X

Yuk Belajar Pengertian Rangkaian Hambatan Seri!

Pengertian rangkaian hambatan seri – Pada sebuah rangkaian listrik dinamis terdapat hambatan atau yang kita kenal dengan sebutan resistor. Hambatan atau nama lain dari resistor yaitu komponen dari rangkaian listrik yang berfungsi untuk menghambat arus listrik. Sebuah hambatan bisa disusun atau dirangkai dengan 3 macam cara, yakni seri, paralel dan campuran. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang pembahasan apa yang dimaksud dengan rangkaian hambatan seri. sedangkan untuk rangkaian hambatan paralel akan kita pelajari pada kesempatan yang akan datang.

Tahukah sobat, apakah yang dimaksud dengan rangkaian hambatan seri itu? dan apa sajakah fungsi dari rangkaian hambatan seri? Bagi sobat yang belum tahu mengenai rangkaian hambatan seri, kami sarankan untuk menyimak penjelasan kali ini mengenai apa itu rangkaian hambatan seri, dan apa fungsi dari rangkaian hambatan seri, dan juga rumus rangkaian hambatan seri beserta contoh soal dari rangkaian hambatan seri. Selengkapnya mengenai materi kali ini yakni..

Pengertian Rangkaian Hambatan Seri

Rangkaian hambatan seri yaitu rangkaian hambatan atau resistor yang tersusun secara berurutan atau dalam satu garis. Pada rangkaian hambatan seri yang dihubungkan dengan sebuah sumber tegangan, besarnya kuat arus pada tiap titik yang terdapat pada rangkaian tersebut adalah sama besar. Sehingga seluruh hambatan yang terpasang pada rangkaian tersebut akan dapat dialiri oleh listrik yang besarnya sama. Apabila salah satu dari hambatan yang terputus, maka aliran listrik pada rangkaian tersebut juga akan mengalami putus aliran atau tidak dapat mengalir.

Berikut ini adalah gambar dari rangkaian hambatan seri….

Fungsi Rangkaian Hambatan Seri

Adapun fungsi dari hambatan seri yaitu untuk memperbesar hambatan dan membagi tegangan. Hambatan yang disusun secara seri akan memiliki hambatan pengganti yang lebih besar dan akan memperkecil tegangan.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Pengertian dari Osilator!

Rumus Rangkaian Hambatan seri

Pada hambatan yang disusun secara seri berlaku rumus serta beberapa ketentuan sebagai berikut;

  • Pada rangkaian seri, hambatan penggantinya sama dengan jumlah dari setiap hambatan yang terdapat pada rangkaianya. berikut ini adalah rumus dari hambatan pengganti rangkaian seri..

Rs = R1 + R2 + R3 + R4 + R5 + … + Rn

  • Kuatnya arus yang melewati tiap-tiap hambatan adalah sama. Nilai dari hambatan tersebut juga sama dengan nilai hambatan penggantinya, yang dirumuskan dengan..

I1 = I2 = I3 = I4 =… = Is

  • Tegangan yang berada pada hambatan pengganti sama dengan jumlah keseluruhan tegangan pada masing-masing hambatannya. dirumuskan dengan..

Vs = V1 + V2 + V3 + V4 +…+ Vn

  • Tegangan pada masing-masing hambatan sebanding dengan hambatannya. Sehingga jika semakin besar hambatan maka juga akan semakin besar pula tegangannya. dirumuskan dengan..

V1 : V2 : V3 : … : Vn = R1 : R2 : R3 : … : Rn

Baca Juga : Hukum OHM: Pengertian, Bunyi Hukum OHM, Rumus, Contoh soal dan Pembahasannya

Contoh Soal Rangkain Hambatan Seri

Jika ada empat buah hambatan, yang masing-masing hambatannya bernilai 50 Ohm dan disusun secara seri. Kemudian pada bagian ujung-ujungnya dihubungkan dengan sumber tegangan yang besarnya 30 Volt. Lalu berapakah kuat arus yang mengalir pada rangkaian tersebut?

Jawab:

Pada rangkaian seri, besarnya kuat arus untuk tiap-tiap hambatan adalah sama besarnya. Sehingga kita perlu menentukan nilai hambatan penggantinya,

Rs = R1 + R2 + R3 + R4

Rs = 50 + 50 + 50 + 50

Rs = 200 Ohm

V = I X R

I = V / Rs

I = 30 / 200

I = 0,15 Ampere

Jadi, kuat arus yang mengalir pada rangkaian tersebut adalah sebesar 0,15 Ampere

Demikianlah sobat, sedikit materi mengenai pengertian rangkaian hambatan seri, yang bisa kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat. dan sampai jumpa lagi pada kesempatan lainnya.. 😊😊😊

rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings