X

Hukum Newton Si Bocah Ajaib

Hukum Newton – Sobah hitung, siapa hayo Sir Isaac Newton itu? apa pula hukum newton itu? Let’s Hehehe tanpa basa basi langsung check this out. 😀
Newton si bocah ajaib asal Inggris ini, hehe kaya judul film, mengeluarkan tiga hukum penting yang diberinama hukum newton. Adapun ketiga hukum tersebut sebagai berikut :

1. Hukum Newton 1

Bunyi hukum newton satu itu “Bahwa Benda yang tidak dipengaruhi gaya dari luar atau dipengaruhi gaya dengan resultan nol akan tetap melaju dalam kecepatan tetap” Hukum ini juga dikenal dengan nama hukum kemalasan atau kelembaman. Secara matematis hukum newton bisa ditulis seperti berikut

maka V = Tetap

Contoh Hukum Newton 1 : Ketika anda berada di dalam kendaraan seperti mobil yang sedang melaju dan tiba-tiba sopir ngerem mendadak pasti tubuh kita akan terlempar.

2. Hukum Newton 2
Bunyi hukum 2 newton menjelaskan tetang timbulny percepatan adalah hasil dari total gaya yang bekerja pada sistem dibagi dengan massa pada sistem tersebut.

Rumus Hukum Newton 2 secara matematis

Buat sobat hitung, rumus/pesamaan di atas bisa disederhanakan agar mudah diingat dengan

a = Kurang/Tambah

jadi a merupakan pembagian dari selisih gaya dengan jumlah total masa.

Contoh Hukum Newton 2
Tukang air yang sedang mendorong gerobaknya tiba-tiba anda bantuk dorong dari belakang. Gaya dorong yang anda berikan akan bertambah cepat karena ada percepatan yang dihasilkan dari gaya dorong anda.

Contoh Soal Hukum Newton 2

Sebuah meja seberat 10 kg yang diatasnya ada tumpukan buku seberat 5 kg anda tarik ke arah kanan dengan gaya 500 N dan adik anda menariknya ke arah kiri dengan gaya 100 N. Berapakah percepatan meja dan buku tersebut?

Pembahasan

Kita cari dulu resultan gaya yang bekerja pada meja dan buku tersebut kemudian kita bagi dengan jumlah massa meja dan buku

a =Kurang/Jumlah = (500-100)/(10+5) = 400/15 = 26,67 m/s2

3. Hukum Newton 3

Hukum 3 Newton mejelaskan bahwa munculnya gaya reaksi itu apabila terdapat gaya aksi. Hukum ini dikenal dengan hukum aksi-reaksi. Misalnya, sebuah benda di dorong dengan gaya F, maka benda itu akan melawan gaya tersebut dengan F pula sebagai bentuk reaksi.

Faksi = F reaksi

Contoh Hukum Newton 3
Salah satu gaya aksi rekasi yang paling umum adalah gaya normal. Gaya normal adalah gaya yang tegak lurus dengan bedang sentuh.

gaya normal (N)

Sekian sobat, semoga artikel sederhana soal hukum newton bisa membantu belajarnya. Semangat 😀

Categories: rumus fisika
donbull:
X

Headline

Privacy Settings