X

Yuk Belajar Pengertian Rangkaian Hambatan Campuran!

Pengertian rangkaian hambatan campuran – Hambatan atau yang kita kenal dengan resistor dapat dirangkai menjadi satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan nilai hambatan tersebut. Pada saat merangkai hambatan, ada yang rangkaiannya dibuat secara seri,dan ada juga yang paralel. Akan tetapi masih ada satu lagi bentuk rangkaian, yaitu rangkaian campuran (seri dan paralel). Untuk penjelasan mengenai rangkaian seri telah kita bahas pada materi yang lalu, yakni Pengertian Rangkaian Hambatan Seri. Adapun penjelasan mengenai rangkaian hambatan paralel bisa dibaca pada pembahasan yang lalu, Pengertian Rangkaian Hambatan Paralel!.

Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama belajar mengenai rangkaian hambatan campuran, pada pembahasan kali ini sobat juga akan belajar mengenai contoh rangkaian hambatan campuran dan rumus rangkaian hambatan campuran. Selengkapnya materi kali ini..

Pengertian Rangkaian Hambatan Campuran

Rangkaian hambatan campuran yaitu, rangkaian yang terbentuk dari gabungan rangkaian hambatan seri dan rangkaian hambatan paralel. Rangkaian hambatan campuran juga dikenal dengan sebutan rangkaian hambatan gabungan atau kombinasi, dan ada juga yang menyebutnya rangkaian hambatan seri paralel. Adapun rumus serta ketentuan yang digunakan sama dengan rumus dan ketentuan yang diterapkan dalam rangkaian hambatan seri paralel.

Contoh Rangkain Hambatan Campuran

Pada gambar contoh rangkaian hambatan campuran diatas, bisa dilihat bahwa ada 5 buah hambatan yang disusun secara campuran, yakni gabungan dari seri dan paralel. Untuk menentukan jumlah keseluruhan hambaran rangkaian pengganti pada rangkaiannya bisa kita peroleh dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • R2 dan R3 (rangkaian seri), maka hambatan penggantinya yaitu Rs = R2 + R2
  • R3, R4, dan R5 (rangkaian paralel), maka hambatan penggantinya yaitu, 1/Rp = 1/Rs + 1/R4 + 1/R5
  • R1 dan Rp (rangkaian seri), maka Rtotal = R1 + Rp

Untuk memudahkan perhitungannya, maka kita dahulukan terlebih dahulu menghitung rangkaian seri, kemudian menghitung rangkaian paralel, dan terakhir menjumlah keseluruhan dari rangkaian keduanya (tergantung bentuk dari rangkaian campurannya). Misalnya pada gambar berikut ini..

Demikianlah sobat, sedikit penjelasan mengenai rangkaian hambatan campuran yang dapat kami sampaikan. Semoga materi kali ini bermanfaat bagi kalian semua, dan sampai jumpa pada kesempatan yang lainnya…

Categories: rumus fisika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings