Peranan Virus dalam Kehidupan Manusia

Monday, July 8th 2013. | biologi
advertisement

peranan virus bagi kehidupan manusiaPeranan Virus dalam Kehidupan Manusia - Mungkin selama ini sobat hitung banyak yang beranggapan bahwa hampir semua virus adalah sesuatu yang sangat merugikan. Kalian pasti tidak asing lagi dengan yang namanya flu burung, antrak, hiv aids, dan penyakit berbahaya lainnya.  Semua penyakit itu umumnya disebabkan materi yang sangat kecil ini (virus). Akan tetapi sobat juga perlu tahu bahwa ada juga virus yang bermanfaat bagi manusia. Beberapa jenis virus profage yang tidak berbahaya digunakan untuk melemahkan bakteri ganas penyebab penyakit seperti difteri. Untuk lebih jelas mana virus yang menguntungkann dan mana virus yang merugikan, let’s check this out!!

Virus yang Menguntungkan

Peranan Virus dalam Pembuatan Antitoksin

Para ahli telah banyak meneliti tentang pembuatan antitoksin bakteri dengan memanfaatkan virus. Ceritanya, DNA manusia yang di dalamnya terkandung antitoksin digabungkan dengan DNA virus. Kemudian di rekayasa virus tersebut menginfeksi bakteri. Secara tidak langsung DNA manusia yang mengandung antitoksin akan masuk ke dalam tubuh bakteri. Bakteri yang awalnya tidak punya sifat menetralisir racun sekarang punya sifat antitoksin. Lalu jika bakteri ini terus membelah maka akan semakin banyak bakteri yang mengandung zat anti racun tersebut. Bakteri inilah yang kemudian bisa diberikan kepada manusia. Contohnya toksoid tetanus untuk mengobati penyakit tetanus.

Peranan Virus Untuk Melemahkan Bakteri

Seperti yang telah saya sebutkan di awal, apabila virus merusak susunan DNA bakteri penyebab penyakit sehingga bakteri tersebut menjadi rusak dan tidak lagi berbahaya maka ia bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh jenis bakteri tersebut. Contohnya virus profage untuk melemahkan bakteri Corynebacterium diphtheriae yang jadi penyebab penyakit difteri pada manusia.

Peranan Virus dalam Proses Produksi Vaksin

Erward jenner, si penemu vaksin pernah mengatakan jika virus penyebab cacar pada sapi kita suntikan pada manusia ia justru akan membantu mencegah penyakit cacar pada manusia. Permasalahannya adalah virus cacar sapi lebih lemah. Ia akan mengajari manusia bagaimana menghadapai virus ini untuk kedua kalinya. Jadi virus yang dilemahakn bisa bermanfaat. Ia akan mengajari tubuh kita untuk menghadapi virus sejenis yang lebih kuat. Sobat hitung waktu kecil pasti pernah disuntik dengan vaksin polio. Sejatinya vaksin polio adalah virus polio yang dilemahkan. Dialah yang mengajari kita bagaimana menangkal virus polio ganas yang sesungguhnya.

Peranan Virus mengendalikan populasi

Dalam beberapa kondisi khusus virus dapat dijadikan senjata biologis untuk membuhuh populasi spesies tertentu. Misalnhya baculovirus yang digunakan untuk membasmi hama tanaman.

Selain peran yang menguntungkan dari virus di atas, ternyata ada satu lagi. Virus dapat dijadikan media untuk mengukur tingkat radiasi. Beberapa jenis virus sangat rentan terhadap radiasi. Karena sifat tersebut, virus bisa dijadikan media mengukur tingkat radiasi dari suatu bahan yang diradiasi. Besarnya radiasi akan sebanding dengan kerusakan yang dialami oleh virus.

Peranan Virus yang merugikan bagi Kehidupan Manusia

Virus Penyebab Penyakit pada Manusia

Virus dengue

Nyamuk Aedes aegypti menjadi  perantara penyebab penyakit demam berdarah. Penyebab sebenarnya dari penyakit ini adalah virus dengue. Virus ini menyerang sel keping darah (trombosit). Jika tidak segera diobati maka trombosit yang hancur akan semakin banyak, penderita demam tinggi, muntah-muntah, dan pendarahan.

Virus HIV (Human Immunodeficiency Virus)

Virus ini menyebabkan Acquired Immuno Deficiency Syndrome atau yang lebih dikenal dengan HIV. Virus ini menyerang sel darah putih. Inkubasi virus ini sangat lama bisa bertahun-tahun. Penularannya bisa melalui tranfusi darah, jarum suntik, dan hubungan seksual.

Virus Paramyxovirus

Virus ini merugikan karena menjadi penyebab penyakit gondong. Penyakit ini ditandai dengan membesarnya kelenjar di bawah telingann selama 2 atau 3 minggu.

Virus Hepatitis

Ada beberapa jenis virus yang menyebabkan penyakit hepatitis. Ada virus hepatitis A, B, C, dan D. Penularan virus jenis ini bisa melalui makanan yang tidak sehat. Organ utama yang diserang virus ini adalah hati.

Virus Rubella

Merupakan penyebab penyakit campak. Ia utamanya menyerang anak-anak dan menyebabkan penderitanya mengalamai demam tinggi, batuk, mata pedih, dan ngilu di seluruh tubuh.

Varicella-Zoster

Peranan virus ini sangat merugikan. Ia merupakan virus yang menyebabkan penyakit cacar air pada manusia.

Selain virus-virus di atas, banyak lagi peranan virus yang menyebabkan penyakit pada manusia seperti H5N1 yang menyebabkan penyakit flu burung, Virus influenza, Virus SARS, Virus Ebola, dan lain-lain.

Virus Penyebab Penyakit Pada Hewan dan Tumbuhan

Virus tidak hanya punya peranan merugikan bagi manusia tetapi juga bagi hewan. Sobat pernah tau penyakit rabies, penyakit kuku dan mulut, penyakit tetelo pada ayam? yap semuanya disebabkan oleh virus. Peranan virus juga ada merugikan pada beberapa jenis tumbuhan. TMV, atau tobacco mozaik virus adalah virus yang menyerang tanaman tembakau.

tags: ,

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Peranan Virus dalam Kehidupan Manusia