X

Definisi Matematika Dasar

Pengertian dari matematika dasar sangat luas, berikut kami kumpulkan pengertian matematika berdasarkan jenis operasi pokok dalam matematika. Jika sobat ingin  mencari lebih dalam tentang pengertian matematika dasar ini sobat bisa mencarinya melalui kotak “search” di sebelah kanan sidebar.

Operasi Dasar Matematika

Dalam matematka dasar ada banyak sekali cara atau operasi hitung yang diantaranya adalah

No Simbol Nama Operasi
1 + Pemjumlahan, Jumlah, Tambah, Penambahan, Total, Kenaikan
2 Pengurangan, Kurang, Selisih, Minus, Penurunan
3 x Perkalian
4 : Pembagian

Selain 4 operasi dasar di atas, masih ada yang lain seperti persentase, pangkat, akar, dan sebagainya.

Apa itu Penjumlahan?

Pejumlahan adalah menggabungkan jumlah dua atau lebih angka sehingga menjadi angka yang baru. Angka baru tersebut beranggotakan semua jumlah anggota angka pembentuknya. Dalam bahasa inggris bilangan yang dijumlahakan disebut dengan “addens“. Contoh    

Apa itu Pengurangan?

Pengurangan adalah mengambil sejumlah angka dari angka tertentu. Misal sobat punya 5 apel kemudian sobat ambil 3 buah maka apa yang sobat lakukan disebut dengan pengurangan. Contoh lain ada 5 buah keju dimeja kemudian 1 dimakan habis oleh tikus sehingga sisa 4. Jadi dalam kasus tersebut 1 merupakan bilangan pengurang (Subtrahend) dan angka 5 merupakan bilangan yang dikurangi (Minuend) dan 4 adalah bilangan sisa (Difference).

Apa itu Perkalian?

Perkalian artinya menjumlahkan bilangan yang sama sebanyak bilangan pengali. Definisi lebih sederhananya adalah pernjumlahan yang berulang. Misal

4 x 5 itu sama dengan penjumlahan berulang 4 sebanyak 5 kali

4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 20

dalam bentuk lain sobat juga bisa menuliskannya sebagi penjumlahan berulang angka lima sebanyak 4 kali

5 + 5 + 5 + 5 = 20

Apa itu Pembagian?

“membagi suatu bilangan dalam beberapa kelompok dengan jumlah yang sama” adalah definisi sederhana dari pembagian. Misanya 10 ekor sapi akan disimpan dalam 2 buah kandang (kelompok) maka operasi matematika dasarnya 10 : 2 = 5. Contoh lainnya, 40 : 8 itu sama seperti membagi 40 ke dalam 8 kelompok maka setiap kelompok akan beranggotakan 5.

 

Apa itu Pecahan?

Sederhananya, sobat bisa bilang kalau pecahan adalah bagian dari sebuah kesatuan. Pecahan dituliskan dengan tiga komponen, angka di atas yang merupakan bagian yang ada, garis mendatar, dan angka di bawah yang merupakan keseluruhan.

Apa Sih Persentase?

Mirp dengan pecahan, akan tetapi persentase dibuat keseluruhan pecahan (bilangan yang ada di bawah) adalah angka 100. Misal 3/4 itu adalah pecahan. Ketika penyebut kita jadikan 100 maka sobat akan dapat angka 75/100. Nah /100 ini kemudian diganti dengan istilah persen (per seratus) yang dilambangkan dengan %. Jadi 3/4 kalau dijadikan persen = 75%. Selengkapnya tentang persentase dan berbagai contoh soalnya silahkan baca di rumus persentase.

Itulah sobat definisi matematika dasar jika di lihat dari ragam operasi yang ada di dalamnya. Sebenarnya masih banyak lagi operasi matemtika dasar lain seperti angka desimal, rata-rata, dan sebagainya. Selamat belajar.

Categories: rumus matematika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings