X

Yuk Belajar! Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang

Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang – Hi sobat rumushitung, jika mendengar nama jajar genjang, Apa yang sobat pikirkan? Tahukah sobat, apa jajar genjang itu?. Jajar genjang merupakan salah satu bangun datar yang memiliki ukuran pada tiap-tiap sisinya, sehingga bisa dihitung nilai dari luas, keliling , dan sisi-sisi lainnya. Nah, kali ini admin akan mengajak sobat semua untuk belajar mengenai rumus luas, keliling jajar genjang, dan contoh soalnya.

Lebih jelasnya, yuk simak materi lengkap kali ini..

yuk kita kenalan dengan jajar genjang..

Pengertian Jajar Genjang

Sebelum lanjut ke rumus luas dan keliling jajar genjang, ada baiknya sobat memahami dahulu pengertian dari jajar genjang. Jajar genjang adalah bangu datar segi empat yang dibentuk oleh empat buah sisi, dengan sisi yang berhadapan memiliki panjang yang  sama.tn datar ini juga memiliki 2 buah garis diagonal, namun panjangnya tidak sama.

Jajar genjang tidak mempunyai sumbu simetri lipat, tapi mempunyai simetri putar tingkat 2. Untuk penjelasan selengkapnya mengenai jajar genjang, coba simak sifat-sifat pada jajar genjang berikut ini…

Sifat-sifat Jajar Genjang

Dari penjelasan yang telah kita simak sebelumnya, maka bisa diambil sebuah kesimpulan mengenai sifat-sifat jajar genjang, yakni sebagai berikut..

  • Mempunyai empat buah sisi,
  • Mempunyai empat titik sudut,
  • Mempunyai dua pasang sisi sejajar dan sama panjang.
  • Sudut-sudut yang berhadapan sama besar ,
  • mempunyai dua buah sudut tumpul, dan dua sudut lancip,
  • Mempunyai dua buah diagonal yang tidak sama panjang,
  • Tidak mempunyai simetri lipat,
  • Mempunyai simetri putar tingkat dua

Baca Juga: Cara Menentukan Kelipatan dan Faktor Bilangan

yuk lanjut ke materi..

Rumus Luas, keliling, Alas, Tinggi dan Sisi Jajar Genjang

Jajar genjang merupakan salah satu bangun datar yang mempunyai dua buah pasang sisi yang sejajar. Jarak yang tercipta diantara sisi yang sejajar merupakan tinggi jajar genjang. Adapun sisi yang tegak lurus dengan tingginya bisa dijadikan sebagai alasnya. Menurut ukuran pada jajar genjang yang sudah diketahui, maka bisa dihitung berapa luas, keliling , serta tiap-tiap sisinya menggunakan rumus sebagai berikut…

Luas (L) = a x t
Keliling (K) = 2 x (a + b)
Alas (a) = L : t
Tinggi (t) = L : a
Sisi Alas (a) = (K : 2) – b
Sisi miring (b) = (K : 2) – a

Yuk kita bahas satu persatu rumus diatas..

Baca Juga: Cara Membuat dan Menghitung Diagram Lingkaran

Rumus Luas Jajar Genjang

Rumus Luas Jajar Genjang adalah sisi alas dikali tinggi, jika ditulis maka rumusnya yakni L = a x t. Untuk lebih mudahnya dalam memahami rumus untuk menghitung luas jajar genjang tersebut, coba perhatikan contoh soal berikut..

Menghitung Luas Jajar Genjang

Jika diketahui, sebuah jajar genjang mempunyai ukuran alas 12 cm, dan tingginya 16 cm. Hitunglah luas dari jajar genjang tersebut!

Penyelesaian:

L = a x t
L = 12  x 16
L = 192 cm²

Jadi, luas jajar genjang tersebut adalah 192 cm²

Rumus  Keliling Jajar Genjang

Rumus untuk mencari keliling jajar genjang adalah dua kali jumlah sisi sejajar dan sisi miring. JIka sisi yang sejajar kita ibaratkan sebagai a, dan sisi miring sebagai b, maka rumus mencari keliling jajar genjang bisa dituliskan, K = 2  x ( a + b ).

