X

Belajar Unsur, Senyawa, dan Campuran

Halo sobat Rumushitung.com, Pernahkah sobat memekan jeruk yang rasanya masam, membersihkan kerak dilantai dengan pembersih lantai, atu memakan vitamin C untuk mencegah deman? atau pernahkah sobat meminum (obat maag) untuk mengatasi rasa sakit maag atau merasakan licinnya sabun?

Mungkin sobat sekalian akan menjawab “ya”, untuk beberapa pertanyaan dalam kalimat pertama, berarti sobat telah berpengalaman dengan sifat asam. Bila sobat menjawab “ya “ untuk pertanyaan kalimat kedua, berarti sobat juga sudah berpengalaman dengan sifat kimia basa

Untuk lebih jelasnya yuk kita simak pemaparan materi dari admin

Selamat menikmati….

Kita mulai dari

Unsur, Senyawa, dan. Campuran

Unsur

Alam semesta ini mengandung zat yang jumlahnya tak terhitung, dan ternyata semua zat tersebut tersusun dari zat dasar yang disebut unsur. Lalu apa itu unsur?

Unsur yaitu, zat tunggal yang tidak dapat dibagi/diuraikan kembali menjadi zat lain. Berikut ini daftar Unsur dan lambang unsur;

buat kamu yang ingin belajar lebih jauh mengenai unsur bisa baca dan download aplikasi tabel periodik unsur.

Nama Unsur

kalau kita perhatikan nama nama unsur tersebut sangat unik bukan?. Nama unsur ada yang diambil dari nama daerah, seperti germanium (Jerman), polonium (Polandia), Fransium (Perancis), europian (Eropa), amerisium (Amerika), kalifornium (Kalifornia), stronsium (Strontia, Scotlandia). Beberapa nama unsur diambil dari nama tokoh misalnya, seperti: fermium (Enrico Fermi) ,einstenium (Eistein), nobelium (Alfred Nobel), curium (Marie & Pierre Curie). Beberapa nama diambil dari astronomi, seperti: uranium (Uranus), plutonium (Pluto), neptunium (Neptunus), helium (Helios= matahari).

Nama unsur yang dimulai dari nomor 104 menggunakan akar kata yang menyatakan nomor atom, yaitu
nil = 0, un = 1, bi = 2 tri = 3 quad =4, pent = 5, hex = 6, sept = 7, okt = 8, enn = 9.

Misalnya unsur dengan nomor 107:
1 0 7
un nil sept + ium = unilseptium (Uns)

Lanjutt,,,

Lambang Unsur

Untuk memudahkan dalam mengingat dan menuliskan senyawa kimia, di tahun 1813 Jons Jacob Berzelius mengemukakan pemberian lambang berupa huruf untuk masing-masing unsur.

Lambang unsur terdiri dari satu huruf besar / satu huruf besar diikuti huruf kecil. Beberapa lambang unsur diambil dari huruf pertama unsur tersebut, misalnya nitrogen (N), oksigen (O2), hidrogen (H). Mengapa emas diberi lambang Au?Karena Au berasal dari nama latin emas “Aurum”. Fe merupakan lambang unsur besi yang diambil dari “Ferum”, Ag adalah lambang perak yang diambil dari kata “Argentum”. Penulisan lambang unsur selengkapnya bisa sobat baca di postingan lambang dan unsur kimia.

Berikut ini Aturan dalam menuliskan lambang unsur:

  • Jika dalam suatu unsur dilambangkan dengan satu huruf, maka harus digunakan huruf kapital, misalnya oksigen (O), hidrogen (H), karbon (C).
  • Jika suatu unsur yang dilambangkan lebih dari satu huruf, maka huruf yang pertama menggunakan huruf kapital dan huruf berikutnya menggunakan huruf kecil, misalnya tembaga (Cu) seng
    (Zn), emas (Au),. Kobalt dilambangkan Co, bukan pula CO. CO bukan lambang unsur, tetapi lambang senyawa dari karbon monoksida yang tersusun dari unsur karbon (C) dan oksigen (O).

Lanjut ke ….

