X

Pengertian Bilangan Komposit dan Contohnya

Hai sobat rumushitung, Pengertian bilangan komposit beserta contohnya merupakan salah satu materi yang harus dipelajari pada pelajaran matematika. Pelajaran mengenai bilangan pada materi matematika ada banyak sekali macamnya yang salah satunya harus sobat ketahui yaitu bilangan komposit.

A. Pengertian Bilangan Komposit

Secara umum bilangan komposit merupakan bilangan bulat utuh positif selain dari angka 0 (nol) dan angka 1 (satu). Selain itu angka-angka yang termasuk pada bilangan komposit bukan lah data angka primer. Dapat juga disebut sebagai bilangan yang diperoleh dari hasil operasi perkalian antara dua ataupun lebih bilangan primer sehingga menghasilkan komposit.

Bilangan ini juga dikenal dengan nama bilangan tersusun. Secara ringkasnya, bilangan komposit adalah kebalikan dari bilangan prima. Pada soal matematika, himpunan bilangan komposit ini diberikan simbol berupa huruf “K” besar.  Untuk lebih memahami penjelasannya tersebut, yuk kita ikut beberapa contoh soal mengenai bilangan komposit..

Baca Juga: Sifat Perpangkatan Bilangan Berpangkat, Perpangkatan dari perkalian, dan Perpangkatan dari pembagian

B. Contoh Soal Bilangan Komposit

Pengertian bilangan komposit dan contohnya berikut ini akan memudahkan sobat untuk mengenali serta membedakan angka-angka yang termasuk dalam anggota bilangan ini.

1. Bilangan Komposit Kurang Dari 5

Cara untuk mengetahui berapa sajakah anggota bilangan komposit yang kurang dari 5 yaitu dengan kita cari tahu terlebih dahulu bilangan prima yang masuk dalam kelompok tersebut.

  • Anggota bilangan prima yang kurang dari 5 yakni 2 dan 3
  • Bilangan komposit yaitu 4

Jadi, bilangan komposit yang kurang dari 5 adalah 4. Hal ini karena bilangan 4 Bukanlah nilai yang termasuk dalam bilangan prima. Cara seperti ini bisa digunakan seterusnya untuk mencari anggota-anggota pada bilangan komposit.

2. Bilangan Komposit Kurang dari 15

Cara untuk menyelesaikan masalah ini serupa dengan contoh soal yang sebelumnya. Untuk mencari anggota bilangan komposit yang kurang dari 15, kita harus mengetahui terlebih dahulu bilangan prima apa saja yang nilainya kurang dari 15.

  • Anggota bilangan prima yang kurang dari 15 yaitu 2, 3, 5, 7, 11 dan 13

Jadi setelah kita mengetahui berapa saja anggota bilangan prima nya, selanjutnya kita bisa menentukan bilangan komposit yang kurang dari 15 dengan tepat. Sehingga

  • Bilangan komposit yang kurang dari 15 yaitu 4, 6, 8, 9, 10, 12 dan 14

Adapun cara untuk menyatakan anggota himpunan bilangan komposit, yakni pada awal penulisan datanya harus disertakan dengan huruf “K” besar terlebih dahulu. Berikut ini beberapa contohnya..

3. Himpunan bilangan komposit kurang dari 5

Untuk menjawab soal tersebut, caranya seperti halnya menentukan bilangan komposit. Sehingga kita perlu mengetahui terlebih dahulu bilangan prima mana saja yang termasuk anggota tersebut, yakni 2 dan 3. Bilangan lain selain angka 0 dan 1 merupakan anggota bilangan komposit.

  • Himpunan bilangan komposit kurang dari 5 yaitu

{K} = {4}

4. Himpunan bilangan komposit kurang dari 15

Cara untuk menentukan himpunan bilangan komposit yang kurang dari 15, sama seperti cara sebelumnya. Jadi kita tentukan terlebih dahulu bilangan primer yang termasuk didalamnya. Kemudian angka yang tersisa kecuali 0 dan 1, semuanya adalah bilangan komposit sehingga..

  • Himpunan bilangan komposit kurang dari 15 yaitu..

{K} ={4, 6, 8, 9, 10, 12, 14}

Setelah mengetahui beberapa contoh cara untuk menentukan bilangan komposit dengan mudah, ada trik lain yang bisa sobat gunakan untuk mengetahui apakah bahwa bilangan yang sedang digunakan adalah bilangan komposit atau tidak, yaitu dengan melakukan operasi perkalian antara dua atau lebih bilangan prima.

Contohnya:

7 x 7 = 49

angka 7 merupakan salah satu anggota bilangan prima, sedangkan hasil perkalian dari kedua bilangan prima tersebut yakni “49” bukanlah bilangan prima, karena mempunyai faktor selain 1 dan 49. Sehingga hasil perkalian dua bilangan prima tersebut dapat dikatakan sebagai bilangan komposit, yaitu “49”

7 x 7 x 7  = 343

Angka 7 yang merupakan anggota bilangan prima jika dilakukan operasi perkalian dengan 3 angka bilangan prima yang sama maka akan diperoleh hasil “343” yang bukan lagi anggota bilangan prima. Jadi 343 ini termasuk dalam bilangan komposit.

2 x 7 x 11 = 154

Contoh diatas merupakan operasi perkalian dari 3 anggota bilangan prima yang berbeda-beda. Setelah dilakukan perkalian, maka akan dihasilkan angka yang bukan lagi bilangan prima. sehingga bilangan tersebut (154)  termasuk ke dalam anggota bilangan komposit

#TIPS MUDAH

Untuk menentukan bilangan komposit atau bukan yaitu apabila bilangan tersebut mempunyai faktor lebih dari 2 maka merupakan bilangan komposit, tapi jika hanya mempunyai 2 faktor atau kurang maka bukan bilangan komposit.

Contohnya

  • 8 faktor nya yaitu 1, 2, 4 dan 8. Merupakan bilangan komposit sebab memiliki faktor lebih dari 2
  • 10 faktornya yaitu 1, 2, 5, dan 10. Merupakan bilangan komposit sebab memiliki faktor lebih dari 2
  • 12 faktornya yaitu 1, 2, 3,  4, 6, dan 12. Merupakan bilangan komposit sebab memiliki faktor lebih dari 2
  • 13 faktornya yaitu 1 dan 13. Bukan merupakan bilangan komposit sebab hanya mempunyai 2 faktor
  • 17 faktornya yaitu 1 dan 17. Bukan merupakan bilangan komposit sebab hanya mempunyai 2 faktor

Baca Juga: Pengertian Aljabar, Operasi Bentuk Aljabar, Sifat-sifat Aljabar, dan Pemfaktoran Aljabar

Dari pembahasan kali ini mengenai bilangan komposit beserta contohnya masih bisa sobat kembangkan sesuai dengan soal yang sobat kerjakan. Namun pada dasarnya untuk menentukan bilangan komposit adalah dengan menentukan terlebih dahulu bilangan prima Nya sehingga selain anggota bilangan prima pasti merupakan bilangan komposit karena keduanya memiliki sifat kebalikan.

Categories: Lain-lain
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings