X

Rumus Terbilang Excel

Ms.excel menjadi salah satu aplikasi yang sering kita gunakan. Ms. Excel memudahkan kita dengan fungsi yang ada untuk mengolah data. Kali ini kita akan membahas mengenai rumus terbilang. rumus terbilang ini yaitu misal kita ingin menulisakan nominal angka, kita tidak perlu menuliskan secara manual, dalam ms.excell terdapat fungsi terbilang yang apabila kita gunakan maka akan secara otomatis menuliskan angka yang kita tulis dalam bentuk kalimat. Tentu saja hal ini dapat memudahkan pekerjaan. Oke dibawah ini adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk mengkaktifkan rumus terbilang pada ms.excell saya menggunkan versi Microsoft excel 2007 tetapi langkah dibawah ini dapat juga di terapkan pada Ms.Excel 2010 dan 2013.

Cara memasang rumus terbilang pada ms.excell

  1. Langkah pertama adalah dengan mendownload Add Ins ms. Excel karena fungsi terbilang ini adalah fungsi tambahan kalian dapat mendownloadnya DI SINI. Setelah download extrak file tersebut.
  2. Kemudian buka Ms.excel.
  3. Lalu klik Office button yang berada di sisi pojok kiri. Kemudian akan tampil tamplilan seperti di bawah ini

  1. Kemudian pilih Excel Option seperti yang terlihat pada gambar di atas. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

  1. Pilih trust center kemudian klik Trust center settings pada bagian sisi kanan.

  1. Setelah itu akan muncul tampilang Macro Settings. Pilih enable all macros (not recommended; potentially dangerous code can run) guna untuk menonaktifkan security macros agar dapat ditambahkan fungsi terbilang

  1. setelah kita menonaktifkan security macros selanjutnya adalah menambahkan add ins fungsi terbilang ke ms. Excel yaitu seperti langkah 3 klik office button kemudian excel option.

  2. Selanjutnya klik add ins, lihat pada kolom manage pilih Excel Add Ins. Kemudian klik go

  1. Kemudian akan tampil seperti di bawah ini. Pilih browse

  1. Carilah file add Ins terbilang yang sudah di download dan di ektrak/install sebelumnya.
  1. Kemudian klik pada terbilang, sehingga muncul tanda centang.

Dengan demikian fungsi terbilang sudah terpasang pada ms. Excel anda. Fungsi terbilang sudah bisa digunakan. Untuk menggunakannya berikut adalah beberapa langkahnya

  • Ketikkan angka berapa saja sesuka anda pada sebuah cell ms. Excel. Misal anda mengetikkan angka 1253536398 pada A1 kemudian anda bisa menuliskan rumus terbilang pada kolom B1. Dengan mengetik “=terbelang(A1)” kemudian enter. Maka secara otomatis akan muncul kalimat “ Satu milyar dua ratus lima puluh tiga juta lima ratus tiga puluh enam ribu tiga ratus Sembilan puluh delapan”.
  • Apabila ingin menambahkan rupiah pada kalimat maka ketik “ =terbilang(A1)&”Rupiah” ” ditambah &”Rupiah” maka akan muncul dalam kalimat berupa tambahan rupiah dibelakangnya seperti “Satu milyar dua ratus lima puluh tiga juta lima ratus tiga puluh enam ribu tiga ratus Sembilan puluh delapan rupiah” atau dapat di ganti dengan dengan mata uang lain atau satuan lain dengan mengubah “rupiah” menjadi misal “won”, “ringgit” atau apapun yang anda inginkan.
  • Kita juga bisa mengatur variasi tulisan seperti membuat setiap awal tulisa menjadi besar yaitu dengan menambahkan kata “PROPER” sehingga menjadi “=PROPER(terbilang (A1)”, tampilan tulisannya menjadi “Satu Milyar Dua Ratus Lima Puluh Tiga Juta Lima Ratus Tiga Puluh Enam Ribu Tiga Ratus Sembilan Puluh Delapan”
  • Proper untuk membuat setiap huruf awal menjadi besar sedang “UPPER” digunakan untuk membuat kalimat nominal menjadi angka besar seluruhnya. Penulisan fungsinya sama dengan ketika menggunakan proper “=UPPER(terbilang(A1)”. Tampilan tulisannya pun menjadi seperti ini “SATU MILYAR DUA RATUS LIMA PULUH TIGA JUTA LIMA RATUS TIGA PULUH ENAM RIBU TIGA RATUS SEMBILAN PULUH DELAPAN”

Pekerjaan pun semkin mudah dan cepat, untuk kalian yang dikejar deadline mulai sekarang sudah tidak perlu lagi bingung untuk menulisnya secara manual atau menulis script yang panjang untuk mengubahnya. Cukup gunakan fungsi terbilang.

Fungsi terbilang ini tidak perlu di pasang setiap kali akan menggunakannya cukup sekali pemasangan, langsung saja menuliskan fungsinya pada kolom dan otomatis langsung menuliskan kalimat atau nominal dari angka yang ada.

Categories: rumus excel
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings