X

Apa Pengertian Biologi?

Apa pengertian Biologi? Ketika sobat hitung ngobrol dengan ayah sobat, pernahkah kalian berpikir, kenapa ya saya mirip dengan ayah.Untuk menjawab pertanyaan itu sobat bisa mencari banyak referensi dari berbagai disiplin ilmu, salah satunya adalah ilmu biologi. Biologi mempelajari hereditas dan genetik yang tentu saja berkaitan dengan sifat-sifat yang diturunkan oleh makhluk hidup. Lalu apa sebenarnya biologi itu? Apa pengertian biologi? Apa saja yang dipelajari dari disiplin ilmu ini?

Pengertian Biologi

Secara ringkas pengertian biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup dan berbagai proses vital yang dialami makhluk hidup. Ilmu ini mencakup makhluk hidup paling sederhana seperti protoza, hingga makhluk hidup yang kompleks seperti manusia. Bayangkan saja cakupan ilmu ini. Ada lebih sekitar 4 juta jenis makhluk hidup di muka bumi ini. Oleh karena cakupan ilmu biologi ini masih begitu luas, ilmu ini kemudian dipecah menjadi berbagai cabang disiplin ilmu. Contohnya botani, mempelajari tanaman. Zoologi, mempelajari hewan. Virologi, cabang ilmu biologi yang mempelajari virus, biologi sel memepelajari tentang sel, entomologi memepelajari tentang serangga, dan lain sebagainya. Tak hanya memepelajari makhluk hidup secara parsial, biologi juga mempelajari interaksi antara jenis-jenis makhluk hidup termasuk interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya (termasuk benda mati)

Definisi/ pengertian biologi menurut asal katanya

Orang yunani mengatakan ilmu ini berasal dari dua kata, bios dan logos (βiος dan λόγος). “Bios” dalam bahasa yunani berarti hidup dan “logos” bermakna ilmu. Jadi pengertian biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Sedangkan pengertian biologi menurut yang rumushitung.com kutip dari oxford dictionary, biology is the study of living organisms, divided into many specialized fields that cover their morphology, physiology, anatomy, behaviour, origin, and distribution. Kurang lebih berarti definisi biologi adalah ilmu tentang organisme hidup yang dibagi dalam cabang-cabang tertentu yang mencakup tentang morfologi, psikologi, anatomi, tingkah laku, asal usul, dan persebaran makhluk hidup.

Kapan mulai dikenal ilmu biologi?

Kapan dikenalnya ilmu biologi memang belum pasti. Yang jelas manusia sejak dari lama telah mengenal pengetahuan tentang lingkungan hidup di sekitarnya, baik tumbuhan maupun hewan. Ada yang menyebutkan biologi dikenal melalui relief yang ditinggalkan oleh bangsa asyura dan babilonia. Selain itu di mesir, pada 2500 SM, telah ada kuburan dan piramida yang menunjukkan bahwa jaman itu orang mesir telah mengetahui tentang berbagai makhluk hidup dan pemanfaatannya bagi hidup mereka seperti praktek terapi penyembuhan dengan tanaman obat, hewan ulat sutra untuk membuat kain, dan budidaya berbagai tanaman pertanian. Itulah tadi rangkuman singkat mengenai pengertian biologi. Semoga bisa menambah pemahaman kita tentang ilmu biologi.

Categories: biologi
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings