X

Yuk Belajar Pengertian Rangkaian Hambatan Paralel!

Pengertian rangkaian hambatan paralel – Hai sobat, jumpa lagi dengan rumushitung, pada kesempatan yang lalu, kita telah belajar Pengertian Rangkaian Hambatan Seri!. Berbicara mengenai Hambatan listrik atau yang dikenal dengan resistor, biasanya dirangkai antara yang satu dengan yang lainnya untuk memperoleh sebuah nilai hambatan tertentu. Hambatan atau resistor, bisa dirangkai dengan 3 macam cara, yakni seri, paralel dan campuran.

Namun pada pembahasan kali ini, kita akan sama – sama belajar dan mengulas tentang pengertian rangkaian hambatan listrik paralel. adapun untuk rangkaian hambatan campuran akan kami bahas pada kesempatan yang akan datang. Sudahkah sobat tahu mengenai apa itu rangkaian hambatan paralel itu? jika belum, ada baiknya sobat simak dan ikuti pembahasan kali ini sampai selesai, selain membahas tentang definisi rangkaian hambatan paralel, kita juga akan belajar rumus rangkaian hambatan paralel, fungsi rangkaian hambatan paralel dan juga contoh soal rangkaian hambatan paralel lengkap dengan pembahasannya. Yuk simak materinya..

Pengertian Rangkaian Hambatan Paralel

Rangkaian hambatan paralel adalah rangkaian hambatan atau resistor yang disusun secara sejajar atau berdampingan, sehingga memiliki dua ujung yang sama. Ketika hambatan yang disusun secara paralel dihubungkan dengan sumber tegangan, maka tegangan pada ujung-ujung hambatan adalah sama. Hal tersebut telah sesuai dengan hukum kirchoff 1, yang menyatakan bahwa kuat arus yang mengalir pada tiap-tiap hambatan akan sama kuatnya dengan arus yang mengalir pada penghantar utama.

Berikut ini adalah gambar rangkaian hambatan paralel;

Rumus Rangkaian Hambatan Paralel

Pada rangkaian paralel berlaku rumus serta ketentuan berikut ini;

1. Hambatan pengganti pada rangkaian paralel dapat dihitung menggunakan persamaan sebagai berikut;

1/Rp = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 + … + + 1/Rn

Rumus tersebut bisa disederhanakan sehingga bisa didapatkan rumus alternatif yang lebih sederhana berikut ini…

  • Jika pada rangkaian paralel hanya ada 2 buah hambatan yakni R1 dan R2 maka total hambatan penggantinya bisa dihitung menggunakan rumus berikut ini..

Rp = R1 . R2 / R1+R2

  • Jika pada rangkaian dijumpai n hambatan dengan nilai hambatan yang besarnya sama, maka total hambatan penggantinya yakni ..

Rp = R/n

2. Besarnya kuat arus yang lewat melalui hambatan pengganti adalah sama dengan jumlah keseluruhan kuat arus pada tiap hambatannya

Ip = I1 + I2 + I3 + I4 + … + In

3. Besarnya tegangan pada tiap hambatan adalah sama. Nilai tersebut juga sama dengan tegangan pada hambatan penggantinya.

Vp = V1 = V2 = V3 = … V4 =

4. Kuat arus yang lewat melalui tiap-tiap hambatan akan berbanding terbalik dengan besarnya hambatan tersebut. yang dirumuskan…

I1 : I2 : I3 : … : In = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 + … +1/Rn

Fungsi Rangkaian Hambatan Paralel

Fungsi dari rangkaian hambatan paralel yaitu untuk memperkecil hambatan, sebab hambatan penggantinya nilainya pasti akan lebih kecil dibandingkan nilai dari tiap hambatan. Selain itu rangkaian hambatan paralel juga sangat bermanfaat, yakni berfungsi sebagai pembagi arus.

Baca Juga: Listrik Dinamis : Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Contoh Soal Rangkaian Hambatan Paralel

Untuk lebih memahami tentang rangkaian hambatan paralel, yuk simak contoh soal dan pembahasannya berikut..

Dari gambar diatas, hitunglah besarnya

RAB = …?
VAB = …?
I1, I2 dan I3 = …?

Jawaban:

Dari gambar diatas, besarnya Ip = 12 Ampere dan R1 = 2 Ohm.

1/RAB = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 = 1/2 + 1/3 + 1/6 = 3/6 + 2/6 + 1/6 = 6/6

Jadi, RAB = 1 Ohm

VAB = Ip x RAB = 12 x 1 = 12 Volt

Hambatan dirangkai secara paralel secara seri, sehingga beda potensial pada tiap titiknya akan sama

VAB = V1 = V2 = V3 Sehingga

V1 = I1 . R1

12 = I1 . 2

I1 = 6 Ampere

V2 = 12 . R2

12 = I2 . 3

I2 = 4 Ampere

V3 = I3. R3

12 = I3 . 6

I3 = 2 Ampere

Demikianlah sobat, sedikit materi yang sama-sama kita bahas mengenai pengertian rangkaian hambatan paralel, Semoga pembahasan kali bisa bermanfaat, dan sampai jumpa kembali pada kesempatan yang lainnya..

rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings