X

Bangun Ruang : Kubus, Balok, Prisma, Limas, Tabung, dan Kerucut

RumusHitung.com – Hai sobat rumushitung, kali ini rumushitung akan mengeshare penjelasan mengenai bangun ruang. Bangun ruang ada beberapa di antaranya kubus, balok, prisma, limas, tabung, dan kerucut. Jadi, kita akan belajar mengenai bangun ruang tersebut.

Bangun Ruang Kubus

Gambar Kubus

Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam sisi bangun datar yang kongruen dengan bentuk persegi (bujur sangkar) dan memiliki rusuk berjumlah 12 yang sama panjang. Kubus ini juga bisa disebut sebagai balok sebangun karena panjang sisinya sama besar.

Bangun Ruang Balok

Gambar Balok

Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi tiga pasang persegi atau persegi panjang dengan paling tidak berukuran berbeda. Balok ini memiliki 12 rusuk dan 6 sisi bangun datar. Jenis balok ada beberapa, tergantung ukurannya. Misal, balok yang memiliki 6 sisi bangun datar yang sebangun biasa disebut dengan kubus.

Bangun Ruang Prisma

Gambar Prisma

Prisma adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh sisi bangun segitiga pada bagian alas (bawah) dan bagian atas yang sebangun dan sejajar, serta memiliki dua pasang sisi bangun persegi atau persegi panjang paling tidak berukuran berbeda. Bangun ruang ini memiliki 9 rusuk dan 5 sisi bangun datar.

Bangun Ruang Limas

A. Limas Segitiga

Gambar Limas Segitiga

Limas segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi empat pasang sisi bangun segitiga sama sisi (sebangun). Limas segitiga memiliki 6 rusuk dan 4 sisi bangun datar yang sebangun.

B. Limas Segi Empat

Gambar Limas Segi Empat

Limas segi empat ialah bangun ruang yang dibatasi oleh empat sisi bangun segitiga yang sebangun dan tegak lurus dengan sisi alas bangun persegi. Limas ini memiliki 8 rusuk dan 5 sisi bangun datar yang sebangun.

Bangun Ruang Tabung

Gambar Tabung

Tabung hampir mirip dengan prisma, perbedaannya pada bagian sisi alas dan sisi atasnya yang sejajar, yaitu lingkaran dan terdapat sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran atau bisa disebut sebagai selimut. Tabung memiliki 2 rusuk dan 3 sisi bangun datar.

Bangun Ruang Kerucut

Kerucut adalah limas yang memiliki sisi alas lingkaran dan sisi tegak tidak berupa segitiga, melainkan bidang miring (selimut kerucut). Kerucut memiliki 1 rusuk dan 2 sisi bangun datar.

Itulah penjelasan mengenai beberapa bangun ruang. Semoga bermanfaat dan sekian terima kasih.

Categories: rumus matematika
donbull:
X

Headline

Privacy Settings