Apa itu isotop, isoton, dan isobar?

Sunday, June 23rd 2013. | kimia, rumus kimia
advertisement

Apa itu isotop, isoton, dan isobar? Di alam, yang namanya atom tidak selalu ditemukan dalam bentuk yang seperti kita pelajari di sekolah. Mereka mempunyai varian-varian masing-masing. Jika diamati dari nomor atom (jumlah proton), neutron, dan elektronnya, atom-atom di alam punya hubungan yang unik. Di Alam kita bisa menemukan unsur oksigen dengan rumus atom 1H1 dan 1H2. Mereka mempunyai jumlah proton yang sama tapi mempunyai jumlah massa yang berbeda. itu yang disebut dengan hubungan unik isotop (isotope). Selain isotop, masih ada yang namanya isoton dan isobar. Apa sebenarnya isotop, isoton, dan isobar itu? mari simak rangkuman berikut.

Isotop (isotope)
adalah unsur yang memiliki nomor atom sama tetapi nomor massanya berbeda. Nomor atom sama karena mereka adalah unsur tersebut sama. Perbedaan nomor massa di karenakan jumlah neutron dalam satu jenis atom tersebut bisa berbeda-beda. Contohnya isotop dari unsur klorcontoh isotop
mereka mempunyai 17 proton pada inti, tetapi jumlah netronya berbeda, yaitu masing masing 20 (37-17) dan 18 (35-17). Hampir semua unsur mempunyai isotopnya di alam. Dari isotop suatu atom dan persentase kelimpahannya di alam kita bisa menentukan masa atom relatifnya. Sebagai contohUnsul klor (klorin) di alam mempunyai dua isotop dengan massa atom masing-masing 34,9 dan 36, 9. Jika kelimpahan untuk masing-masing isotop tersebut di alam adalah 74% dan 26% maka berapa masa atom relatifnya?

Jawab.
= [74 x 34,9 + 26 x 36,9]/100
= 35,42 U

 

Isobar (Isobars)
Kalau isotop nomor atom sama dengan masa berbeda, isobar kebalikannya, Isobar adalah unsur yang mempunyai masa sama tapi dengan nomor atom yang berbeda. Karena nomor atom yang berbeda, maka isobar memiliki sifat kimia yang berbeda. Untuk lebih mudah mengingatnya sobat hitung ingat saja kalau

ISOTOP >< ISOBAR

Contoh Isobar

isobar besi (fe) dan nikel (ni) dan isobar Cesium (Ce) dan Selenium (Se)Isobar besi / ferrum (Fe) dan Nikel (Ni) masing masing mempunyai massa atom yang sama yaitu 58 satuan atom. Demikian juga dengan isobar Cesium dan Selenium, nomor atom mereka berbeda tapi punya nomor massa yag sama.

 

Isoton (isotone)Isoton adalah unsur yang memiliki jumlah netron yang sama. contoh isotoncontoh isotonIsoton antara Phospor dengan Sulfur (Belerang) masing-masing mempunyai jumlah neutron yang sama yaitu sebanyak 16.

untuk lebih mudah mengerti apa itu isotop, isoton, dan isobar sobat ingat saja kalau
Jenis           sama
Isotop        nomor atom
sobar          nomor masssa
Isoton        jumlah neutron

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Apa itu isotop, isoton, dan isobar?