X

Ikatan Logam dan Sifatnya

Ikatan Logam dan Sifat Logam – Ikatan yang melibatkan unsur kimia ada banyak macamnya. Kita kenal ada yang namanya ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, ikatan non logam maupun ikatan logam. Masing-masing ikatankimia memiliki ciri dan karakteristika masing-masing. Kali ini kita akan belajar sedikit mengenai ikatan logam.

Apa itu Ikatan Logam?

Coba sobat hitung perhatikan bentuk fisik besi, seng, baja, aluminium, emas, dan beberapa logam lainnya, mereka berwujud padat lagi keras. Ini menggambarkan betapa kuatnya ikatan antar atom-atom dalam logam. Ikatan antar atom-atom tersebutlah yang kita namakan sebagai ikatan logam. Ikatan logam sangat khas, ia sangat kuat dan sukar sekali diputuskan. Ikatan ini berbeda sekali dengan ikatan kovalen seperti pada air. Air ketika kita panaskan sedikit saja ikatannya akan putus dan wujudnya berubah menjadi gas (menguap). Akibat dari ikatan antar atomnya yang kuat, logam punya daya hantar padas dan listrik yang sangat baik. Sekarang timbul pertanyaan apa yang menyebabkan logam menjadi penghantar panas dan listrik yang baik?

Teori “Lautan Elektron

Seorang ahli fika asal jerman bernama Paul Drude mengemukakan teori lautan elektron mengenai ikatan logam. Dalam teorinya, Paul mengungkapkan pada logam, elektron valensi bergerak bebas, gampang terdelokalisasi, sangat mobile, dan setiap elektron tidak terhubung hanya pada satu init atom tertentu. jadi elektron tersebut layaknya lautan yang bebas, bergerak kemanapun.

Lautan elektron yang mengelilingi proton berfungsi sebagai bantal. Ketika logam ditempa maka komposisi logam tidak akan ada yang hilang. Hal yang terjadi hanyalah perubahan bentuk menyesuaikan lokasi proton.

Sifat-sifat Logam

Berikut ini beberapa sifat logam (sifat fisika) yang dapat dijelaskan melalui ikatan logam yang ada di dalamnya :

  1. Logam Bersifat Mengkilap
    Elektron yang bebas bergerak pada logam dapat menyerap foton cahaya. sebagian elektron bergerak tersebu akan eksitasi. Eksitasi adalah proses penyerapan energi radiasi oleh atom tanpa terjadi ionisasi. Ketika elektron tereksitasi maka tingkat energinya akan meningkat. Ketika elektro tereksitasi tersebut kembali ke keadaan semula akan memancarkan gelombang tertentu (gelombang cahaya tampak) sehingga akan tampak mengkilap.
  2. Logam Bersifat Menghantarkan Listrik
    Karena elektron bebas , jika elektron dari sumber luar (listrik) didorong ke dalam kawat logam di salah satu ujung , elektron akan bergerak melalui kawat dan keluar di ujung lain pada tingkat yang sama. Mudahnya elektron yang bergerak merupakan sarana transportasi bagi muatan-muatan listrik.
  3. Logam Bersifat Menghantarkan Panas
    Kemampuan logam sebagai pengantar panas yang baik juga disebabkan oleh adanya elektron valensi yang bergerak bebas. Pada peristiwa konduksi, bila bagian ujung sebuah logam sobat panaskan maka energi akan diserap oleh elektron yang menyebabkan bertambahnya energi kinetik elektron dan elektron akan bergerak semakin cepat. Elektron yang bergerak cepat akan menyalurkan energi ke elektron sebelahnya, begitu seterusnya sehingga seluruh bagian logam menjadi panas.
  4. Logam Dapat Ditempa, Dibengkokkan, dan Ditarik
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam ikatan logam, lautan elektron bak bantal yang mudah untuk berubah bentuk. Ikatan atom yang terjadi didalamnya tidak kaku seperti ikatan pada beberapa senywa kovalen (mudah pecah).

Okey itu tadi sobat sedikit mengenai ikatan logam dan sifat-sifatnya. Semoga materi tentang ikatan logam ini bisa menambah semangat belajarnya. 😀

sumber : http://chemwiki.ucdavis.edu

Categories: kimia rumus kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings