X

Apa Rumus Kimia Bensin?

Postingan ini saya buat gara-gara ada murid saya yang menanyakan “Kak kalau rumus kimia bensin apa ya?”. Mungkin sobat hitung di rumah juga bertanya-tanya seperti apa ya rumus kimia dari bensin? Unsur apa saja yang ada di dalamnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak resume berikut.

Bensin Bukan Senyawa

Bensin adalah salah satu bahan bakar minyak yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Bahan bakar ini adalah sejenis campuran bukan senyawa. Jadi rumus kimia dari bensin sebenarnya tidak ada karena yang namanya bensin bukan merupakan suatu senyawa tetapi terdiri dari dua atau lebih senyawa karbon yang dicampur. Campuran pada bensin bukan campuran sederhana seperti pada air atau etanol. Bensin bisa terdiri dari puluhan bahkan ratusan senyawa. Ada campuran berbagai jenis hidrokarbon yang berbeda di dalamnya. Jenis senyawa hidrokarbon yang paling banyak terdapat dalam bensin adalah alkana rantai lurus. Sisanya adalah berbagai macam senyawa hidrokarbon siklis dan aromatik.

Besin secara masal diproduksi melalui distilasi fraksional minyak bumi. Jika beda ladang minyak akan menghasilkan komposisi minyak bumi dan bensin yang berbeda. Misalnya minyak dari ladang minyak di timur tengah akan berbeda dengan minyak yang di dapat dari sumur minyak di Blok Cepu. Minyak mentah tersebut terdiri dari campuran ribuan senyawa kimia. Bensin dipisahkan dari minyak mentah dengan proses penyulingan menurut perbedaan titik didih. Proses pembuatan bensin ini dikenal dengan nama distilasi fraksional. Proses distilasi akan menghasilkan kurang lebih 25% bensin.

Komposisi senyawa dalam bensin sangat beragam. Beda wilayah geografis sumber minyak bumi akan menghasilkan komposisi yang berbeda pula. Berikut tabel komposisi campuran pada bensin pada umumnya.

Jenis Senyawa Contoh Persentase
Alifatik – Rantai Lurus Heptana 30% – 50%
Alifatik – Cabang Isooktana
Alifatik – Siklis Siklopentana 20% – 30%
Aromatik Etil benzena 20% – 30%

sumber : elmhurst.edu

Jadi dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan tidak ada rumus kimia bensin karena ia adalah campuran dari beberapa senyawa hidrokarbon. Kita mungkin bisa menuliskan rumus kimia dari senyawa-senyawa dalam bensin tapi kita tidak bisa menuliskan rumus kimia dari bensin itu sendiri. Yang bisa kita garisbawahi, bensin adalah campuran yang sebagian besar terdiri dari senyawa hidrokarbon. Sebagian senyawa hidrokarbon yang ada dalam bensin mendidih pada kisaran suhu 50º sampai dengan 200º. Senyawa-senyawa kimia tersebut memiliki 6 sampai dengan 12 rantai karbon untuk setiap molekulnya.

Categories: rumus kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings