Cara Menggunakan Jangka Sorong

Thursday, January 31st 2013. | rumus fisika
Advertisement

Cara Menggunakan Jangka Sorong - Jangka sorong merupakan salah satu alat ukur dari besaran pokok panjang. Bentuknya mirip dengan kunci inggris yang rahangnya bisa digeser Alat ukur ini memiliki ketelitian hingga 0,1 mm. Buat sobat hitung yang masih di kelas x sma sewaktu belajar fisika pasti akan melakukan praktek pengukuran dengan jangka sorong.Berikut ini sedikit panduan mengenai cara menggunakan jangka sorong dan bagaimana membacanya.

Bagian-bagian Jangka Sorong

cara menggunakan jangka sorong, bagian-bagian jangka sorongsumber gambar : BSE

Jangka sorong terdiri dari rahang tetap dan ragang geser. Rahang tetap dan geser ada yang di atas dan di bawah. Dalam jangka sorong terdapat 2 skala. Skala utama pada rahang tetap dan skala nonius (renvier*) di rahang gesernya.Skala utama memiliki skala dalamm satuan cm dan mm sedangkan skala pada nonius memiliki panjang 9 mm yang dibagi menjadi 10 skala.Sobat hitung pahami betul bagian-bagian ini karena akan memudahkan sobat tahu bagaimana cara menggunakan jangka sorong nantinya.

Fungsi Jangka Sorong

  1. Jangka sorong berfungsi mengukur panjang suatu benda dengan ketelitian sampai 0,1 mm. (rahang tetap dan rahang geser bawah)
  2. Rahang tetap dan rahang geser atas bisa digunakan untuk mengukur diameter benda yang cukup kecil seperti cincin, pipa, dll.
  3. Tangkai ukur di bagian bawah berfungsi untuk mengukur kedalaman seperti kedalaman tabung, lubang kecil, atau perbedaan tinggi yang kecil.

Cara Menggunakan Jangka Sorong

berikut ini cara menggunakan jangka sorong dalam beberapa langkah.

1.Awal persiapan, kendurkan baut pengunci dan geser rahang geser, pastikan rahang geser bekerja dengan baik. Sobat hitung jangan lupa untuk cek ketika rahang tertutup harus menunjukkan angka nol. Jika tidak menunjukkan angka nol sobat bisa mensettingnya.

2. Langkah/ cara menggunakan jangka sorong selanjutnya adalah membersihkan permukaan benda dan permukaan rahang agar tidak ada benda yang menempel yang bisa sebabkan kesalahan pengukuran.

3. Tutup rahang hingga mengapit benda yang diukur. Pastikan posisi benda sesuai dengan pengukuran yang ingin diambil. Lalu tinggal membaca skalanya.

Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk mengukur diameter
Mengukur diameter sama seperti pengukuran sebelumnya, bedanya kalau tadi menggunakan rahang bagian bawah, untuk pengukuran diameter menggunakan rahang atas. Cara Menggunakannya, rapatkan rahang atas lalau tempatkan benda (cincin) yang akan diukur diameternya. Tarik rahang geser hingga kedua rahang menempek dan menekan bagian dalam benda. Patikan bahwa dinding bagian dalam benda tegak lurus dengan skala dalam artian benda jangan sampai miring.

Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk Mengukur Kedalaman
Cara menggunakan jangka sorong untuk kedaaman prinsipnya sama dengan mengukur panjang benda dan diameter. Sobat hitung cukup menempatkan benda yang akan diukur kedalamannya pada tangkai ukur. Tarik rahang geser hingga menyentuk permukaan dalam (dasar lubang).Usahakan benda yang diukur kedalamannya dalam keadaan statis (tidak Bergeser)

Setelah kita tahu bagaimana cara menggunakan jangka sorong, sekarang bagaimana cara membaca jangka sorong (pengukurannya)? Berikut

Cara Membaca Jangka Sorong

  • Lihat skala utama, sobat lihat nilai yang terukur yang lurus dengan angka nol di skala nonius. Bisa menunjukkan posisi berhimpit dengan garis pada skala utama bisa juga tidak. Jika tidak ambil nilai skala utama yang terdekat di kirinya. Pada tahap ini sobat hitung baru mendapatkan ketelitian sampai 1 mm
  • Lihat Skala nonius, carilah angka pada skala nonius yang berhimpit dengan garis di skala utama. Pengukuran ini punya ketelitian hingga 0,1 mm
  • Jumlahkan

Selagi sobat benar cara menggunakan jangka sorong dan tau cara membacanya, sobat akan mendapatkan nilai pengukuran yang akurat.

