Kingdom Monera, Ciri dan Kalsifikasinya

Sunday, July 7th 2013. | biologi
Advertisement

Kingdom Monera, Ciri dan Kalsifikasi

“Suatu hari terdengar berita bahwa  wabah antraks telah menyerang sebuah desa di pesisi kalimantan. Penyakit telah menyerang ternak kerbau dan sapi penduduk setempat. Dikabarkan telah teridentifikasi sebanyak 10 orang telah terjangkit penyakit berbahaya tersebut.”

Dari berita di atas sobat hitung mungkin ada yang bertanya apa itu  antraks? Antraks adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh Bacillus anthracis, ia spesies dari kingdom monera. Apa itu monera? sejenis virus, bakteri, mikroba, atau tumbuhan? Apa ciri-ciri monera? Buat lebih jelas mengenai kingdom monera berikut ulasan yang rumushitung.com rangkum.

Apa itu Monera?

Kingdom monera adalah kerjaan dari makhluk hidup bersel tunggal yang prokariotik. Istilah monera berasal dari kata “moneres” (yunani) yang berarti tunggal. Struktur makhluk hidup ini sederhana, terdiri hanya dari satu sel hidup, inti selnya belum memiliki membran inti (kariotek) sehingga disebut prokariotik. Kingdom inijuga kita kenal dengan nama bakteri. Bakteri berasal dari kata “bakterion” yang bermakna batang yang sangat kecil.

Bentuk dan Ukuran Bakteri (Kingdom Monera)

Seperti yang dijelaskan tadi bahwa bakteri merupakan makhluk hidup bersel tunggal yang prokariotik. Pada umumnya sel bakteri (monera) tidak mengandung klorofil sehingga untuk hidup dan mendapatkan makanan ia hidup sebagai parasit maupun saprofit. Akan tetapi tidak semua bakteri bersifat heterotrof (tidak dapat membuat makanan sendiri), ada juga yang autotrof (membuat makanan sendiri) seperti monera jenis bakteri ungu dan bakteri hijau.

Ukuran Monera. Ukuran bakteri sangat kecil tapi masih lebih besar jika dibandingkan ukuran virus. Ukuran mereka hanya dalam satuan mikron atau 0,001 mm, bergerak dari yang paling kecil 0,1 mikron hingga 100 mikron.

Bentuk-bentuk Monera atau Bakteri. Bentuk bakteri ada berbagai macam. Perbedaan bentuk sel bakteri inilah yang sering dijadikan dasar klasifikasi dari kingdom monera (bakteri). Ada monera yang berbentuk bulat (cocus), bentuk seperti batang (bacillus), bentuk koma atau sekrup (vibrio), dan bentuk spiral (heliks). Di alam, jarang sekali dijumpai bakteri cocus dan bacillus dalam bentuk sel tunggal. Mereka hidup berkoloni sama halnya manusia. Berdasarkan koloninya jenis bakteri dibedakan,

Koloni bakteri cocus

Diplokokus –> berkoloni dua-dua
Streptokokus –> sel bakteri berkoloni bentuk rantai
stapilokokus –> bergerombol seperti buah anggur
sarcina –> berkelompok delapan dengan membentuk kubus

bentuk bakteri cocus dari kingdom monera

Koloni bakteri batang (bacillus)

Diplobasil –> bentuk batang bergandengan
Streptobasil –> berbentuk rantai memanjang dari batang-batang

Struktur Sel dari Kingdom Monera

Bakteri atau moner amasih sangat sederhana struktur selnya. Pertama ia hanya punya satu sel. Kedua bagian luar hanya terdiri dari dinding sel yang bisa dilapisis bagian luar berbentuk flagel, phili, maupun kapsul. Ketiga bagian isi sel masih bercampur karena belum ada membran inti sel yang jadi pembatas jelas.

gambar sel bakteri

Struktur Utama Luar Dinding Sel

Struktur utama di luar dinding sel dari kingdom monera bisa berbentuk rambut halus, bulu-bulu halus atau filamen, dan bisa berbentuk kapsul.

  • Bentuk Flagelum (rambut halus)Seperti rambut tipis yang keluar dari dinding sel (semacam cambuk) yang berfungsi untuk membantuk bergerak. Dalam bentuk tunggal disebut flagellum dan dalam bentuk jamak disebut flagela. Panjang dari flagela bisa melebihi panjang sel monera, bahkan bisa 2 sampai 3 kalinya. Berdasarkan letak dan jumlah flagelnya bakteri (monera) dibagi menjadi
    • atrik — bakteri yang tidak memiliki flagel
    • monotrik — memiliki hanya satu flagel di salah satu ujung selnya (seperti kecambah)
    • lopotrik — memiliki dua atau lebih flagela pada salah satu ujung sel
    • amfitrik — memiliki dua atau lebih flagela pada kedua ujung selnya.
    • peritrik — memiliki banyak flagela yang tersebarluas diseluruh dinding seljenis flagel pada kingdom monera
  • Bentuk PhiliBiasanya tedapat dalam bakteri gram negatif. Bentuknya mirip dengan flagela tapi lebih kecil, pendek, dan jumlahnya lebih banyak. Serta phili tidak berfungsi sebagai alat pergerakan tetapi sebagai saluran masuknya materi genetik ketika terjadi perkawinan bakteri dan sebagai alat untuk melekatkan pada permukaan jaringan inangnya.
  • Bentuk KapsulBentuk ini merupakan suatu lendir yang kental. Tebal tipisnya lapisan lendir ini sangat dipengaruhi medium tempat hidup bakteri. Kapsul punya arti penting bagi bakteri dan organisme lain. Bagi bakteri kapsul dalam proteksi dan sumber cadangan makanan. Selain itu juga sebagai medium mengifeksi sel lain.

Struktur Sebelah dalam Dinding Sel

Membran Sitoplasma

Merupakan membran yang membungkus cairan sitoplasma. Membran ini penting dalam arus keluar masuk materi kimia ke dan dari dalam sel bakteri. Mirip semacam pintu perbatasan.

Sitoplasma dan Komponen di dalamnya

Kindom monera memiliki sitoplasma yang terdiri dari daerah-daerah. Digunakan istilah daerah karena pada sel monera tidak ada batas (membran inti sel) yang membatasi isi sel dengan inti sel. Campur aduk.

  • Daerah Sitoplasm : Berisi partike RNA protein.
  • Daerah Nukleat : Daerah yang mengandung bahan inti sel seperti DNA. Bahan ini penting dalam perkembangbiakan sel moner.
  • Bagian zat Alir :mengandung nutrien terlarut yang terdiri atas lipid, glikogen, polifosfat, dan pati. Jika materi-materi ini menumpuk maka akan membentuk granuldi dalam sitoplasma. Contohnya, bakteri Thiobacillus thioparus yangmenumpuk sejumlah besar sulfur yang tampak seperti gumpalan-gumpalan kecil (granul).

Mesosom

Apabila membran sitoplasma mengalami pelipatan ke arah dalam/invaginasi, maka akan menghasilkan suatu struktur yang disebut mesosom. Mesosom ini selalu bersambungan dengan membran sitoplasma. Diduga mesosom bisa berfungsi dalam sintesis dinding sel dan pembelahan nukleus.

Plasmid dan Endospor

Plasmid adalah materi berbentuk cincin yang terdapat dalam sitoplasma. Fungsi plasmid adalah sebagai pertahanan monera terhadap lingkungan yang tidak kondusif. Sedangkan endospora adalah spora yang terbentuk di dalam sel bakteri jika dalam keadaan yang tidak menguntungkan. Jika kondisi tidak memungkinkan maka bakteri akan membentuk endospora (mati sementara). Endospora sangat kuat dan tahan terhadap panas 120 derajat celcius. Jika kondisi membaik maka endospora akan bisa tumbuh lagi menjadi bakteri seperti semula.

Klasifikasi Kingdom Monera

Berikut tabel klasifikasi monera secara ringkas

Kelompok Ciri-ciri Monera dan Habitat
Archebacteria

  • Bakteri Metanogenik
  • Bakteri Halofilik
  • Termofilis

(klasifikasi berdasarkan tempat hidup yang ekstrim)

  • Bakteri metanogenik : anaerobik, kemoautotrof, mati jika terkena banyak oksigen, habitat di tempat yang sedikit oksigen seperti rawa dan tempat sampah.
  • Halofilik (halo = garam, filik = suka) : suka garam,  habitat ditempat yang asin (salinitas tinggi)
  • Termofilik : suka tempat yang panas, suhu optimal 60o samapi 80o C.
Eubacteria

  • Probacteria- Bakteri Ungu- Kemoautotrof

    - Kemoheterotrof

  • Bacteri Gram Positif
  • Cyanobacteria
  • Spirochetes
  • Chlamydias
Probacteria : habitat pada danau dan lumpurBacteri gram positif : hidup sebagai parasit pada orgam makhluk hidup seperti bakteri bacillus anthracis

Cyanobacteria : hidup di laut , sungai, dan danau

Spirochetes : hidup di habitat perairan

Chlamydias : hidup parasit di organisma lain

One Response to “Kingdom Monera, Ciri dan Kalsifikasinya”

  1. [...] dan Eubacteria (Klasifikasi Monera) – Salah satu kingdom dalam klasifikasi biologi adalah monera (bakteri). Buat sobat yang ingin tau lebih jauh tentang monera silahkan baca artikel kingdom monera. Kingdom [...]

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Kingdom Monera, Ciri dan Kalsifikasinya