X

Menyederhanakan Pecahan Bentuk Aljabar

RumusHitung.com – Halo bertemu lagi dengan rumushitung. Kali ini rumushitung akan membahas materi tentang menyederhanakan pecahan bentuk aljabar. Pecahan bentuk aljabar, yaitu pecahan baik pembilang maupun penyebut keduanya mengandung bentuk aljabar. Contoh pecahan bentuk aljabar sebagai berikut :

Contoh Soal

Rumushitung akan menjelaskan materi ini dalam bentuk soal – soal supaya kalian lebih mudah untuk memahaminya. Langsung saja kita mulai penjelasan soal – soal berikut ini.

1. Sederhanakanlah pecahan bentuk aljabar dibawah.

Penyelesaian :

Dari soal no. 1 diketahui bahwa terdapat pecahan dengan pembilang dan penyebut dalam bentuk aljabar. Kita bisa menyederhanakan dengan cara menjabarkan yang berpangkat menjadi perkalian supaya lebih mudah untuk di pahami.

2. Sederhanakan pecahan bentuk aljabar dibawah ini.

Penyelesaian :

Dari soal no. 2 menunjukkan pecahan aljabar dengan pembilang dan penyebut mengandung pemfaktoran. Dengan menyederhanakannya, harus disamakan dulu pembilang dan penyebutnya. Seperti pada penyebut, p2 + 4p + 4 dibuat pemfaktoran menjadi (p + 2)(p + 2). Jadi, pembilang dan penyebut bisa kita coret atau dihilangkan pada pemfaktoran yang sama.

3. Sederhanakan pecahan bentuk aljabar dibawah.

Penyelesaian :

Untuk operasi penjumlahan, tidak bisa di sederhanakan langsung dengan mencoret pada variabel atau bilangan yang sama. Jadi, kita pisahkan dulu pembilang dan gabungkan penyebut yang sama.

Kemudian kita bisa coret pembilang dan penyebut pada bilangan atau variabel yang sama. Tidak pelu dijabarkan jika kalian sudah paham soal no. 1,

Untuk soal no. 3 dapat kita ketahui bahwa pecahan aljabar tersebut memiliki operasi penjumlahan pada pembilang. Jika ada operasi penjumlahan atau pengurangan terhadap perkalian atau pembagian, maka tidak bisa langsung di coret pada bilangan yang sama. Beda dengan pemfaktoran seperti soal no. 2, karena pemfaktoran tersebut memiliki perkalian dengan di dalamnya terdapat operasi penjumlahan yang sama pada pembilang dan penyebut. Jadi, operasi penjumlahan yang sama bisa di coret.

Demikian pembahasan dari kami, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kalian dan wawasan yang luas. Terima kasih atas kunjungan kalian di RumusHitung.com, semoga bermanfaat.

Categories: Lain-lain
restu agil:
X

Headline

Privacy Settings