X

Kegunaan Senyawa Alkana

[su_dropcap size=”2″]L[/su_dropcap]uar biasa, tuhan menciptakan dunia dan seisinya memang tidak ada yang sia-sia. Tuhan juga menyediakan berbagai senyawa kimia yang berguna bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup yang lain. Kali ini kita akan membahas tentang kegunaan senyawa alkana di kehidupan manusia sehari-hari. Sedikit review, alkana merupakan senyawa hidrokarbon jenuh (ikatan tunggal) dengan rumus CnH2n+2. Tahukah sobat bahwa banyak benda-benda yang bermanfaat di sekitar kita ternyata disusun oleh senyawa hidrokarbon yang satu ini. Apa saja? Let’s check this out..

1. Gas Alam

Yang namanya gas alam ternyata hampir 80 % nya tersusun dari senyawa alkana yaitu metana (rumus CH4) dan 20% sisanya terdiri dari senyawa alkana lainnya seperti etana, propana, dan juga butana. Gas alam  yang diolah dan dikemas dalam tabung bisa menjadi bahan bakar alternatif selain minyak bumi. Sobat bisa lihat sendiri konversi minyak tanah ke gas elpiji. Gas alam yang ditaruh pada suhu minus 160 derajat  akan berubah wujud menjadi cair yang kita kenal dengan Liquified Petroleum Gas (populer dengan nama elpiji). Dalam bentuk inilah gas alam terasa sekali kegunaanya di kehidupan sehari-hari, mulai dari memasak, las, bahan bakar kendaraan (BBG), dan masih banyak lagi.

2. Metil Klorida atau Monoklor Metana (CH3Cl)

Seiring dengan kesadaran banyak pihak tentang penggunaan gas freon yang sudah tidak ramah lingkungan lagi, muncul yang namanya Metil Klorida. Senyawa yang dihasilkan dari reaksi subtitusi alkana dengan gas klor ini banyak digunakan sebagai pada pendingan kulkas. Zat ini lebih ramah lingkungan karena tidak merusak ozon.

3. Kloroform (CHCl3)

Kegunaan senyawa alakan berikutnya adalah kloroform. Kloroform merupakan hasil reaksi subtitusi metana dengan gas klor berlebih. Zat ini berupa cairan yang sering digunakan sebagai agen anastetik atau pemati rasa atau lebih dikenal dengan nama obat bius. Dalam dunia medis zat ini sangat penting guna membantu mengurangi rasa sakit saat operasi. Tidak hanya itu, kloroform pada suhu kamar punya wujud cair sering digunakan sebagai bahan pelarut organik.

4. Karbon Tetraklorida

Sobat pernah lihat tabung merah yang sering digunakan untuk pemadam kebakaran di gedung-gedung? Nah di dalamnya ada salah satu senyawa alkana yaitu Karbon Tetraklorida namanya. Zat ini ampuh untuk memadamkan api dengan cepat.  Sama dengan kloroform, zat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pelarut nonorganik

5. Minyak Tanah

Hampir semua produk olahan minyak bumi tersusun dari senyawa alkana. Salah satunya yang sering kita manfaatkan adalah minyak tanah. Walaupun sekarang sudah jarang yang memakai tapi sobat tidak bisa mengelak kalau dulu minyak yang satu ini sangat berguna. Minyak tanah berasal dari minyak bumi yang difraksinasi sehingga menghasilkan berbagai produk salah satunya minyak tanah.

Demikian tadi sobat sebagian kecil dari kegunaan senyawa alkana. Masih banyak sebenarnya kegunaan senyawa ini seperti sebagai bahan pelumas, bahan baku berbagai industri, bahan baku berbagai produk seperti plastik, obat gosok, sabun, detergen, dan masih banyak lagi. Buat sobat yang tahu banyak tentang kegunaan lain dari senyawa alkana ayo bagikan ke sobat hitung yang lain lewat komentar di psotingan ini. Semoga bermanfaat, selamat belajar.

Categories: rumus kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings