih.

Categories: biologi
donbull:
X

Headline

Privacy Settings