X

Rumus Perkalian di Microsoft Excel

Rumus Perkalian di Microsoft Excel – Excel adalah salah satu program berbasis spreadsheet yang sangat banyak kegunaanya. Tidak hanya bisa digunakan untuk mengolah data, spreadsheet berwarna hijau ini juga bisa digunakan untuk membantu mengerjakan PR trigonometri (baca di sini). Nah salah satu fungsi yang penting yang sering digunakan adalah fungsi perkalian. Ada beberapa cara atau rumus yang bisa sobat terapkan untuk melakukan operasi perkalian di excel. Berikut selengkapnya.

Perkalian Dua atau Lebih Angka dalam Satu Cell

Untuk melakukan perkalian di dalam satu buah cell caranya cukup mudah. Seperti biasan sobat harus memulai menuliskan rumus excel dengan menggunakan tanda sama dengan “=“. Setelah itu masukkan angka yang akan dikalikan dengan menggunakan tanda operasi bintang (*). Berikut contohnya

Formula di atas masih bisa sobat ubah-ubah dengan mengganti angka-angka yang dilibatkan dalam operasi perkalian maupun mengubah jumlah angka yang dikalikan. Untuk perkalian lebih dari dua angka caranya sama saja. Tulis sama dengan kemudian masukkan angka-angka yang akan dikalikan dengan dipisahkan oleh tanda operasi *. Simak contoh berikut:

hasil perkalian di atas pasti akan muncul angka 54.

Misalkan sobat ingin melakukan perkalian yang melibatkan 4 angka tinggal ditambah saja di formulanya. Rumus nya seperti contoh di atas.

Perkalian di Cell yang berbeda

Untuk perkalian dimana angka-angka yang akan dikalikan sudah ada di cell yang terpisah, caranya sobat tinggal ketik = kemudian klik cell- cell yang berisi angka yang akan dikalikan dengan menggunakan tanda operasi *. Berikut contoh sederhananya


Perkalian antara angka 5 dan 11 yang keduanya berada pada cell yang berbeda bisa menggunakan rumus = A3*A5. A3 adalah cell letak angka 5 dan A5 adalah cell letak angka 11.

Perkalian Sebuah Range

Range adalah kumpulan dari dua atau lebih cell yang saling berdekatan. Sobat bisa melakukan perkalian cepat semua angka di dalam range tersebut dengan menggunakan rumus PRODUCT. Letakkan kursor pada cell tempat hasil perkalian akan ditampilakan. Kemudian tulis rumus

  • =PRODUCT(
  • Pilih range yang akan dikalikan. Sobat bisa menyeleksi range dengan melakukan drag atau bisa memasukkan secara manual cell paling awal diikuti tanda “:” dan cell paling akhir. Tekan enter.

Berikut contoh sederhana kasus tersebut


Sobat bisa juga melakukan perkalian kembali hasil perkalian range tersebut dengan hanya menambahkan tanda , atau ; setelah range kemudian diikuti dengan faktor pengalinya. Misalkan kita tulis rumus seperti berikut

= PRODUCT (A3:A6,2)

maka hasilnya akan menjadi 2310,dua kali dari hasil pertama 1155.

Itulah tadi sob, beberapa rumus perkalian excel yang bisa dicoba. Buat kamu yang punya cara lain selain di atas jangan ragu untuk membagi rumus kamu lewat kotak komentar di bawah. Sebenarnya penulis masih aga penasaran dengan pilihan paste spesial dengan operation multiply, tapi setelah dicoba masih belum bisa T,T. Sekian dulu share rumus excel dari rumushitung.com, semoga bermanfaat.

Categories: rumus excel
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings