Manfaat Polimer di Kehidupan Sehari-hari

Sunday, January 20th 2013. | kimia
advertisement

Manfaat Polimer – Kita telah kenalan dengan apa itu polimer dan apa saja macam-macam polimer. Kali ini kita bakal belajar tentang kegunaan/manfaat polimer. Polimer bisa dibilang bayak sekali manfaatnya buat kehidupan kita. Sebut saja tas kresek yang kita gunakan setiap hari, asal sobat tahu tas kresek yang tiap hari kita pakai dengan segala macamnya berasal dari polimer. Berikut ini beberapa manfaat dan kegunaan polimer.

1. Manfaat Polimer Plastik
Plastik berasal dari polimerisasi adisi dari berbagai monomer ikatan rangkap. Berikut contoh polimer plastik dan manfaatnya.

  • Polietena
    Polietena merupakan polimerisasi dari monomer etena. Polietena punya titik didih 110o C dan banyak dimanfaatkan untuk botol, film, pembungkus, dan isolator alat-alat listrik.
  • Polipropilena
    Merupakan gabungan molekul-molekul propena. Mirip sifatnya dengan  polietena namun lebih kuat. Polipropilena banyak digunakan untuk membuat tali, botol, karung, dan sebagainya.
  • Polivinilklorida (PVC)
    Sobat hitung pernah dengan pipa PVC yang biasanya untuk membuat saluran air? Pipa itu terbuat dari Polivinilklorida. Manfaat polimer untuk membuat pipa, pelapis lantai, dan tongkat.
  • Teflon (PTFE)
    Politetrafluoroetena (PTFE) atau teflon terutama digunakan untuk pelapis alat-alat memasak. Teflon bersifat ulet, kenyal, tahan zat kimia, tak mudah terbakar, isolator listrik dan panas yang baik, tak mudah lengket dan menempel. Dengan ada teflon di alat/panci masak untuk menggoreng sangat memudahkan kita memasak dan mencucinya. Banyak ibu-ibu pasti merasakan manfaat polimer satu ini.

manfaat polimer - teflon

  • Polivinil Asetat (PVC)
    sebagai bahan pengemulsi cat.
  • Polistirena
    Polistirena merupakan gabungan dari stirena. Manfaat polimer ini sebagai pembungkus makanan dan minuman (gelas plastik)
  • Polimetil Metakrilat (PMMA)
    bentuknya plastik bening. Strukturnya keras namun ringan sehingga banyak dimanfaatkan sebagai pengganti gelas dan kaca pesawat terbang.

2. Manfaat Polimer Karet

a. Karet Alam
Karet alam terdiri dari rangkaian isoprena yang berasal dari alam. Sobat tahu ban mobil? Manfaat polimer ini terbesar adalah sebagai ban kendaraan. Karet yang awalnya lunak akan menjadi keras setelah di vulkanisir dengan menambahkan sedikit belerang.

polimer sebagai bahan bah kendaraanb. Karet Sintesis

  • Neoprena : tahan terhadap bensin, minyak tanah, lemak sehingga banyak dimanfaatkan untuk bahan membuat selang karet, sarung tangan, dan sebagainya
  • Karet Nitril : manfaat polimer ini mirip seperti Neoprena
  • Styrena Butadiena Rubber (SBR) : kalau yang alami kita punya karet alam kalau yang sintesis kita punya SBR. Manfaat polimer ini sebagai bahan ban motor.

3. Serat Sintesis
a. Nilon 66
Merupakan polimer dari heksa metilen diamina dan asam adipat. Disebut nilon 66 karena baik heksa metilen diamina dan asam adipat masing-masing mempunyai 6 atom karbon. Karena sifatnya ulet, melar, dan kuat maka banyak digunakan untuk bahan membuat tali, jala, parasit, tenda, dan sebagainya.

b. Orlon (Poliakrilonitril)
manfaat plomer  sebagai bahan karpet dan pakaian.

c. Dacron (Ploetilentreftalat)
Dacron banyak digunakan sebagai kemasan minuman dengan kualitas yang baik.

Polimer memang salah satu penemuan di bidang makromolekul yang mendatangkan banyak sekali manfaat dan keuntungan di kehidupan kita. Okey sobat itu tadi sedikit tentang manfaat polimer di kehidupan sehari-hari kita. Semoga bermanfaat.

3 Responses to “Manfaat Polimer di Kehidupan Sehari-hari”

  1. [...] T2 masing-masing adalah masa dan suhu zat cair yang lebih tinggi maka untuk cairan atau zat sejenis rumusnya [...]

  2. [...] masing-masing adalah masa dan suhu zat cair yang lebih tinggi maka untuk cairan atau zat sejenis rumusnya : Qlepas = Qterima M.c.(T2-x) = m.c (X-T1) (coret C –> kalor jenis) M (T2-x) = m (x-T1) MT2 [...]

  3. [...] Polietilena Plastik yang dibentuk dari polimerisasi etilena. Mempunyai sifat termoplastik, fisiknya berupa padatan tembus cahaya yang menyerupai lilin [...]

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Manfaat Polimer di Kehidupan Sehari-hari