Coba simak contoh soal berikut..

Menghitung Keliling Jajar Genjang

Contoh..

Diketahui sebuah jajar genjang mempunyai ukuran panjang sisi yang sejajarnya 14 cm, dan sisi miringnya 11 cm. Hitunglah berapa keliling dari jajar genjang tersebut!

Penyelesaian:

K = 2 x (a + b)
K = 2 x (14 + 11)
K = 2 x 25
K = 50 cm

Jadi, keliling jajar genjang tersebut adalah 50 cm.

Baca Juga: Cara Mengkonversi Satuan Volume dan Contoh Soalnya!

lanjut ke,,

Rumus Alas Jajar Genjang

Rumus untuk menentukan ukuran sisi alas pada jajar genjang yaitu ukuran luas dibagi dengan tinggi, atau jika dituliskan, a = L : t. Coba simak contohnya..

Menghitung  Alas Jajar Genjang

Jika diketahui, luas sebuah jajar genjang adalah 60 cm², dan tingginya 8 cm. Tentukanlah panjang dari alas jajar genjang tersebut!

Penyelesaian;

a = L : t
a = 60 : 8
a = 7,5 cm

Jadi, panjang alas jajar genjang tersebut adalah 7,5 cm.

Rumus Tinggi Jajar Genjang

Rumus untuk menentukan ukuran tinggi dari jajar genjang yaitu luas dibagi dengan sisi alas,atau jika dituliskan t = L : a. Simak contoh perhitungannya berikut..

Menghitung Tinggi Jajar Genjang

Jika sebuah jajar genjang luasnya 300 cm² dan alasnya 20 cm². Berapakah tinggi dari jajar genjang tersebut?

Penyelesaian:

t = L : a
t = 300 : 20
t = 15 cm

Jadi, tinggi jajar genjang tersebut adalah 15 cm.

Rumus Sisi Alas Jajar Genjang

Rumus untuk menghitung sisi alas jajar genjang yaitu, keliling dibagi dua kemudian dikurangi panjang sisi miring. Jika kita umpamakan sisi alas sebagai a, dan sisi miring sebagai b, maka rumus jajar genjang bisa dituliskan, a = (K :2) – b. Untuk lebih mudahnya, simak contoh soal berikut…

Menghitung Sisi Alas Jajar Genjang

Diketahui, keliling jajar genjang 118 cm. Jika panjang sisi miringnya 28 cm, hitunglah panjang sisi alas jajar genjang tersebut!

Penyelesaian:

a = ( K : 2 ) – b
a = (118 : 2 ) – 28
a = 59 – 28
a = 31 cm

Jadi, sisi alas jajar genjang tersebut adalah 31 cm.

Baca Juga: Cara Menghitung Setengah Lingkaran dan Contoh Soalnya!

Rumus Sisi Miring Jajar Genjang

Rumus untuk mencari sisi miring jajar genjang adalah keliling dibagi dua, kemudian dikurangi panjang sisi alas. Jika a kita umpakan sebagai alas, dan b sebagai sisi miring, maka rumus sisi miring jajar genjang bisa ditulis.. b = (K : 2) – a. Coba perhatikan contoh soal berikut..

Menghitung Sisi Miring Jajar Genjang

Diketahui, sebuah jajar genjang mempunyai keliling 160 cm. Jika panjang sisi alasnya adalah 43 cm. hitunglah berapa sisi miring jajar genjang tersebut!

Penyelesaian:

b = (K : 2) – a
b = (160 : 2) – 43
b = 80 – 43
b = 37 cm

Jadi, sisi miring jajar genjang tersebut adalah 37 cm.

Demikianlah sobat, sedikit materi mengenai Rumus jajar genjang dan keliling jajar genjang dan contoh soalnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di kesempatan yang lainnya 😀😀😀

Categories: rumus matematika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings