X

Tips Mengembangkan Minat Anak Belajar Matematika Sejak Dini

 Matematika adalah salah satu mata pelajaran sekolah yang sangat potensial menjadi momok yang tidak disukai anak-anak kita. Bukannya tanpa alasan, mereka tidak suka atau gagal dalam matematika bisa karena proses pembelajaran yang kurang tepat sejak kecil. Tahukah anda bahwa permainan yang kita ajarkan kepada anak-anak kita di waktu kecil sangat berpengaruh pada minat mereka belajar tentang sains terutama matematika ketika sudah dewasa.

Di masa kecil anak-anak mampu belajar tentang konsep dasar seperti besar kecil, tinggi rendah, cepat lambat, serta berat ringan. Dengan membantu anak anda belajar konsep-konsep ini akan sangat membantu mereka mulai belajar tentang matematika.

Ketika orang tua meminta anaknya untuk menanyakan suatu hal tentang konsep dasar seperti disebutkan diatas, mereka akan membantu si buah hati mengeksplorasi dan membangun minat terhadap matematika dan ilmu sains.

Berikut kami bagikan beberapa ide dan tips yang dapat andan lakukan untuk mengembangkan minat anak pada matematika sejak kecil.

a. Seringlah berjalan-jalan dengan anak anda kemudian ajak dia mengeksploras apa saja yang ia temukan di jalan entah itu bunga, binatang, hewan, mobil, dan sebagainya. bicarakan apa yang dilihat oleh anak anda. Jika ia sedang dalam tahap belajar berhitung coba mintalah ia menghitung benda-benda tersebut.

b. Menggambar. Ajak anak menggambar bersama-sama apa yang ia lihat entah itu objek di rumah, di taman, atau di jalan. Mintalah anak anda menggambar sebuah objek entah itu binatang, tumbuhan, kendaraan. Kemudian mintalah ia menceritakan tentang apa yang ia gambar.

c. Setelah gambar jadi dan anak anda selesai menceritakan tentang gambar tersebut, mintalah ia untuk mengubah gambar tersebut menjadi sebuah tulisan. Mintalah ia membuat sebuah cerita tentang gambar tersebut. Jangan lupa dokumentasikan semua hal tersebut.

d. Sering-sering ajukan pertanyaan tentang hal apa yang telah dilakukan anak anda hari ini. Dengan belajar menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut anak akan melatih otak anak untuk berpikir dan tentu saja melatih kemampuan berbicara.

e. Pilihlah mainan yang mendidik. Di era sekarang banyak sekali mainan mahal yang sangat tidak mendidik padahal kalau kita mau cari jumlah mainan yang murah dan sangat mendidik tidak kalah jumlahnya. Berikut beberapa contoh mainan yang bisa membantu mengembangkan minat anak pada matematika dan sains:

Bola, dari bola kita bisa membantu anak mengeskplorasi banyak hal. Bola dapat memantul, menggelinding, mereka memantul dengan ketinggian yang berbeda-beda di tanah, di aspal, dan di lantai. Bola dapat menggelinding dengan lambat maupun cepat. Bola di dalam air bisa terapung maupun tenggelam.

Mainan Balok. Mainan balok sangat baik melatih minat anak pada matematika dan sains. Mainan balok membantu anak belajar tentang geometri dan bangun ruang. Anda dapat membeli mainan ini dalam satu set dengan beragam bentuk dan ukuran atau anda bisa membuatnya sendiri.

f. Ajak anak berkebun atau memelihara sesuatu. Berkebun adalah aktivitas yang akan mengajarkan anak banyak hal terutama terkait makhluk hidup dan sains biologi. Mintalah ia untuk menanam sebuah tanaman dan merawatnya. Sesekali tanyakan pada mereka kondisi tanaman tersebut, bagaimana pertumbuhannya, apa sudah berbunga atau berbuah, berap buah bunga atau buahnya, dan sebagainya.

Itulah tadi ide-ide dan tips menarik yang dapat anda lakukan untuk menarik minat anak pada matematika dan sains. Selamat mencoba.

rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings