Atom Ion dan Molekul

Saturday, December 22nd 2012. | rumus fisika
Advertisement

Atom Ion dan Molekul

Atom Ion dan Molekul -Setiap zat tersusun atas partikel-partikel terkecil dari zat tersebut. Partikel-partikel terkecil penyusun zat bisa berupa atom, molekul, atau ion. Atom dari unsur yang sama adalah sama dan atom dari unsur-unsur yang berbeda akan berbeda pula. Unsur-unsur logam dalam keadaan bebas (tidak bersenyawa) tersusun atas partikel-partikel terkecil, yaitu atom.

Unsur-unsur dari golongan bukan logam, tersusun atas partikel-partikel terkecil berupa atom atau molekul. Dua atau lebih atom dapat bergabung membentuk molekul.

Jika atom yang bergabung berasal dari unsur yang sama maka molekul yang terbentuk disebut molekul unsur.

Jika atom-atom yang bergabung berasaldari unsur yang berbeda maka molekul yang terbentuk disebut molekul senyawa.

Tidak semua senyawa terbentuk dari gabungan dua atau lebih atom unsur. Banyak senyawa yang ada di alam merupakan gabungan dari partikel-partikel bermuatan yang disebut ion.

Ion-ion yang bermuatan positif (kation) berikatan dengan ion bermuatan negative (anion) melalui ikatan ion dan membentuk senyawa ion.

Jumlah muatan listrik dalam suatu senyawa yang tersusun atas ion positif dan negatif adalah netral.

Ion bisa berasal dari satu atau lebih jenis unsur. Senyawa yang tersusun atas ion-ion tidak membentuk molekul melainkan kisi kristal.

Kuatnya ikatan antarion dapat menjelaskan mengapa garam-garam umumnya memiliki titik leleh dan titik didih yang tinggi daripada zat-zat yang partikel terkecilnya adalah molekul.

Demikian artikel tentang Atom Ion dan Molekul, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Atom Ion dan Molekul