Senyawa

Kita telah mempelajari bahwa unsur adalah zat tunggal. Apakah semua zat tunggal boleh dikatakan sebagai unsur?. Air dan gula pasir merupakan zat tunggal. Masing-masing hanya tersusun dari satu jenis bahan. Tetapi air dan gula pasir bukan merupakan unsur, mengapa?. karena Air dan gula pasir dapat diuraikan menjadi beberapa bahan yang lebih sederhana. Air dapat diuraikan menjadi unsur hidrogen serta oksigen. Gula pasir dapat diuraikan menjadi unsur karbon, hidrogen dan oksigen. Air dan gula pasir, serta beberapa zat tunggal yang lain, tersusun lebih dari satu unsur.

Zat tunggal yang terbentuk lebih dari satu unsur dinamakan senyawa. Untuk lebih memahami pengertian
senyawa perhatikan ilustrasi berikut:

Karbon merupakan padatan berwarna hitam. Dalam kehidupan sehari-hari lebih kenal dengan arang. Hidrogen
dan oksigen adalah gas yang mudah terbakar. Ketiga unsur tersebut dengan reaksi kimia dapat bergabung
membentuk gula pasir yang berbentuk padatan putih yang rasanya manis. Sifat darigula sangat berbeda dengan sifat karbon, hidrogen & oksigen. Gula termasuk senyawa, sedangkan karbon, hidrogen, oksigen merupakan unsur pembentuknya.

Jadi senyawa merupakan zat yang terbentuk dari unsur-unsur melalui reaksi kimia. Sifat senyawa berbeda
dengan sifat unsur pembentuknya.

Dan…..

Komposisi Senyawa

Seperti apakah komposisi unsur pembentuk senyawa?

Perhatikan data percobaan pada Tabel 2.2, reaksi antara
oksigen dan hidrogen yang menjadi air.

Tabel 2.2 Data percobaan reaksi antara oksigen dan hidrogen yang menjadi air

No. Zat sebelum reaksi Zat sesudah reaksi
Hidrogen Oksigen Air yang

dihasilkan

Sisa
1. 1 gram 8 gram 9 gram tidak ada sisa
2. 2 gram 16 gram 18 gram tidak ada sisa
3. 2 gram 8 gram 9 gram 1 gram hidrogen
4. 2 gram 17 gram 18 gram 1 gram oksigen
5. 3 gram 30 gram 27 gram 6 gram oksigen

 Coba Hitunglah perbandingan massa antara hidrogen dan oksigen dalam senyawa air pada percobaan 1, 2, 3, 4, dan 5. Bagaimana hasilnya?

  1. Apakah yang terjadi jika massa dari hidrogen dan oksigen yang direaksikan tidak sesuai dengan perbandingan tersebut?
  2. Apa kesimpulan mu tentang perbandingan unsur
    dalam suatu senyawa?

Penjelasan..

Air tersusun dari hidrogen serta oksigen. Dari perhitungan yang telah dilakukan ternyata perbandingan massa hidrogen dan oksigen dalam senyawa air adalah tetap, yaitu 1 : 8. kalau massa dari hidrogen dan oksigen yang akan direaksikan tidak susuai dengan perbandingan, maka akan terdapat sisa salah satu unsur. Jadi perbandingan massa unsur-unsur didalam suatu senyawa adalah tetap.

Penguraian Senyawa

Senyawa termasuk Zat tunggal yang tidak dapat dipisahkan dengan cara fisika, senyawa dapat di pisahkan menjadi unsur – unsurnya atau menjadi senyawa yang lebih sederhana melelui reksi kimia. Air bisa dipisahkan menjadi oksigen dan hidrogen dengan cara elektrolisis

­­­­­­­­­­­­­­

Lambang Senyawa

Perlu sobat ketahui sudah ada 10 juta lebih senyawa yang telah dikenal di dunia ini , dan jumlahnya semakin lama akan semakin bertambah. Rumus senyawa adalah gabungan lambang unsur yang menunjukkan jenis unsur pembentuk senyawa dan jumlah atom masing-masing unsur. Misalnya, sukrosa yang mempunyai rumus C12H22O11. Rumus tersebut menunjukkan bahwa sukrosa tersusun dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Rumus tersebut juga menunjukkan bahwa satu molekul gula tersusun dari 12 atom karbon, 22 atom hidrogen dan 11 atom oksigen.

