X

Rumus Volume Prisma : Pengertian, Rumus, Jenis dan Contoh Soal

Hai sobat! Selamat datang di website RumusHitung.com dan kali ini sobat akan kami ajak untuk belajar tentang materi rumus volume prisma. Materi ini mencakup pengertian volume prisma, rumus volume prisma, jenis prisma dan contoh soal pembahasannya. Langsung saja mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Volume Prisma

Prisma adalah polihedron di mana semua permukaannya rata, dan alasnya sejajar satu sama lain. Ini adalah benda padat dengan wajah datar, ujung yang identik, dan penampang yang sama dengan panjangnya. Dalam Geometri, kita akan mempelajari berbagai jenis prisma, seperti prisma segitiga, prisma segi lima, dan prisma segi enam. Karena merupakan bentuk tiga dimensi, prisma memiliki luas permukaan dan volume. Pada artikel ini, kita akan membahas volume prisma, rumusnya, dan masalah yang diselesaikan.

Rumus Volume Prisma

Volume prisma adalah ruang total yang ditempati oleh benda tiga dimensi. Secara matematis, itu didefinisikan sebagai hasil kali dari luas alas dan tinggi.

Jadi, rumus volume prisma dapat ditulis seperti :

Volume = Luas Alas × Tinggi

Dengan satuan volume adalah kubik atau pangkat tiga.

Jenis Prisma dan Rumus Volumenya

Sekarang, mari kita bahas volume berbagai rumus volume prisma, seperti prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi lima, dan sebagainya.

Volume Prisma Segitiga

Rumus Volume Prisma Segitiga

Prisma segitiga adalah prisma yang memiliki tiga sisi segi empat tegak dan dua alas segitiga. Karena luas alas prisma segitiga adalah segitiga, rumus volume prisma segitiga dapat ditulis :

Volume = Luas Alas × Tinggi Prisma
Volume = (1/2) × a × t × t

Dimana,
a = alas
t = tinggi segitiga
t = tinggi prisma

Volume Prisma Segi Empat

Rumus Volume Prisma Segi Empat

Sebuah prisma segi empat mempunyai empat sisi segi empat tegak dan dua alas segi empat yang sejajar. Kita tahu bahwa luas alas prisma segi empat adalah persegi. Prisma ini juga bisa disebut sebagai balok sebab bentuknya sama, hanya saja pada gambar di atas posisi balok berdiri.

Pada gambar di atas, jika posisi prismanya tidak berdiri, maka seperti balok. Dengan luas alasnya bukan persegi, melainkan persegi. Tetapi, hasil volumenya akan tetap sama nilainya. Mengubah posisi prisma dengan ukuran yang sama, tidak akan terpengaruh pada volume, hanya saja yang membedakan pada proses perhitungannya.

Jika dilihat pada gambar, volume prisma segi empat dapat ditulis :

Volume = Luas Alas × Tinggi Prisma
Volume = s × s × t

Dimana,
s = sisi persegi
t = tinggi prisma

Volume Prisma Segi Lima (Pentagonal)

Rumus Volume Prisma Segi Lima

Sebuah prisma segi lima (pentagonal) memiliki lima permukaan segi empat tegak dan dua alas segi lima yang sejajar. Karena luas alas prisma segi lima adalah (5/2) × s × tb, maka volume prisma segi lima dapat ditulis :

Volume = Luas Alas × Tinggi
Volume = (5/2) × s × tb × t

Dimana,
s =  sisi alas
tb = tinggi segi lima
t = tinggi prisma

Volume Prisma Segi Enam (Heksagonal)

Rumus Volume Prisma Segi Enam

Prisma segi enam (heksagonal) adalah prisma dengan enam sisi segi empat tegak dan dua alas segi enam yang sejajar. Luas alas prisma segi enam adalah (3/2) × s² × √3, volume prisma segi enam adalah sebagai berikut :

Volume = Luas Alas × Tinggi
Volume = (3/2) × s² × √3 × t

Dimana,
s = sisi alas
t = tinggi prisma

Contoh Soal

Contoh 1 : Berapa volume prisma segitiga dengan alasnya adalah 12 m, tinggi segitiga 16 m dan tinggi prisma adalah 20 m seperti yang diberikan pada gambar?

Pembahasan :

Diketahui,
a = 12 m
t = 16 cm
t = 20 m

Mencari volume prisma segitiga,
Volume = Luas alas × t
Volume = (1/2) × a × t × t
V = (1/2) × 12 × 16 × 20
V = 1.920 m³

Baca juga : Yuk Belajar Rumus Volume Kubus

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa Definisi Volume Prisma?
Volume prisma adalah jumlah ruang yang ditempati oleh prisma disebut sebagai volume prisma. Volume prisma tergantung pada jari-jari alas prisma dan tinggi prisma. Satuan volume prisma dinyatakan dalam kubik (m³, cm³, dll).

Apa Rumus Volume Prisma?
Rumus volume prisma diperoleh dengan mengambil hasil kali dari luas alas dan tinggi prisma. Volume prisma dapat ditulis seperti V = luas alas × tinggi prisma.

Bagaimana Volume Prisma Berubah Jika Jenis Prisma Berbeda?
Volume prisma bergantung pada luas alas prisma. Ketika jenis prisma berubah, alas prisma berubah sehingga mengubah luas alas prisma. Perubahan luas alas prisma ini mengubah volume prisma.

Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan dapat menambah pemahaman kalian dalam menyelesaikan soal-soal volume prisma. Sekian terima kasih.

Categories: Lain-lain
donbull:
X

Headline

Privacy Settings