Pengertian Polimer Kimia

Saturday, January 19th 2013. | kimia
advertisement

pengertian polimer definisi polimerPengertian Polimer – Sobat hitung makromolekul dalam kimia sering diistilahkann dengan polimer. Apa itu polimer? Polimer merupakan molekul raksasa dengan rantai yang sangat panjang yang tersusun dari molekul-molekul sederhana (monomer). Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan bahan-bahan sintetis yang merupakan polimer, misalnya plastik, karet, nilon, dan tetoron. Di dalam tubuh kita juga terdapat polimer-polimer yang memegang peranan penting yaitu karbohidrat, protein, dan asam nukleat.Baik polimer alam maupun sintetis terbentuk melalui reaksi polimerisasi yang dapat berupa adisi dan polimerisasi kondensasi.

Pengertian polimer menurut chemistry.about.com yaitu “A large molecule made up of chains or rings of linked monomer and usually have hing melting and boiling points.” yang jika diterjemahkan berarti Sebuah molekul raksasa yang tersusun dari rantai atau cicin monomer yang saling terhubung dan biasanya mempunyai titik didih dan titik lebur yang tinggi.

Pengertian polimer  menurut asalkatanya. Kata Polimer berasal dari bahasa yunani Polys dan Meros, Polys berarti banyak dann meros berarti bagian. Polymer = “Banyak Bagian”

Pengertian polimer yang rumushitung cuplik dari kamus oxford “a substance which has a molecular structure built up chiefly or completely from a large number of similar units bonded together, e.g. many synthetic organic materials used as plastics and resins”

Dari 3 pengertian polimer di atas, dapat disimpulkan bahwa yang namanya polimer itu

  1. Merupakan Molekul raksasa
  2. Terdiri dari bagian-bagian kecil yang disebut monomer yang saling terhubung membentuk rantai maupun cincin.
  3. Biasanya mempunyai titik lebur dan titik didih yang tinggi
  4. Terbentuk melalui reaksi polimerisasi

Sedikit tentang pengertian polimer ini semoga bisa manfaat buat sobat hitung.. :D

advertisement

2 Responses to “Pengertian Polimer Kimia”

  1. [...] Polimer Kimia – Sobat hitung, setelah kemarin kita kenalan apa itu polimer, sekarang kita akan belajar macam-macam polimer. Macam-macam polimer bisa dilihat dari asalnya, [...]

  2. [...] Polimer – Kita telah kenalan dengan apa itu polimer dan apa saja macam-macam polimer. Kali ini kita bakal belajar tentang kegunaan/manfaat polimer. [...]

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Pengertian Polimer Kimia