X

Cara Membuat Diagram Lingkaran Dari Data Sebuah Tabel

Hi Sobat Rumus Hitung, Apa kabarmu hari ini? Semoga kalian senantiasa dalam keadaan sehat, dan tetap semangat belajar ya. Pada Kesempatan Kali ini kita akan sama-sama belajar mengenai Cara membuat Diagram Lingkaran Dari sebuah Tabel.

Yuk simak materi selengkapnya kali ini..

Pada saat mempelajari matematika, Pasti kita semua pernah berjumpa dengan diagram. Diagram merupakan salah satu cari yang bisa dimanfaatkan untuk menampilkan suatu data.

Diagram sendiri terbagi menjadi beberapa jenis dan bentuk, yakni diantaranya: Diagram batang, diagram lingkaran, Grafik dan tabel. Nah, dipembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara membuat diagram lingkaran dari sebuah tabel yang telah ada.

Yuk kita mulai pembahasan kali ini dengan mengenal diagram lingkaran..

Pengertian Diagram Lingkaran

Diagram Lingkaran atau juga disebut dengan diagram pie, adalah sebuah diagram yang menyajikan data dalam bentuk lingkaran. Manfaat dari diagram lingkaran yakni memudahkan seseorang untuk mengetahui perbandingan dari suatu data terhadap keseluruhan data. Dengan memanfaatkan Diagram lingkaran, untuk melakukan perbandingan antara sebuah data dengan data yang lainnya, makan pada sebuah lingkaran penuh akan dibagi menjadi beberapa ruas menggunakan jari – jari.

Penyajian atau pemaparan data yang sering dijumpai pada diagram lingkaran ada dua macam, yakni dalam bentuk persen (%) dan bentuk Derajat (°). Ketika data disajikan menggunakan bentuk persen, maka nilai dari 1 buah lingkaran penuh adalah 100%. Namun jika data disajikan dalam bentuk derajat, maka nilai dari 1 buah lingkaran penuh adalah 360°.

Mengenai tabel, Tabel merupakan salah satu bentuk diagram yang penyajian datanya berbentuk  susunan kolom yang dibatasi oleh garis pembatas. Setelah mengenal apa yang itu diagram lingkaran dan tabel, Selanjutnya kita akan sama-sama belajar membuat diagram lingkaran dari sebuah data tabel yang telah diketahui.

Baca Juga: Mengenal Diagram Venn : Matematika Kelas 7

Langkah-Langkah Membuat Diagram Lingkaran

Hal yang perlu dilakukan ketika akan membuat diagram lingkaran menggunakan data tabel , yakni kita perlu mengubah satuan untuk tiap-tiap data yang telah diketahui nilainya pada tabel yang telah ada. Selanjutnya menentukan apakah akan kita sajikan dalam bentuk diagram lingkaran dengan satuan persen / derajat.

Mudahnya, ketika membuat diagram lingkaran, baik itu dengan bentuk derajat atau persen yakni kita bandingkan tiap-tiap ruas bagian data menggunakan rumus perhitungan sudut seperti berikut:

Ruas Sudut = (Nilai data / total data) x 360°

Ketika data telah diketahui ingin kita ubah kedalam bentuk persen (%), pada tiap tiap data yang akan dimasukkan di diagram lingkaran, rumus yang bisa dipakai adalah sebagai berikut..

Nilai persen = (Nilai data/total data) x 100%

Dari penjelasan diatas, maka bisa simpulkan bahwa cara dan langkah membuat sebuah diagram lingkaran adalah sebagai berikut:

  • Menghitung Keseluruhan data dari semua nilai pada tabel
  • Menghitung besarnya sudut untuk tiap-tiap bagian data menggunakan rumus: (Nilai data / total data) x 360°
  • Atau jika nilainya ingin dirubah kedalam persen, bisa kita gunakan rumus persamaan: (Nilai data/total data) x 100%. Langkah selanjutnya..
  • Membuat lingkaran utuh dan membagi-bagi lingkaran menjadi beberapa ruas yang besar sudutnya disesuaikan dengan data. (membagi ruas besarnya sudut bisa dengan mudah jika menggunakan busur derajat).

Baca Juga: Cara Menghitung Setengah Lingkaran dan Contoh Soalnya!

Cara Membuat Diagram Lingkaran Dalam Bentuk Derajat

Coba perhatikanlah gambar tabel berikut yang berisi tentang data-data pekerjaan warga dari sebuah desa. Selanjutnya buatlah diagram lingkaran dalam bentuk derajat sesuai dengan data yang ada pada tabel tersebut!

