Menentukan Massa Atom Relatif dan Molekul Relatif

Sunday, July 28th 2013. | rumus kimia
advertisement

Menentukan Massa Atom Relatif dan Molekul Relatif – Bayangkan jika sobat hitung diminta menentukan massa atom dalam ukuran gram, kira-kira timbangan atau alat ukur apa yang bakal sobat gunakan? Kita tahu bahwa atom adalah partikel yang super kecil. Hal yang tidak mungkin jika kita bisa mengukur massanya dengan timbangan. Lalu bagaimana cara menentukan Massa atom relatif dan massa molekul relatif?

1. Masssa Atom Relatif (Ar)

Massa atom relatif adalah massa suatu atom jika dibandingkan dengan massa atom acuan. Namanya juga relatif, jadi tergantung pada yang melihat (atom yang jadi  acuan). Awalnya penentuan massa atom relatif suatu unsur kimia menggunakan pembanding atom hidrogen. Kemudian sejak 62 tahun yang lalu tepatnya tahun 1961 posisi hidrogen sebagai pembanding oleh IUPAC (International Union for Pure and Applied Chemistry) diganti oleh atom karbon C12. Dipilihanya atom karbon karena atom dari karbon lebih stabil. Massa atom relatif dilambangkan dengan Ar dengan satuan sma (satuan massa atom). Cara menentukan massa atom relatif dengan menggunakan rumus massa atom relatif:

rumus massa atom relatifMassa atom C12 = 1,993 x 10-23 g

Jadi 1/12 massa atom C12 = 1/12 x 1,993 x 10-23 =  1,661 x 10-24 g (nilai 1 sma)

Satuan sma tidak pernah dicantumkan dalam tabel periodik unsur. Jika sobat melihat dalam tabel Natrium memiliki nomor massa 23, maka artinya massa satu atom dari unsur natrium adalah 23 kali dari 1/12 massa atom C12. Coba sobat hitung ingat lagi materi isotop, isoton, dan isobar. Massa atom dari sebuah unsur yang dibandingkan dengan 1/12 massa atom C12 adalah massa atom rata-rata dari isotop-isotop unsur tersebut di alam. Jadi untuk menentukan massa atom relatif suatu unsur yang memiliki beberapa isotop dapat menggunakan rumus massa atom relatif

rumus massa atom relatif 2

untuk lebih jelasnya bisa sobat baca materi dan contoh soal di postingan isotop, isoton, dan isobar.

2. Massa Molekul Relatif

Suatu molekul unsur atau molekul senyawa terdiri dari lebih dari 1 atom baik dari unsur yang sama maupun berbeda. Jika massa atom relatif dari unnsur-unsur pembentuk molekul tersebut dijumlahkan maka sobat hitung akan mendapatkan massa molekul relatif.

Mr = ∑ Ar

Contoh, berapakah massa molekul relatif garam dapur  (NaCl) dan asam sulfat (H2SO4) jika diketahui massa atom relatif Na = 23, Cl = 35, H = 1, S = 32, dan O = 16?

Jawab:

Massa Molekul Relatif NaCl = Ar Na + Ar Cl = 23+35 = 58 sma

H2SO= 2 Ar H + Ar S + 4 Ar O = 2(1) + (32) + 4(16) = 2 + 32 + 64 = 98 sma

Latihan Soal

Lihatlah pada tabel unsur periodik, kemudian tentukan massa atom relatif dan molekul relatif dari

a. O3 (ozon)

b. CH3COOH (Asam cuka)

c. BaOH (Barium hidroksida)

d. CH4 (metana)

e. CO(NH2)2 (urea)

3 Responses to “Menentukan Massa Atom Relatif dan Molekul Relatif”

  1. [...] jumlah atom suatu unsur dengan massanya. Ketika kita belajar massa atom relatif kita tahu bahwa massa atom dapat diukur dengan membandingkankannya dengan 1/2 massa atom Karbon C-12. Akan tetapi itu hanya [...]

  2. Ali Adam says:

    thx gan. sangat mmbantu. :)

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Menentukan Massa Atom Relatif dan Molekul Relatif