Contoh Soal
Carilah panjang benda yang diukur dengan jangka sorong jika pada skala utama dan skala nonius tampak sebagai berikut

cara menggunakan jangka sorong 1

Jawaban :
Lingkaran Biru : 5, 3 “sekian” cm, sekian akan kita dapatkan di lingkaran “merah”
Lingkaran Merah : 5
Jadi hasilnya  = 5,35 cm

Saat ini sudah ada yang namanya jangka sorong digital. Cara menggunakan jangka sorong ini sangat mudah, tingal mengapitnya di antara rahang tetap dan rahang geser dan layar digital akan menampilkan hasil pengukuran dengan akurat. Sedikit tentang cara menggunakan jangka sorong ini semoga cara menggunakan jangka sorong tadi bisa dipahami dan bermanfaat.

29 Responses to “Cara Menggunakan Jangka Sorong”

  1. [...] Skerup – Setelah kemarin kita belajar alat ukur jangka sorong sekarang kita lanjut ke mikrometer sekrup. Keduanya punya fungsi yang sama yaitu menghitung [...]

  2. abdul jalil says:

    berbeda sekali cara membaca jaangka sorong dgn yg di ajarkn oleh guru saya

  3. andrian says:

    alat yg dijelaskan kan dengan ketelitian 0,1 mm kalau dengan ketelitian 0,05 mm bagaimana ??

  4. rin kurano says:

    Itu bisa memakai mikrometer sekrup dengan ketelitian 0,01 mm
    lengkapnya silahkan baca

    http://rumushitung.com/2013/02/02/mikrometer-sekrup-micrometer-screw/

  5. Ahab says:

    good (y)

  6. cipurforefer says:

    Berbada sama yang saya tau aneh

  7. revi choirunnisa says:

    thanks ya…berguna banget untuk tugas sekolah

  8. jesselyn choo says:

    beda banget sama yang diajarin guru.. yg diajarin guru entah kemana-mana, yg ini 99.999 5 ngerti hahhaha

  9. Jaenal says:

    Sya punya Jngka sorong dan pada skla nonius itu “0,05″ apa itu artinya ketelitiannya sampe 0,05 mm

    • rumus hitung says:

      ketelitian biasanya setengah dari skala terkecil..

      • Tanjung online says:

        Setengah kali skala terkecil itu bukan “ketelitian” mas bro, tapi itu “ketidakpastian” nya, kalo “ketelitian” itu ya “skala terkecil” nya,…

        • rumus hitung says:

          hmmm… iya kak tanjung, bener harusnya yang setengah kali skala terkecil adalah ketidakpastian pengukuran, terima kasih koreksinya..

  10. kartina dwi yanti says:

    thanks bnget ya,ulangan qw nilainya 9

  11. Nurdiati says:

    bagaimana cr menghitung jangka sorong

  12. jafar says:

    kesuwun pisan

  13. vita vitu says:

    fungsi lainnya gk ada?

  14. shoffika isnaini says:

    sebenarnya liat skala utama itu,,,
    garis sbelum 0 di skala nonius ato
    garis atas yang berhimpitan dengan garis di skala nonius???????

  15. Wahyu Satria Nugraha says:

    Thank’s yaa gann

  16. fauziah~ says:

    makasih ya..

  17. Prilly says:

    Agak bingung

  18. pagiyono says:

    trim banyak sobat aku orang awam sama sekali istilah kata nggak kenal bangku sekolah dulu pengen tahu segala macem harus cari2 di buku dan juga mahal untuk ku atau sewa di perputakaan itupun harus nyari di mana yang ada begitu kenal dudia maya ternyata begitu mudah nya imformasi yang ku dapat sekali lagi terima kasih banyak untuk sobat sobat semua yang selalu memberikan atau ber bagi pengalaman di dunia maya ini di bidang apapun tetu orang seperti kalian kalian sebagai guru di luar sekolah

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Cara Menggunakan Jangka Sorong