Pembahasan:

Pertama-tama: Kita hitung jumlah keseluruhan data dari nilai yang terdapat pada tabel:

Jumlah Warga Desa = PNS + Buruh + Pedagang + Petani
Jumlah Warga Desa = 20 + 25+ 30+ 45
Jumlah Warga Desa = 120 Orang

Langkah Kedua: Kita hitung besarnya sudut untuk tiap-tiap bagian dengan rumus:(Nilai data / total data) x 360°
PNS = (20/120) x 360° = 60°
Buruh = (25/120) x 360° = 75°
Pedagang = (30/120) x 360° = 90°
Petani= (45/120) x 360° = 135°

Langkah Ketiga: Kita buat lingkaran utuh dan membaginya menjadi beberapa bagian yang disesuaikan dengan besarnya sudut untuk tiap-tiap data menggunakan busur derajat, caranya yakni;

1.  Membuat lingkaran penuh, selanjutnya membuat sebuah garis jari-jari lingkaran dari garis atas pada lingkaran menuju pusat lingkaran.

2. Selanjutnya membuat garis dengan sudut 60° yang diukur dari jari-jari sebelumnya sebagai bagian PNS,

3. Kemudian, membuat kembali ruas garis yang baru dengan sudut 75°dari jari-jari sebagai bagian buruh,

4. Membuat lagi ruas garis dengan sudut 90° dari ruas garis pembentuk sudut 75° sebagai bagian Pedagang,

5. Terakhir membuat ruas garis dengan sudut 135° dari ruas garis 75° sebagai bagian Petani. Sehingga jika digambarkan akan seperti berikut;

Baca Juga: Cara Menentukan Kelipatan dan Faktor Bilangan

Cara Membuat Diagram Lingkaran Dalam Bentuk Persen

Coba amati tabel dibawah ini, yang berisi tentang beberapa hobi dari Murid kelas 7. Selanjutnya buatlah sebuah diagram lingkaran dengan bentuk persen dari data tabel yang disajikan!

Pembahasan:

Pertama-tama: kita hitung jumlah keseluruhan data dari semua nilai yang ada pada tabel..

Jumlah Murid = Olahraga + Membaca + Melukis + Menari
Jumlah Murid = 30 + 20 + 15 + 10
Jumlah Murid = 75 Anak

Langkah Kedua: Menghitung besarnya sudut untuk tiap-tiap bagian dengan menggunakan rumus:(Nilai data / total data) x 360°

Olahraga = (30/75) x 360° = 144°
Membaca = (20/75) x 360° = 96°
Melukis = (15/75) x 360° = 72°
Menari = (10/75) x 360° = 48°

Langkah ketiga: Kita hitung besarnya sudut untuk masing masing bagian data menggunakan rumus:(Nilai data/total data) x 100%

Olahraga = (30/75) x 100% = 3000/75 = 40%
Membaca = (20/75) x 100% = 3000/75 = 26,7%
Melukis = (15/75) x 100% = 3000/75 = 20%
Menari = (10/75) x 100% = 3000/75 = 13,3%

Langkah ke-empat: Kita buat sebuah lingkaran penuh dan membaginya dengan ruas-ruas bagian dengan besar sudut yang sesuai dengan tiap-tiap data menggunakan busur derajat, yakni sebagai berikut;

1. Mula-mula, buatlah sebuah lingkaran utuh, kemudian tarik sebuah garis dari titik pusat lingkaran ke arah atas untuk membuat garis jari jari lingkaran,

2. Selanjutnya, membuat garis dengan sudut 144° dari jari-jari yang telah dibuat (Pada langkah 1) sebagai bagian ruas Olahraga.

3. Kemudian, Membuat  lagi garis dengan sudut 96° dari ruas garis pembentuk sudut 144° sebagai bagian ruas Membaca.

4. Buat lagi, garis dengan sudut 72° dari ruas garis pembentuk sudut 96° sebagai bagian ruas Melukis.

5. Terakhir membuat ruas garis dengan sudut 48° dari ruas garis pembentuk sudut 72° sebagai bagian ruas Menari. Sehingga Jika digambarkan, hasilnya adalah seperti Berikut..

Demikianlah sobat, sedikit materi mengenai cara membuat diagram lingkaran dari sebuah tabel dalam bentuk derajat dan persen. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa lagi dikesempatan yang lain.. 😀😀😀

donbull:
X

Headline

Privacy Settings