Tabel 2.3 Beberapa Contoh Dari Senyawa

Senyawa Rumus Kegunaan
Asam asetat CH3COOH cuka makan
Amoniak NH3 pupuk
Asam askorbat C6H8O6 vitamin C
Kalsium karbonat CaCO3 bahan bangunan
Soda kue NaHCO3 Untuk membuat roti
Karbon dioksida CO2 penyegar minuman
Aspirin C9H8O4 mengurangi rasa sakit
Magnesium hidroksida Mg(OH)2 obat penawar asam
Asam klorida HCI pembersih lantai
Natrium klorida NaCI garam dapur
Natrium hidroksida NaOH pengering
Sukrosa C12H22O11 pemanis
Asam sulfat H2SO4 pengisi akki

 Campuran

Berikut Gambar 2.6,(bawah) adonan untuk beton cor, yang
digunakan untuk membuat bangunan beton.

  1. Adonan beton cor termasuk unsur atau senyawa kah?
  2. Apakah kamu bisa mengenali komponen penyusun adonan untuk membuat beton cor tersebut? Sebutkan!
  3. Apakah komponen penyusun adonan tersebut mempunyai komposisi yang tetap?

Ini penjelasnnya….

Adonan untuk beton cor, termasuk campuran. yaitu gabungan dari beberapa zat tanpa melalui reaksi kimia. Sifat asli zat-zat pembentuk campuran masih tampak, sehingga komponen yang menyusun campuran tersebut dapat dikenali serta dapat dipisahkan lagi.

Udara yang kita hirup sehari – hari merupakan contoh campuran. Di dalam udara tercampur beberapa gas, misalnya gas nitrogen, gas oksigen, gas karbon dioksida dan gas-gas lain. Udara bersih atau udara tercemar merupakan campuran. Udara yang segar mempunyai komposisi oksigen yang lebih besar daripada udara yang tercemar. Komposisi zat-zat pembentuk campuran tidak tertentu dan sembarang.

Lanjut ke…

Campuran Homogen dan Heterogen

  • Campuran heterogen
    Yaitu, campuran yang zat penyusunnya dapat dibedakan dengan mudah.
    Contohnya; batuan granit, beton cor, tanah dan air sungai.
  • Campuran homogen/larutan
    Yaitu, campuran yang zat penyusunnya tidak dapat dibedakan lagi.
    Contohnya; air dengan gula, air dengan garam, dll..

Campuran Logam

Campuran suatu Logam dengan logam yang lain dapt membentuk campuran homogen. Cara pencampuran logam yaitu dengan melelehkan logam – logam tersebut.

Logam dengan logam yang lain disebut paduan logam. Dan logam yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari diantaranya; alat-alat dapur, seperti sendok, pisau, garpu, dan oven, juga untuk alat-alat kesehatan seperti, gunting dan pisau bedah. Stainless steel merupakan campuran logam besi, krom dan nikel.

Perunggu merupakan logam yang banyak digunakan untuk membuat medali kejuaraan yang terbuat dari campuran, logam tembaga, Seng dan timah, sedangkan kuningan banyak digunakan untuk pembuatan ornamen, loga ini terbuat dari campuran tembaga dan seng.

Bicara tentang emas, apakah emas yang digunakan untuk membuat suatu perhiasan adalah emas murni? Emas murni itu mempunyai kadar 24 karat, emas murni itu merupakan logm yang lunak dan mudah dibengkokkan, untuk itu dalam pembuatan emas dicampur dengan logam lain.campuran yang biasa digunakan ialah tembaga. Oleh karena itu perhisan dijual dengan kadar 18 karat, 20 karat , atau 22 karat, dan bukan 24 karat, semakin keci kadar kekaratannya berarti semakin banyak pula kandungan tembaganya, dizaman sekaran untuk menambah daya tarik emas, selain di campur tembaga emas juga dicampur dengan perak, yang dikenal dengan “emas putih”. Sekian sobat materi dari kami tentang apa itu unsur, senyawa, dan campuran. Selamat belajar.

Categories: kimia rumus kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings