X

Kamus Istilah Kimia Part 1

Perubahan Kimia adalah perubahan dari satu atau lebih zat ke satu atau lebih zat baru

Sifat Kimia adalah suatu pernyatan dari satu jenis perubahan kimia suatu zat yang diharapkan berjalan: misalnya reaksinya dengan oksigen atau kelarutannya dalam asam

Senyawa adalah suatu zat yang tersusun dari satu atau lebih unsur. Zat ini tidak berubah identitasnya karena perubahan fisis tetapi dapat teruari menjadi unsur-unsur penyusunnya melalui reaksi kimia

Rapatan atau Densitas adalah sifat fisis yang didapat dari pembagian massa zat atau benda oleh volumenya (massa per satuan volume)

Unsur adalah salah satu dari kelompok zat dasar yang tidak dapat dipecah menjadi zat yang lebih sederhana

Sifat ekstensif misalnya massa atau volume adalah nilai yang tergantung dari jumlah bahan yang diselidiki. Misalnya volume, berat,

Campuran Heterogen adalah campuran yang komponen-komponennya dapat dipisahkan secara fisis karena sifatnya berbeda.

Campuran Homogen (larutan) adalah campuran unsur-unsur dan atau seyawa yang mempunyai susunan seragam dalam contoh itu tetapi berbeda susunan dari contoh yang lain.

Sifat intensif adalah sifat yang tidak tergantung pada jumlah materi suatu zat misalnya rapatan dan suhu. Berapapun jumlah zat selagi itu zat yang sama akan memiliki densitas yang sama pula.

Massa adalah ukuran dari jumlah kelembaman (inersia) yang dimiliki oleh sebuah benda yang diam atau bergerak dalam kecepatan tetap, kecuali bila ada gaya dari luar. Semakin besar massa suatu benda maka semakin besar momen inersianya.

Materi adalah sesuatu yang memerlukan ruang dan memuyai massa.

Campuran adalah setiap contoh materi yang tidk murani, yaitu bukan sebuah unsur atau sebuah senyawa. Susunan suatu campuran tidak sama dengan sebuah zat, dapat bervariasi. Campuran ada yang homogen ada yang heterogen.

Hukum Alam adalah pernyataan umum yang dapat digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa alam.

Perubahan Fisis adalah perubahan yang hanya terjadi terhadap penampilan sissi sedangkan identitas dasarnya tetap, yaitu susunan kimianya tidak mengalami perubahan.

Metode Ilmiah adalah sederetan keigatan yang meliputi pengamatan, percobaan, dan perumusan hukum dan teori yang bertujjuan memajukan pengetahuan ilmiah.

Angka Signifikan (angka penting) adalah bilangan hasil dari suatu pengukuran yang bertujuan agar mendpatkan pengukuran yang tepatdari suatu kuantita.

Categories: kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings