X

Apa Itu Molekul Kimia?

Dear sobat hitung melanjutkan postingan yang kemaren, di kesempatan yang berbahagia ini admin admin akan menshare tentang molekul, pasti sobat sobat yang duduk di bangu smp atau yang sudah lulus pernah mendengar kata molekul… lalu Apa sih molekul itu ? Mari kita simak uraian dibawah ini…

Pengertian molekul

Molekul yaitu kumpulan dari dua atau lebih atom pada suatu susunan tertentu yang terikat oleh ikatan kimia. Atom atom memiliki ikatan kovalen yang sangat kuat dan bermuatan netral atau tidak bermuatan listrik. Kumpulan dari atom atom tersebut saling terkait dan membentuk bagian terkecil dari suatu senyawa atau zat yang dapat berdiri sendiri. Sehingga molekul juga bisa didefinisikan sebagai zat tunggal yang dapat diuraikan kembali menjadi bagian yang lebih sederhana menggunakan reaksi kimia dan merupakan gabungan dari beberapa unsur yang sama ataupun berbeda.

Gabungan dari beberapa unsur baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis tersebut didasarkan pada perbandigan tertentu, sehigga menghasilkan suatu molekul. Perbandingan dan perbandingan tersebut kemudian menjadi penggolongan suatu molekul.

Molekul sangat mempunyai kaitan erat dengan atom, bahkan bisa dikatakan kalau ada atom pasti ada molekul juga, dan juga sebaliknya. Untuk itulah jarang ditemukan atom yang dapat berdiri sendiri, hal ini dikarenakan atom saling berkaitan dengan yang lainnya.

Berapa sih ukuran molekul itu?

Molekul dibentuk dari susunan atom berdasarkan pada susunan ruang elektron. Molekul yang memiliki ukuran paling kecil yaitu hidrogen diatomik (H2), dengan keseluruhan molekul sekitar dua kali dari panjang ikatannya ( 0,74 A ). Molekul yang memiliki ukuran besar sering disebut dengan makromolekul / supermolekul.

Karena molekul memiliki ukuran yang sangat kecil, molekul tidak bisa dilihat secara kasat mata, tetapi bisa dilihat dengan menggunakan teori hibridasi dan teori vsepr. Selain itu milekul juga dapat dideteksi menggunakan mikroskop gaya atom. Jadi molekul itu ukurannya sangat kecil.

Cabang Ilmu

Ada dua cabang ilmu yang mempelajari molekul ;

  • Fisika molekuler
    Pada cabang ini cenderung mempelajari tentang hukum yang mengatur struktur dan sifat-sifat molekul, sedangkan
  • kimia molekuler
    Pada cabang ini lebih condong kepada hukum-hukum yang mengatur tentang interaksi antar molekul.

Namun pada prakteknya, perbedaan antara kedua cabang keilmuan tersebut seringkali terjadi tumpang tindih sehingga mengakibatkan ketidak jelasan. Walupun begitu, keduanya tetaplah cabang ilmu yang bermanfaat bagi manusia khususnya di bidang pengetahuan.

Jenis jenis molekul

Pada uraian sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa suatu molekul dapat terbentuk dari kumpulan dari dua atom atau lebih. Nah, berdasarkan jenis atom yang menyusun suatu molekul, molekul bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu;

Molekul Unsur

Molekul Unsur yaitu Molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom atau unsur yang sejenis. Dengan kata lain, Molekul Unsur hanya mempunyai satu jenis unsur atau satu jenis atom saja. dan Berbicara tentang Molekul Unsur, ada suatu penamaan tersendiri mengenai jumlah unsur penggabungnya. Yaitu;

Dwiatom :

Untuk Molekul yang terbentuk dari 2 atom

Triatom :

UntukMolekul yang terbentuk dari 3 atom, dan

Tetraatom :

UntukMolekul yang terbentuk dari 4 atom, dan Untuk molekul yang terdiri dari 3 atom atau lebih, disebut dengan molekul poliatomik.

Contoh Molekul Unsur;

  • Br2 (Bromin)
  • Cl2 (klorin)
  • H2 (Hidrogen)
  • I2 (Iodium)
  • N2 (Nitrogen)
  • O2 (Oksigen)
  • O3 (Ozon)
  • P4 (Posfor)

Molekul Senyawa

Molekul Senyawa yaitu Molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom atau unsur yang jenisnya berbeda.
Penting untuk diketahui bahwa; Semua senyawa adalah molekul, namun tidak semua molekul senyawa “


Contoh Molekul Senyawa
berikut ini merupakan contoh molekul yang merupakan gabungan dari atom atau unsur yang berbeda jenisnya;

  • CO (Karbon Monoksida) ; terdiri dari 1 atom Karbon dan 1 atom Oksigen.
  • CO2 (Karbon Dioksida) ; terdiri dari 1 atom Karbon dan 2 atom Oksigen.
  • CaO (Kalsium Oksida) ; Terdiri dari 1 atom Kalsium dan 1 atom Oksigen.
  • C6H12O6 (Gula/Glukosa) ; Terdiri dari 6 atom karbon, 12 atom Hidrogen, 6 atom Oksigen.
  • CaCO3 (Kapur) ; Terdiri dari 1 atom Kalsium, 1 atom Karbon dan 3 atom Oksigen.
  • CO(NH2)2 (Urea) ; Terdiri dari 1 atom karbon, 1 atom Oksigen, 2 atom N, dan 4 atom Hidrogen.
  • HCl (Hidrogen Klorida) Terdiri dari 1 atom Hidrogen dan 1 atom Klor
  • H2O (Air) ; Terdiri dari 2 atom Hidrogen dan 1 atom Oksigen.
  • H2SO4 (Asam Sukfat) ; Terdiri dari 2 atom Hidrogen, 1 atom Sulfur (Belerang), dan 4 atom Oksigen.
  • HNO 3 (Asam Nitrat) : Terdiri dari 1 atom Hidrogen, 1 atom Nitrogen , dan 3 Atom Oksigen
  • NH3 (Amonia) Terdiri dari 1 atom Nitrogen dan 3 atom Hidrogen.

Contoh lain dari molekul juga bisa kita ambil dalm aktivitas keseharian kita, misalnya saat kita bernafas. Tanpa kita sadari dalam proses bernafas ( respirasi ), kita melibatkan unsur dan senyawa molekul yang reaksi kimianya sebagai berikut;

Pada kimia diatas menunjukkan dalam proses respirasi dibutuhkan oksigen untuk menguraikan glukosa yang terkandung dalam zat makanan (karbohidrat) menjadi uap air, karbondioksida dan energi. Energi inilah yang kita gunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Dalam proses respirasi diatas dapat kita ketahui bahwa dalam proses respirasi dibutuhkan molekul unsur Oksigen dan molekul senyawa Air, Glukosan serta Karbondioksida.

Model Model Molekul

Saat mempelajari molekul, untuk menyajikannya para ilmuan menggunakan suatu model. Dan

Ada dua model utama yaitu;

  • Model bola dan batang
    Pada model ini ikatan yang menyatukan atom atom ditampilkan sebagai batang batang. seperti gambar dibawah ini;

  • Model pengisian ruang
    Pada model ini atom-atom ditampilkan saling melekat. Seperti gambar dibawah ini;

Kedua model tersebut memang bukanlah bentuk molekul yang sebenarnya, namun merupakan cara yang sederhana untuk menggambarkan atom atom yang menyusun molekul.

Categories: kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings