X

Kiat-Kiat Sukses Ujian Nasional

Kiat Sukses Ujian Nasioanal (Tips Sukses Ujian Nasional) – Sobat hitung, ujian atau ujian nasional adalah satu hal yang hampir pasti kita hadapi di tiap akhir jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Momok menakutkan? Tentu saja itu tergantung dari persiapan kita. Ketika kita perang dengan berbekal senjata perang yang lengkap supercanggih, tentu saja musuh apapun ngga akan ada yang jadi momok menakutkan. Malah sebaliknya, kita yang jadi momok menakutkan buat mereka. Lain halnya jika kita perang berbekal bambu runcing maupun ketapel, pasti musuh sekelas ujian nasional ngga Cuma jadi momok yang menakutkan, bisa-bisa jadi monster mengerikan.
Lalu apakah cukup hanya dengan persiapan atau bekal yang memadai? Belum, untuk sukses melewati ujian nasional diperlukan kiat-kiat sukses ujian nasional khusus dan juga strategi menghadapi ujian nasional yang jitu. Berikut ini saya coba share kiat-kiat sukses ujian nasionalnya terutama untuk mata pelajaran matematika. Apa saja kiat atau tips sukses ujian nasional tersebut? mari simak uraian berikut

Kiat-kiat sukses ujian nasional

Lakukan Persiapan dalam waktu yang cukup sebelum hari H ujian nasional.

Ujian nasional bukan seperti hujan yang datang tiba-tiba tanpa bisa diprediksi. Ujian nasional sudah terjadwal, jadi kita bisa menentukan kapan kita harus mulai mempersiapkannya. Jadi Kiat Sukses Ujian nasional yang bisa kalian lakukan adalah ambil waktu yang cukup untuk persiapan. Tentu saja waktu persiapan yang panjang tidak selalu lebih baik dari yang lebih singkat. Kuncinya adalah kualitas persiapan kita. Persiapan ini dapat dilakukan dengan:

Siapkan materi yang masuk dalam ujian nasional

Anda bisa mulai survey singkat materi-materi apa saja yang masuk ujian. Mulailah membaca materi-materi awal kelas satu atau kelas XI jauh-jauh hari. Buat rangkuman singkat. Itu akan sangat membantu. Kalau malas membuat rangkuman, beli saja buku rangkuman materi ujian nasional, biasanya banyak tersedia di toko buku atau dari disediakan oleh sekolah.

Tetapkan target dan strategi menghadapi ujian nasional

Anda sudah tahu materi ujiannya dan anda punya waktu sekian, segera tetapkan strategi dan target untuk bisa menguasai materi ujian nasional. Misalnya sebulan ini untuk materi kelas X, sekian bab tiap pekan, dan sebagainya. Setelah anda tetapkan target dan strategi, konsistenlah untuk melakukannya karena kiat sukses ujian nasional ini sangat menentukan

Sediakan waktu lebih untuk latihan soal

Untuk matematika, mutlak harus banyak latihan soal. Susah kalau cuma mengandalkan membaca teori matematika, masalahnya di ujian itu hampir tidak ada yang menanyakan teori. Kita langsung praktek dengan angka dan angka. Ambilah waktu paling nyaman. Tidak harus lama, yang penting fokus, serius, dan dinikmati. InsyaAlloh Hasilnya Berkualitas.

Pelajari tipe-tipe soal yang sering keluar di tahun-tahun sebelumnya.

Kiat sukses ujian nasional ini boleh dibilang sangat penting. Soal ujian nasional tipe-tiipenya ya itu-itu saja. Kadang ada perubahan tapi ngga tiap tahun. Yang berubah tiap tahun hanya angka dan bentukanya dengan sedikit modifikasi. Mempelajari tipe soal juga penting dalam menentukan strategi belajar.

Selektif Membaca materi

Membaca materi penting untuk persiapan menjelang ujian. Akan tetapi jika anda membaca materi yang kemudian terlalu melebar atau malah justru terlalu sedikit itu tidak akan efektif. Anda akan semakin bingung dan panik atau akan sedikit yang anda kuasai. Selektif membaca. Sediakan porsi lebih untuk materi yang paling banyak keluar, misalnya materi ditingkat akhir.

Buat Checklist atau semacamnya

Cheklist akan membantu memonitor mana yang belum dipelajari, mana yang sudah bisa, man yang masih kurang. Buatlah checklist. Itu sangat membantu, bisa jadi acuan sasaran belajar kita. Dalam artikel kiat sukses ujian nasional ini saya ingin share beberapa tips dan kiat sukses ujian nasional berikut ..

Kita Sukses Ujian Nasional : Tips Sehari Sebelum Ujian Nasional

Jangan Panik Jika Banyak Materi yang Belum dipelajari

Jika sehari sebelum ujian nasional masih banyak materi yang belum dikuasai, JANGAN PANIK. Tetap fokus. Panik akan membuyarkan konsentrasi anda dan itu bisa membuyarkan nilai ujian anda. Segera buat prioritas. Pelajari materi ujian yang paling banyak keluar dulu. Kalu ada, pelajari rangkuman yang esensial. Sebisa mungkin hindari membaca materi di buku-buku yang tebal. Bagi sebagian orang itu akan memicu atau menambah kepanikan.

Sebisa mungkin hindari sistem kebut semalam atau wayangan

Kalau persiapan sudah matang dan dimulai jauh-jauh hari mungkin cara belajar ini lebih baik dihindari. Istirahat aga awal. Cari sedikit hiburan biar fresh besoknya. Hasilnyapun akan lebih baik. Jika memang persiapan kurang bisa memakai sistem kebut semalam tapi dengan catatan sebagai berikut:

  1. Kondisi badan sehat dan benar-benar fit. Jangan sampai karena begadang lalu jatuh sakit sehingga mengganggu ujian. Salah-salah malah anda tidak dapat mengikuti ujian keesokan harinya.
  2. Totalitas sekalian. Kalau kepepet pakai SKS (sistem kebut semalam) jangan tanggung-tanggung. Sebentar tidur sebentar bangun dan kadang ujung-ujunganya ketiduran. Niatkan mau belajar sekalian begadang. Sediakan kopi dan cemilan yang cukup. Kalau begadangnya sampai menjelang pagi, jangan tidur, sekalian nanti setelah ujian. Takutnya nanti ketiduran dan bangun kesiangan.

Lakukan review ringan dan jangan belajar terlalu berat

Buat yang persiapannya bagus, sehari sebelum ujian cukup lakukan review ringan. Rilekskan badan, olah raga, makan yang enak. Hindari konflik apapun yang bisa mengganggu fokus ujian. Entah itu dengan teman, keluarga, tetangga, atau mungkin pacar.

Berdoa dan minta restu orang tua

Jangan lupa berdo’a dan minta doa restu orang tua. Percayalah ini sangat-sangat membantu. Jangan sampai terlewat ya kiat sukses ujian nasional yang satu ini.

Kiat Sukses Ujian Nasional : Kiat Mengerjakan Ujian Nasional

  1. Pastikan semua alat tulis dan perlengkapan ujian yang lain lengkap. Mulai dari pulpen, pensil, penggaris, kertas coretan (kalau boleh), tatakan, penghapus, rautan pencil, dsbg. Sediakan 2 pencil mungkin lebih baik. Kalau tidak ada anda bisa meraut di kedua ujungnya (atas bawah)
    Fokus dan tenang.
  2. Jaga fokus anda ketika ujian. Jangan mudah terpengaruh dengan melihat teman sebelum atau ketika ujian. Saat mengerjakan, kendalikan emosi mengerjakan anda. Ubah mainset anda soal image buruk (susah) nya ujian nasional untuk beberapa jam kedepan. Berpikir positif, anda bisa menyelesaikannya dengan baik.
  3. Kerjakan soal yang paling mudah. Itu tips umum mengerjakan berbagai macam ujian. Tambahan dari saya, jangan terlalu berlama-lama dengan satu soal. Standardnya, ketika anda mencoba mengerjakan satu soal dan memakan waktu lebih dari rata-rata waktu mengerjakan satu soal (waktu/jumlah soal) segera berpindahlah. Anda bisa mengerjakannya nanti di sisa waktu.
  4. Sediakan 5 atau 10 menit untuk mengecek ulang. Jangan buru-buru keluar jika sudah selesai. Luangkan 5 atau 10 menit untuk mengecek jawaban anda. Siapa tahu masih ada yang salah yang bisa dibetulkan. Lumayan.

Kiat Sukses Ujian Nasional : Tips Setelah Mengerjakan Ujian Nasional

Rilekskan pikiran anda. Syukuri apa yang bisa anda kerjakan. Walaupun belum kelihatan hasil ujiannya, telah berhasil melewati ujian juga merupakan kemengan kecil. Rayakan itu. Makan yang enak ata sekedar jalan-jalan dengan teman-teman. Akan tetapi jangan lupa untuk tetap menyiapkan ujian berikutnya. Okey sobat, itu tadi kiat-kiat sukses ujian nasional. Belajar ya, ujian nasional 2013 sudah dekat lho.. Semoga Kiat-kiat sukses ujian nasional ini bisa bermanfaat. 😀

Penelusuran terkait kiat sukses ujian nasional 2012, kiat sukses ujian akhir nasional, tips kiat sukses ujian nasional, kiat sukses ujian nasional 2011, kiat sukses hadapi un, kiat sukses sukses  ujian nasional 2013

Categories: ujian nasional
donbull:
X

Headline

Privacy Settings