X

Tips Belajar Matematika ala Rumushitung.com

Oh ya sobat hitung ujian nasional sudah dekat lho, jangan lupa belajar yaaaaa. Kali ini rumushitung.com ingin berbagi tips belajar matematika, tepatnya bagaimana mengerjakan soal matematika. Siapa tahu berguna ketika sobat mengerjakan soal ujian nasional matematika atau soal ulangan atau mid semesteran. Bisa juga dijadikan tips belajar biar sukses nilai mat di sekolah.

Rumushitung yakin ada sebagian dari sobat yang sudah belajar tekun tapi kadang tetap saja sering salah atau gagal mengerjakan soal matematika. Nah barangkali tip mengerjakan soal matematika berikut bisa jadi membantu sobat ketik ujian nasional atau ulangan nanti. Matematika memang cukup susah. Akan tetapi sobat pasti setuju “kalau tahu carannya, tidak ada yang tidak bisa bukan?’

Tips Belajar Matematika dan Mengerjakan Soal Matematika

[su_dropcap style=”flat”]S[/su_dropcap]obat harus membiasakan membaca soal matematika hinga selesai dengan teliti. Ini akan membantu menemukan inti pertanyaan dan sobat bisa segera menentukan cara yang tepat untuk menemukan jawaban yang benar. Mungkin kita sering terburu-buru sehingga kurang teliti dan kebingungan jawabannya kok ngga ketemu-ketemu. Eh ternyata, kita salah baca soalnya! Tet..tot…

[su_dropcap style=”flat”]J[/su_dropcap]angan Buru-buru panik dengan bentuk soal yang kelihatannya “sangar”. Misalnya soal yang ada akar, pangkat, logaritma, atau trigonometri yang bertumpuk-tumpuk. Cobalah lihat yang sederhana yang bisa mulai dikerjakan.

[su_dropcap style=”flat”]S[/su_dropcap]ebisa mungkin buat lah gambar atau coret-coretan yang membantu menggambarkan jalan berpikir. Banyak soal matematika seperti soal cerita logika, himpunan, persamaan garis, lingkaran, dan soal-soal lain yang akan lebih cepat dan mudah sobat kerjakan bila digambar terlebih dahulu.

[su_dropcap style=”flat”]K[/su_dropcap]etika sobat sudah muter-muter ngga jelas, coret-coret banyak, dan belum ketemu jawabannya. Tariklah nafas lalu kembali cari kertas kosong dan mulailah mengerjakannya lagi. Ini akan membantu sobat lebih tenang dan lebih fokus pada pertanyaan. Bukan fokus mencari-cari mana yang salah dari apa yang sobat kerjakan sebelumnya.

[su_dropcap style=”flat”]A[/su_dropcap]sal tahu saja sobat kadang angka-angka dalam sebuah soal tidak semuanya dipakai. Kadanng juga ada angka yang harus diolah dulu hingga dapat angka yang bisa dimasukkan dalam rumus. Ada juga lho angka yang ngga penting sekali dan sengaja dibuat untuk menyesatkan bagi sobat yang ngga suka jalan yang benar. So, pinter-pinter ngenalin itu angka bakal dipakai atau angka buat mengalihkan isu soal.

[su_dropcap style=”flat”]I[/su_dropcap]ni problem yang sering sobat alami, masalah satuan. Buat amanya, bekerjalah ketika komponen perhitungan sudah memiliki satuan yang sama atau sudah sesuai (misal meter dengan sekon atau yang lain). Jawaban soal pilihan ganda kadang juga diberikan dengan jenis satuan yang berbeda. Sobat harus hati-hati masalah satuan. Salah satuan bisa-bisa ngga jadi nomor satu. Heheheh tips belajar matematika sederhana, tapi kita sering lupa.

[su_dropcap style=”flat”]P[/su_dropcap]ernahkah sobat sudah selesai menjawab soal dan menemukan jawabannya tapi masih merasa ada yang ngeganjal? Cobalah “zoom out” persoalan tersebut dan mainkan logika sobat. Kalau jawabannya segini logis ngga sih? Apa iya kalau panjang rusuk kubus diubah menjadi 3 kalinya volumenya akan 3 kali lebih besar? Cobalah 5-10 detik untuk zoom out soal tersebut. Siapa tahu ada yang ngga beres.

[su_dropcap style=”flat”]I[/su_dropcap]ni nih yang sangat penting saat mengerjakan soal matem. Masalah mental dan emosi saat mengerjakan. Jaga emosi sobat dan tetap percaya diri (bukan kepede-an). Fokus, yakin saya bisa mengerjakannya, yakin saya bisa matematika. Jaga emosi, kendalikann persaan jangan terlalu kalap (sombong) sama jangan terlalu minder.

[su_dropcap style=”flat”]L[/su_dropcap]ooping” cara ini kadang ampuh. Ketika stuck dengan sebuah persoalan matematika, tinggal saja dulu mengerjakan soal yang lain. Dengan begitu pikiran sedikit fresh dan ketika kembali ke soal semula sobat jadi bisa. Bisa juga anda menemukan sesuatu pada soal yang baru dikerjakan yang bisa digunakan menyelesaikan soal matematika yang sobat tinggalkan.

Tips belajar matematika pamungkas dari rumushitung.com, buat penyemangat sobat, sesulit apapun soal matematika yang dikejakan sampai wajah sobat kaya buku paket, masih lebih sulit usaha ortu buat cari uang sekolah. So jangan kecewakan mereka, not get the best of all but do your best, jangan elek-elekan.

Wah itu tadi 10 tips belajar matematika dari rumushitung.com. Semoga bisa memudahkan mengerjakan soal matematika dan tentu saja semoga sukses buat ujian 2014 kali. Keep trying, keep praying. InsyaAlloh..

Categories: rumus matematika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings