X

Cara Membuat dan Menghitung Diagram Lingkaran

Diagram Lingkaran – Hi Sahabat, Bagaimana Kabarmu Hari ini?. Semoga Kalian Selalu dalam Keadaan Sehat dan tetap semangat dalam belajar ya.. Pada Kesempatan Kali ini kita akan belajar mengenai cara menghitung diagram lingkaran.

Menggunakan diagram lingkaran adalah salah satu cara yang bisa mempermudah proses pembandingan beberapa data. Sebab ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menampilkan diagram data,seperti halnya; diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran. Selengkapnya materi kali ini..

Akan tetapi, kali ini kita hanya akan membahas mengenai diagram lingkaran, yang meliputi: bagaimana cara membuat dan cara menghitung  diagram lingkaran, serta contoh soal untuk mempermudah pemahaman sobat semua.

mula-mula kita akan membahas..

Apa itu Diagram Lingkaran?

Diagram lingkaran dapat diartikan sebagai diagram yang menampilkan data dalam bentuk lingkaran. Adapun data-data yang ditampilkan dalam diagram lingkaran ini biasanya dalam bentuk persen (%) dan derajat (°).

Pada data yang disajikan dalam bentuk persen, maka keseluruhan datanya / satu lingkaran penuh bernilai 100%, sedangkan data yang ditampilkan dalam derajat, maka satu lingkaran penuh bernilai 360°.

Dengan adanya diagram lingkaran akan sangat membantu dalam membaca perbandingan data yang satu dengan data yang lainnya, atau sebuah data dengan keseluruhan data. Diagram lingkaran juga mempunyai kemampuan yang lebih baik dalam menyajikan komposisi data dibangkinkan penyajian data dalam bentuk tabel maupun bentuk diagram lainnya.

Ketika membuat diagram lingkaran, sebuah lingkaran akan dibagi menjadi beberapa sektor menggunakan jari-jari lingkaran. Karena bentuk sektor menyerupai potongan kue pie, akibatnya diagram ini sering disebut sebagai diagram pie.

Sebenarnya untuk membuat sebuah diagram lingkaran akan sangat mudah jika dibuat menggunakan software komputer seperti Microsoft word, microsoft excel, maupun program komputer lainnya. Namun untuk memudahkan pemahaman sobat, kali ini akan kami jelaskan cara membuat diagram lingkaran secara manual  berikut dengan cara menghitung yang akan dijelaskan menggunakan rumus matematika.

Baca Juga: Cara Menghitung Setengah Lingkaran dan Contoh Soalnya!

Cara Membuat Diagram Lingkaran

Untuk membuat sebuah diagram lingkaran, sebenarnya tergolong mudah, karena dalam pembuatannya terdapat rumus yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah data yang dibagi menjadi ruas-ruas sektor dalam lingkaran. Untuk menentukan perbandingan atau besarnya sudut yang dicantumkan dalam luas lingkaran pada tiap-tiap sektornya, kita bisa menggunakan rumus persamaan:

Ruas sektor = (Nilai data / Jumlah keseluruhan data) x 360º

Untuk mempermudah dalam membuat diagram lingkaran, coba perhatikan langkah-langkah membuat diagram lingkaran berikut ini…

  • Menghitung jumlah keseluruhan data pada semua sektor yang diketahui,
  • Menghitung besaran sudut untuk tiap-tiap sektor menggunakan rumus data,
  • Selanjutnya membuat lingkaran penuh,
  • Untuk lebih akurat, gunakan busur derajat untuk membagi lingkaran  menjadi beberapa ruas sesuai derajat tiap sektornya.

Contoh Soal dan Pembahasannya

Diketahui, pada sebuah kampung warga masyarakatnya mempunyai jenis pekerjaan yang berbeda. Dari jenis pekerjaan warga kampung tersebut didapatilah data sebagai berikut:

Pedagang = 23 orang
Petani = 32 orang
Buruh = 30 orang
PNS = 15 orang

Buatlah diagram lingkaran yang menggambarkan jenis pekerjaan pada kampung tersebut!

Penyelesaian:

Langkah Pertama, Menghitung jumlah keseluruhan warga;

Jumlah warga Kampung = Pedagang + Petani + Buruh + PNS
Jumlah warga kampung = 23 + 32 + 30 + 15
Jumlah warga kampung = 100 warga

Langkah Kedua, menghitung besaran sudut untuk tiap-tiap jenis pekerjaan, menggunakan rumus;

Ruas sektor = (Nilai data / total data) x 360º
Pedagang = (23 / 100) x 360º = 82,8º
Petani = (32 / 100) x 360º = 115,2º
Buruh = (30 / 100) x 360º = 108º
PNS = (15 / 100) x 360º = 54º

Untuk mengecek, apakah perhitungan diatas telah sesuai dan benar, maka bisa coba cocokkan dengan menjumlahkan. Jika hasilnya 360º berarti penjumlahannya sesuai:

82,8º + 115,2º + 108º + 54º = 360º

Baca Juga: Cara Cepat Menentukan Akar-Akar Persamaan Kuadrat Baru

Langkah Ketiga, Buatlah lingkaran dan bagilah menjadi beberapa ruas yang disesuaikan dengan derajat yang telah dihitung diatas, dan gambarlah dengan busur derajat supaya akurat, sehingga diagram lingkarannya adalah seperti berikut:

Cara Menghitung Diagram Lingkaran

Selanjutnya akan kami jelaskan mengenai cara untuk menghitung diagram lingkaran. Untuk menghitung nilai atau data sektor pada lingkaran , rumus persamaannya adalah seperti berikut:

Nilai atau data sektor = (besar sudut / 360º) x banyaknya keseluruhan data

Untuk memahami rumus diatas, cobalah simak contoh soal berikut ini;

Contoh Soal dan Pembahasannya

Didalam sebuah sekolah ada 120 siswa yang memiliki hobi dan kegemaran yang berbeda beda. Hobi dan kegemaran tersebut disajikan kedalam diagram lingkaran dibawah ini, tentukanlah jumlah siswa menurut hobi dan kegemarannya..

Penyelesaian:

Diketahui:

Tari = 54º
Sepakbola = 84º
Voli = 72º
Basket = 60º
PMR = 48º
Drama = 42º

Menghitung jumlah siswa untuk tiap hobi..

Tari = (54º/360º) x 120 = 18 siswa
Sepakbola = (84º/360º) x 120 = 28 siswa
Voli = (72º / 360º) x 120 = 24 siswa
Basket = (60º / 360º) x 120 = 20 siswa
PMR = (48º / 360º) x 120 = 16 siswa
Drama = (42º / 360º) x 120 = 14 siswa

Untuk Mengecek apakah perhitungan kita sesuai, maka kita jumlahkan jumlah siswa menurut hobinya. dan jika hasilnya 120, maka perhitungan kita benar. Mari kita cek..

18 + 28 + 24 + 20 + 16 + 14 = 120 Orang

Demikianlah sobat, sedikit materi kali ini yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi dikesempatan yang lain.. 😀😀

rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings