X

Pengertian Statistika Fungsi Jenis dan Rumusnya

Hai sobat rumushitung – Dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang kita ketahui, bahwa belajar matematika sangat dibutuhkan. Tahukah sobat, pada pelajaran matematika, ada satu materi yang disebut dengan statistika. Jika belum tahu, yuk kita sama-sama belajar mengenai penjelasan, Statistika fungsi jenis, dan rumus-rumusnya.

A. Pengertian Statistika

Apa itu statistika? sebelum membahas mengenai statistika lebih jauh, sobat harus tahu mengenai pengertian dari kata tersebut. Adapun secara umum, Statistika merupakan sebuah ilmu yang berkaitan dengan data-data.

Ilmu statistika sendiri merupakan, ilmu yang berkaitan dengan bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, serta mempresentasikan data yang telah dikumpulkan.

B. Kegunaan dan Fungsi dari Statistika

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kegunaan dari ilmu statistika yang bisa dijumpai penerapannya di kehidupan sehari-hari:

  • Ilmu statistika dapat diterapkan pada bermacam bidang ilmu, seperti pada ilmu alam, biologi, astronomi, dan juga ilmu sosial termasuk psikologi dan sosiologi, industri, ekonomi dan bisnis.
  • Pemerintah sering memanfaatkan statistika untuk keperluan pengumpulan data seperti pada sensus penduduk.
  • Di bidang komputasi, Statistika kerap dimanfaatkan untuk membantu dalam pengumpulan data seperti, quick count, polling, dan sebagainya.

Baca Juga: Bentuk-Bentuk Pecahan dan Cara Mengubahnya!

C. Jenis-jenis statistika

Berikut ini merupakan 2 jenis statistika:

1. Deskriptif

Jenis statistika ini untuk hasil data yang diperoleh ditunjukkan menggunakan grafik atau tabel. Penggunaan bentuk data berupa grafik dan tabel bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami data yang disampaikan.

2. Inferensial

Berbeda dengan jenis deskriptif, statistika jenis ini menggunakan pemodelan data serta membutuhkan analisis untuk mengambil keputusan.

Contohnya, pemodelan data yang dipakai untuk membuat pemodelan hubungan seperti deret waktu, regresi, korelasi, ANOVA, dan sebagainya, membuat estimasi untuk pengamatan dimasa yang akan datang, pengujian hipotesis dan lain-lain.

D. Rumus-Rumus  Statistika

Yuk kita bahas mengenai rumus-rumus statistika yang sering digunakan untuk mengetahui data yang akan disampaikan. Berikut ini adalah 3 Rumus yang sering digunakan, diantaranya:

1. Rumus Rata-rata

Sobat bisa menggunakan rumus rata-rata berikut untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai hasil rata-rata dari data yang tersedia.

Jika sobat menemukan data tunggal yang ingin diketahui rata-ratanya, bisa menggunakan rumus berikut ini:

Atau secara umum rumus diatas sama dengan:

Nilai Rata-rata = Jumlah nilai / banyaknya data

Akan tetapi, jika sobat menjumpai data majemuk atau data berkelompok, bisa menggunakan rumus berikut ini:

Keterangan:

x = Mean (rata-rata)

n = Banyaknya data

xi = Nilai data ke-i

fi = Nilai dalai ke-i

Baca Juga: Pengertian Energi Mekanik, Rumus dan Contoh Soalnya!

2. Rumus Median

Pada Saat Sobat menjumpai sebuah data, dan ingin mengetahui nilai data yang ada di posisi tengah-tengah, sobat bisa menggunakan rumus median ini, Dengan menggunakan rumus ini, sobat bisa membagi data tersebut menjadi dua bagian yang sama besar.

Median dapat disingkat / dilambangkan dengan “Me”. Sobat bisa menggunakan rumus dibawah ini untuk menghitung data tunggal yang berjumlah genap:

Adapun untuk data tunggal yang berjumlah ganjil bisa menggunakan rumus:

dan untuk data yang berkelompok rumusnya sebagai berikut:

Keterangan:

Tb = Tepi bawah kelas median
n = Banyaknya data,
fk = jumlah frekuensi kelas median,
fi=frekuensi kelas median
p=panjang intervals

3. Rumus Modus

Jika Sobat ingin mengetahui data yang mempunyai frekuensi tertinggi atau data yang sering muncul pada suatu data, maka gunakanlah rumus modus ini, Modus biasa disingkat dan dilambagkan dengan “Mo”.

Jika sobat ingin mengetahui modus untuk data tunggal, sobat bisa mencarinya secara manual dengan melihat data mana yang sering muncul.

Akan tetapi, untuk mencari data yang berkelompok, bisa menggunakan rumus yang satu ini:

Keterangan:

Tb=tepi bawah kelas modus
p=panjang intervals
d1=selisih frekuensi dengan frekuensi sebelumnya
d2=sesisih frekuensi dengan frekuensi sesudahnya

Baca Juga:Cara Menghitung Persen, Rumus dan Contoh Soalnya

Demikianlah Sobat, Sedikit penjelasan mengenai pengertian Statistika Fungsi Jenis dan rumusnya yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa lagi di kesempatan yang lain 🙂

Categories: statistika
donbull:
X

Headline

Privacy Settings