X

Pesawat Sederhana, Rumus dan Contoh Soal

Dear Sobat hitung malam ini kami akan berikan sajian lengkap tentang materi pesawat sederhana. Materi ini akan sobat pelajari pada kelas VIII SMP. Pernahkan sobat mengamati sebuah motor. Di dalamnya terdapat mesin yang begitu kompleks. Nah mesin motor yang begitu kompleks ternyata juga tersusun atas bagian-bagian kecil. Salah satu yang bisa sobat jumpai adalah gear roda dan juga rantai. Gear dan rantai merupakan salah satu jenis dari pesawat sederhana. Keduanya punya peran penting agar motor bisa berjalan. Ingin tahu lebih jelasnya tentang pesawat sederhana? Silahkan simak rangkuman berikut

Apa itu Pesawat Sederhana?

Seperti namanya, pesawat sederhana adalah rangkaian mekanik yang simpel atau sederhana. Ia lah yang kemudian akan menyusun rangkaian mesin yang lebih kompleks. Asal sobat tahu salah satu ciri dari pesawat sederhana adalah tidak terdapat sumber energi internal dari mesin itu sendiri. Pesawat sederhana berguna untuk memudahkan kita melakukan pekerjaan terutama dalam memindahkan benda dengan berat tertentu. Dengan pesawat tersebut kita tidak harus mengeluarkan terlalu banyak tenaga untuk mengangkat sebuat benda. Gaya yang kita keluarkan bisa lebih kecil dari benda tersebut. Perbandingan keduanya kemudian dikenal dengan istilah keuntungan mekanis. Ada beberapa jenis pesawat, ada yang namanya tuas, katrol, bidang miring, dan roda.  Berikut ulasannya lengkapnya…

1. Tuas

Sobat pasti sudah akrab dengan istilah tuas. Coba amati ketika sobat menarik paku dari sebuah kayu ternyata antara paku, tumpuan palu, dan ujung palu membentuk sebuah tuas. Paku yang tertancap merupakan lengan beban, tumpuan palu adalah titik tumpu, dan  lengan palu adalah lengan kuasa. Dengan adanya palu tersebut pekerjaan mencabut paku menjadi lebih mudah. Coba bayangkan jika sobat harus mencabut manual pakai tangan atau pakai tang, pasti akan terasa lebih berat. Besarnya keuntungan mekanis tuas akan tergantung dari panjang lengan kuasa dan lengan beban. Materi selengkapnya bisa sobat baca pada postingan Tuas Pengungkit.

2. Katrol

Sobat penasaran dengan apa itu katrol? bagaimana cara kerjanaya? berapa keuntungan mekanisnya?  Atau sobat penasaran dengan sejarah katrol, kapan pertama kali ditemukan. Untuk menjawab semua pertanyaan tadi silahkan baca postingan Katrol (pulley). Kami telah membahasnya lengkap mulai dari definisi, jenis-jenis katrol,  hingga contoh soal.

3. Bidang Miring

Sebuah bidang miring ternyata juga merupakan pesawat sederhana. Ia bisa membantu memudahkan pekerjaan kita. Misal nih, sobat ingin menaikkan sebuah tong ke atas bak truk, pasti akan lebih mudah mengggunakan sebuah papan yang dimiringkan. Kita tinggal mendorongnya saja tanpa perlu mengangkatnya repot-repot. Ingin tahu lebih banyak lagi serba serbi tentang bidang miring? silahkan baca postingan Midang Miring (inclined plane).

4. Roda dan Gandar

Wheels Axles atau dalam bahasa Indonesia “Roda dan Gandar” merupakan pesawat sederhana yang terdiri dari dua lingkaran sejoli yang bisa memudahkan kita memutar benda dengan poros kecil. Misalnya pada sepedah. Bayangkan saja jika tidak ada pedal bagaimana kita bisa memutar gear roda. Waaaah bakal susah banget buat nggowes. Pedal dan gear roda menggunakan prinsip roda dan gandar. Keuntungannya juga sangat besar bagai kehidupan kita. Selengkapnya tentang pesawat sederhana roda dan gandar bisa di baca di sini.

Categories: rumus fisika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings