X

Kumpulan Soal Luas Lingkaran

Buat sobat yang ingin berlatih dan lebih memahami tentang rumus luas lingkaran berikut kami sajikan kumpulan beberapa soal tentang materi tersebut untuk latihan di rumah. Sebelum membacanya sobat bisa membacanya teori tentang luas lingkaran. Jika sobat sudah menemukan jawaban yang tepat jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar akhir tulisan. Selamat mecoba

Soal 1
Sebuah papan panahan berbentuk lingkaran dengan jari-jari 28 cm. Papan tersebut akan dicat ulang dengan warna merah. Jika setiap m2 permukaan yang dicat memerlukan 1 liter cat. Berapa liter cat yang diperlukan untuk mengecat papan panahan tersebut?
Soal 2
Ada dua buah lingkaran A dan B masing-masing memiliki jari-jari 1,23 cm dan 2,46 cm. Coba sobat tentukan berapa perbandingan luas dari masing-masing lingkaran tersebut?
Soal 3
Sebuah lapangan berbentuk lingkaran sempurna. Setelah dihitung luasnya didapat angka 314 m2. Tentukan berapa diamter dan jari-jari lapangan tersebut?
Soal 4
Perhatikan logo/gambar di bawah. Logo tersebut berbentuk cincin dari dua buah lingkaran. Jika jari-jari lubang adalah 14 cm dan jari-jari tepi cincin ke pusat cincin adalah 17,5. Berpa luas cincin tersebut?
Soal 5
Perbandingan luas dua buah lingkaran adalah 81 : 36. Tentukan perbandingan jari-jari dan perbandingan luas dari kedua lingkaran tersebut!
Soal 6
Sebuah potongan kertas berbentuk potongan lingkaran seperti gambar di bawah. Jika jari-jari lingkaran adalah 31,5 cm. Berapa luas potongan lingkaran tersebut?
Soal 7
Sebuah bangun dibentuk dari setengah lingkaran besar yang dipotong dengan sebuah lingkaran kecil seperti di gambar. Jika jari-jari lingkaran besar adalah 7 cm. Berapakan luas area yang diwarnai dengan warna hitam?

 

Soal 8
Jika diketahui keliling lingkaran adalah 100 cm, tentukan berapa jari-jari dan luas setengah lingkarannya!

 

Soal 9
Lingkaran A dan B memiliki perbandingan keliling 3 : 4. Tentukan berapa perbandingan panjang jari-jari dan juga luas dari kedua lingkaran tersebut.

 

 

Soal 10
Di kota jakarta oleh Ahok akan dibangun sebuah taman dengan bentuk setengah lingkaran dengan jari-jari 50 m. Di dalam taman tersebut akan dibangun kolam dengan bentuk setengah lingkaran dengan diameter 25 m. Jika di luar kolam akan ditanamai rumuput jepang dengan menghabiskan biaya Rp.50.000/m2, berapa biaya yang diperlukan untuk membeli seluruh rumput jepang tersebut?

 

Soal 11
Mula mula ada sebuah lingkaran dengan jari-jari a cm dan memiliki luas b cm2. Jika jari-jari lingkaran tersebut diperkecil menjadi 1/3 dari jari-jari semula, berapa luas lingkaran tersebut dalam b?

 

Categories: Lain-lain
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings